RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tema / Mapel : Keluarga / Bahasa Indonesia PKn
Kelas / Semester : 1 / 2
Hari / Tang...
Bertanya jawab dengan teman tentang gambar-gambar tersebut.
Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema sec...
Hak anak di rumah dan di sekolah.
VI. Alokasi waktu : 15 x 35 menit (3x pertemuan)
VII. Metode Pembelajaran
Ceramah
Diskus...
Melaksanakan penilaian
 Pertemuan kedua 5 x 35 menit (B. Indonesia, PKn)
Memperhatikan cara melakukan rencana yang benar ...
X. Penilaian
1. Teknik tes : Tulis, Lisan, Perbuatan
2. Bentuk : Uraian dan perbuatan
3. Prosedur tes : Proses dan post te...
NIP NIP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Tema / Mapel : Keluarga / IPA. B. Indonesia
Kelas / Semester : I / II
Hari ...
Menentukan nama benda yang di deskripsikan guru.
Menulis nama benda yang di deskripsikan guru
Mengulang atau mengingatkan ...
Melalui percobaan sederhana anak mencoba sendiri menggerakkan benda-
benda.
Mendengarkan deskripsi benda.
Menentukan nama ...
4. Instrument
Nilai budaya dan
karakter bangsa yang
dikembangkan
Indicator
pencapaian
kopetensi
Jenis tes Bentuk tes Instr...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Rpp bahasa indonesia tema keluarga

10,815 views

Published on

Published in: Entertainment & Humor
  • Be the first to comment

Rpp bahasa indonesia tema keluarga

  1. 1. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tema / Mapel : Keluarga / Bahasa Indonesia PKn Kelas / Semester : 1 / 2 Hari / Tanggal : Selasa, 10, 17, 24 Januari 2012 I. Standar Kopetensi B. Indonesia Mendengar 5.1.1 Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda dan dongeng. Berbicara 6.1.2 Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng. Membaca 7.1.3 Memahami teks pendek dengan membaca lancer dan membaca puisi anak. Menulis 8.1.4 Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui kegiatan dikte dan menyalin. PKn 3. Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah II. Kopetensi Dasar B. Indonesia 5.1 Mengulang deskripsi tentang benda-benda di sekitar. 6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti. 7.1 Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat. 8.1 Menulis kalimat sederhana yang di diktekan guru dengan huruf tegak bersambung. PKn 3.1 Menjelaskan hak anak untuk bermain, belajar dengan gembira. 3.2 Menjelaskan hak anak di rumah dan sekolah. III. Indicator B. Indonesia Menuliskan nama benda yang di deskripsikan guru. Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
  2. 2. Bertanya jawab dengan teman tentang gambar-gambar tersebut. Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan bimbingan guru. Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. Membaca dengan memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai degan konteknya. Membaca kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. Menuliskan kalimat yang di diktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. IV. Tujuan Pembelajaran Dengan melalui pengamatan siswa dapat mendeskripsikan 3 benda yang di sekitar. Dengan melalui pengamatan terhadap gambar-gambar siswa dapat menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal dengan alas an yang sederhana. Melalui menyimak penjelasan guru, siswa mampu membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan. Melalui demonstrasi siswa mampu melakukan percakapan / dialog sederhana dengan teman di depan kelas. Melalui menyimak bacaan yang di bacakan guru siswa mampu membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar. Melalui menyimak bacaan yang di bacakan guru siswa mampu membaca dengan tempat skala panjang dan pendek. Membaca dengan penekanan kata tertentu sesuai dengan konteksnya. Melalui dikte siswa mampu menuliskan kalimat yang di diktekan guru dengan tulisan tegak bersambung. Melalui menyimak penjelasan guru siswa dapat menjelaskan arti hak. Melalui diskusi sederhana dengan bimbingan guru siswa dapat menyebutkan hak setiap anggota keluarga. Melalui menyimak penjelasan guru siswa dapat menyebutkan 3 jenis hak anak. Melalui menyimak penjelasan guru siswa mampu membedakan hak anak di rumah dan di sekolah. V. Materi Gambar-gambar tunggal.
  3. 3. Hak anak di rumah dan di sekolah. VI. Alokasi waktu : 15 x 35 menit (3x pertemuan) VII. Metode Pembelajaran Ceramah Diskusi Tanya jawab Demostrasi Pemberian tugas VIII. Kegiatan Pembelajaran A. Pendahuluan Mengisi daftar kelas, berdo’a, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga. Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis dan membaca. Mengumpulkan tugas / PR Mengulang dan mengingatkan pelajaran yang lalu. B. Inti Eksplorasi  Pertemuan pertama 5 x 35 menit (PKn, B. Indonesia) Mengamati gambar yang diperlihatkan oleh guru / tersedia pada buku. Menceritakan isi gambar tersebut dengan bahasa sendiri. Membuat kalimat yang dapat menceritakan gambar tersebut secara lisan. Melakukan Tanya jawab tentang gambar tersebut. Mendengarkan penjelasan guru tentang arti hak. Bertanya jawab tentang contoh-contohnya yang termasuk hak anak di rumah. Menceritakan pengalaman yang pernah terjadi yang berhubungan dengan hak anak di rumah. Menjelaskan contoh-contohnya hak anak di dalam buku tugas. Konfirmasi Tanya jawab seputar materi yang telah disampaikan. Menyampaikan materi.
  4. 4. Melaksanakan penilaian  Pertemuan kedua 5 x 35 menit (B. Indonesia, PKn) Memperhatikan cara melakukan rencana yang benar dengan memperhatikan teks percakapan sederhana. Berlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru. Mengucapkan kalimat percakan dengan suara nyaring secara klasikal. Dengan bertanya jawab, siswa menjelaskan hak anggota keluarga. Melalui pengamatan siswa menyebutkan hak anak dari orang tua. Melalui diskusi sederhana dibantu guru anak menyebutkan akibat hak anak jika tidak dipenuhi oleh orang tua.  Pertemuan ke tiga 5 x 35 menit (B. Indonesia, PKn) Memperhatikan teks pendek (wacana pendek) yang di tulis di papan tulis. Menyimak penjelasan guru tentang cara membaca dan melafalkan wacana tersebut. Membaca teks pendek dengan intonasi yang baik dengan bimbingan guru. Melakukan Tanya jawab tentang isi dari teks pendek tersebut. Melalui Tanya jawab siswa memberikan contoh-contoh hak anak yang paling pokok. Melalui diskusi sederhana di bombing guru siswa membedakan hak anak di rumah dan di sekolah. Elaborasi Guru melakukan Tanya jawab tentang hal-hal yang lalu di ketahui siswa. Guru meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan dan menyimpulkan. C. Penutup Member tugas / PR Membaca do’a IX. Sumber belajar. 1. Buku Bahasa Indonesia Kelas I (BSe) 2. Buku PKn Kelas I (BSe)
  5. 5. X. Penilaian 1. Teknik tes : Tulis, Lisan, Perbuatan 2. Bentuk : Uraian dan perbuatan 3. Prosedur tes : Proses dan post tes 4. Instrument A. Lembar pengamatan / Perbuatan No Nama Aspek yang di nilai Jumlah nilaiKeberanian 1 - 3 Ke aktifan 1 - 3 Kerja sama 1 - 4 1 2 3 4 5 B. Soal Nilai budaya dan karakter bangsa yang dikembangkan Indicator pencapaian kopetensi Jenis tes Bentuk tes Instrumen Disiplin Tanggung jawab Gemar membaca bersahabat PKn - Memberikan contoh-contoh hak anak di rumah dan di sekolah B.Indonesia - Memahami peran masing-masing anggota keluarga Tes akhir Lisan - Berikan 3 contoh hak anak di rumah - Berikan 3 contoh hak anak di sekolah - Buatlah kalimat berdasarkan gambar-gambar ini Cantigi, 25 Januari 2012 Mengetahui Kepala Sekolah SDN Cantigi Kulon II Guru Kelas I AGUNG SOPYAT TASIH, S.Pd
  6. 6. NIP NIP RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Tema / Mapel : Keluarga / IPA. B. Indonesia Kelas / Semester : I / II Hari / Tanggal : Kamis, 12, 29, 26 Januari 2012 I. Standar Kopetensi IPA Energi dan perubahannya 4. Mengenal berbagai bentuk energy dan memanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari B.Indonesi Mendengarkan : 5. Memahami wacana lisan tentang deskripsi benda-benda di sekitar dan dongeng. Berbicara : 6. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi secara lisan dengan gambar dan dongeng. Membaca : 7. Memahami teks pendek dengan membaca lancer dan membaca puisi anak. Menulis : 8. Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui dikte dan menyalin. II. Kopetensi Dasar IPA 4.1 Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan. B.Indonesia 5.1 Mengulang deskripsi tentang benda-benda disekitar. 6.1 Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti 7.1 Membaca lancer beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas intonasi yang tepat. 8.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. III. Indikator Mengidentifikasi benda yang dapat bergerak dengan yang sulit bergerak.
  7. 7. Menentukan nama benda yang di deskripsikan guru. Menulis nama benda yang di deskripsikan guru Mengulang atau mengingatkan deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru. IV. Tujuan Pembelajaran Dengan melalui percobaan sederhana siswa dapat mengidentifikasikan benda yang dapat bergerak denan yang sulit bergerak. Melalui menyimak penjelasan guru siswa dapat menentukan nama benda yang di deskripsikan guru. Dapat memperhatikan contoh dari guru siswa dapat menuliskan nama benda yang di deskripsikan guru. Melalui diskusi sederhana di bombing guru siswa dapat menirukan atau mengulang deskripsi benda-benda yang di deskripsikan guru. V. Materi Ajar Gerak benda di sekitar Gambar-gambar tunggal VI. Alokasi waktu : 15 x 35 menit (3x pertemuan) VII. Metode Pembelajaran Ceramah Diskusi Tanya jawab Pemberian tugas VIII. Kegiatan Pembelajaran A. Pendahuluan Mengecek kehadiran murid, berdo’a, menyiapkan materi ajar dan alat peraga. Mengumpulkan tugas / PR Mengulang dan mengingat pelajaran yang lalu. B. Inti  Pertemuan pertama 5 x 35 menit (B. Indonesia, IPA) Membandingkan gerak benda
  8. 8. Melalui percobaan sederhana anak mencoba sendiri menggerakkan benda- benda. Mendengarkan deskripsi benda. Menentukan nama benda yang di deskripsikan guru. Menuliskan nama benda yang di deskripsikan guru.  Pertemuan kedua 5 x 35 menit (IPA, B. Indonesia) Membedakan bentuk benda-benda yang dapat bergerak dengan yang sulit bergerak. Menerangkan cara menggerakkan benda. Memperhatikan gambar tunggal atau seri. Menjelaskan isi gambar tunggal atau gambar seri.  Pertemuan ketiga 5 x 35 menit (IPA, B. Indonesia) Mengelompokkan benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit bergerak. Menuliskan benda yang mudah bergerak dan yang sulit bergerak ke buku tugas masing-masing. Bertanya jawab dengan teman tentang gambar tunggal atau seri. Membaca kalimat sederhana berdasarkan gambar. Mengumpulkan materi. Melaksanakan penilaian. C. Penutup Member tugas / PR Membaca do’a IX. Sumber Belajar Buku IPA (Sains Modern) unuk SD Kelas I Buku Bahasa Indonesia Kelas I (BSe) X. Penilaian 1. Teknik tes : Tulis dan Lisan 2. Bentuk : Uraian 3. Prosedur : Post Tes
  9. 9. 4. Instrument Nilai budaya dan karakter bangsa yang dikembangkan Indicator pencapaian kopetensi Jenis tes Bentuk tes Instrumen Kerja sama Disiplin Tanggung jawab IPA - Mengidentifikasi benda yang mudah bergerak dan yang sulit bergerak B.Indonesia - Menjelaskan isi gambar tunggal atau seri Tes akhir Tulis - Sebutkan 3 benda yang mudah bergerak. - Sebutkan 3 benda yang sulit bergerak - Apa yang dilakukan anak itu ? - Apa yang dialamu anak itu ? Cantigi, 25 Januari 2012 Mengetahui Kepala Sekolah SDN Cantigi Kulon II Guru Kelas I AGUNG SOPYAT TASIH, S.Pd., SD NIP NIP

×