Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Organisasi dan Fungsi Manajemen Industri

5,138 views

Published on

Organisasi sebagai wadah atau tempat orang berkumpul untuk bekerjasama secara rasional sistematis, terencana, terorganisir, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya 4M (Manusia, Mesin, Metode, Money) yang berintegrasi dengan Lingkungan dan sikap yang didukung oleh kesiapan data sarana prasarana dan lainnya yang digunakan secara efesien dan efektif untuk mencapai tujuan.

Published in: Education
  • Follow the link, new dating source: ❶❶❶ http://bit.ly/2F4cEJi ❶❶❶
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Dating for everyone is here: ♥♥♥ http://bit.ly/2F4cEJi ♥♥♥
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Organisasi dan Fungsi Manajemen Industri

  1. 1. ORGANISASI DAN FUNGSI MANAJEMEN M. RAIS RAHMAT RAZAK, IR, M.SI FAK. TEKNIK MESIN UNISMA BEKASI 25 MARET 2015 FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN VISI DAN MISI STRATEGI ORGANISASI STRUKTUR ORGANISASI 2
  2. 2. I II III IVOrganisasi dan Fungsi Manajemen Organisasi Adalah wadah atau tempat orang berkumpul bekerjasama secara rasional sistematis, terencana, terorganisir, terpimpin dan terkendali dalam memanfaatkan sumber daya 4M (Manusia, Mesin, Metode, Money) yang berintegrasi dengan Lingkungan dan sikap yang didukung oleh kesiapan data sarana prasarana dan lainnya yang digunakan secara efesien dan efektif untuk mencapai tujuan. Organisasi Menurut Para ahli: James D. Mooney, Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. Stephen P. Robins, Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
  3. 3. I II III IVOrganisasi dan Fungsi Manajemen Fungsi Manajemen dalam Organisasi memiliki karakter berbeda oleh masing-masing organisasi atau perusahaan tergantung pada penggunaannya. Fungsi Manajemen Tugas utama manajemen adalah menentukan dan mengawasi kinerja suatu organisasi agar dapat mencapai tujuan untuk mencapai sasaran (goals) yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien. Efektif berarti tujuan dapat dicapai sesuai dengan apa yang direncanakan sedangkan efisien berarti tugas yang ada dapat dilaksanakan dengan benar . HENRI FAYOL STONER G.R.TERRY Harold Koentz S.P.SIAGIAN Planning, Organizing, Comanding, Coordinating, Controlling Planning, Organizing, Leading, Controlling Planning, Organizing, Actuating, Controlling Planning, Organizing, Staffing/directing , Leading, Controlling Planning, Organizing, motivating, controlling Menurut Para Ahli
  4. 4. I II III IVFungsi-fungsi Manajemen Fungsi Manajemen Menurut Harold Koentz Menurut, Harold Koentz , Fungsi Managemen adalah POSDC, terdiri dari : 1). Planning Planning atau Perencanaan merupakan aktivitas untuk memilih dan menghubungkan fakta serta aktivitas, membuat rencana mengenai kegiatan-kegitan apa yang akan dilakukan di masa depan. Proses perencanaan sangat penting dilaksanakan sebagai pedoman atau pegangan dalam pengerjaan aktivitas selanjutnya. 2). Organizing Pengorganisasian adalah usaha yang dilakukan untuk menciptakan hubungan kerja antar personal dalam organisasi dengan cara mengelompokan orang-orang beserta penetapan tugas-tugas, fungsi-fungsi, wewenang, dan tanggung jawab masing-masing agar tercapainya tujuan bersama melalui aktivitas-aktivitas yang berdaya dan berhasil guna karena dilakukan secara efektif dan efisien.
  5. 5. I II III IVFungsi-fungsi Manajemen 3). Staffing Penyusunan kepegawaian pada suatu organisasi dari awal masa penerimaan, seleksi, orientasi, pelatihan dan pengembangan karir hingga menggerakan pegawai agar setiap tenaga kerja yang ada memberikan dan melaksanakan suatu kegiatan yang menguntungkan organisasi. 4). Directing (Leading) Fungsi directing atau Leading adalah kegitan yang berhubungan dengan pemberian perintah dan saran agar para bawahan dapat mengerjakan tugas yang dikehendaki manajer. 5). Controlling Melalui aktivitas pengendalian, manajer harus mengevaluasi dan menilai pekerjaan- pekerjaan yang dilakukan bawahannya untuk mengetahui apakah pekerjaan dilakukan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan atau tidak.
  6. 6. I II III IVVisi dan Misi Pengertian lain adalah, cara pandang jauh ke depan kemana organisasi harus dibawa agar dapat eksis, antisipatif, inspiratif, inovatif dan profit. Menurut Lewis dan Smith (1994), 10 poin harus ada dalam sebuah visi. 1) Mengacu pada masa depan 2) Dirancang dan dibuat bukan berdasarkan kepada kondisi atau tren saat ini 3) Mengekspresikan kreativitas 4) Berdasar pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat 5) Memperhatikan kultur, nilai dan sejarah,meskipun ada perubahan terduga 6) Mempunyai standar yang tinggi, ideal serta harapan bagi anggota organisasi 7) Memberikan klarifikasi bagi tujuan-tujuan organisasi serta manfaat organisasi 8 ) Memberikan semangat dan mendorong timbulnya dedikasi pada organisasi 9) Menggambarkan keunikan lembaga dari segi citra dan kompetisi 10) Bersifat menantang serta ambisius segenap anggota organisasi .. http://www.apapengertianahli.com/2014/10/pengertian-visi-misi-apa-itu-visi-misi.html#_ Visi adalah suatu gambaran yang menantang dan impian tentang keadaan masa depan yang diinginkan oleh organisasi pada kurung waktu tertentu.
  7. 7. I II III IVVisi dan Misi Misi adalah langkah langkah yang harus dilaksanakan oleh sebuah organisasi secara bertahap untuk mencapai tujuan dari organisasi yang akhirnya akan mencapai gambaran yang sesuai atau ideal dari organisasi tersebut. Pengertian yang lain adalah, suatu pernyataan yang berisikan hal hal yang harus dilaksanakan sebagai bentuk usaha yang nyata dan penting untuk mewujudkan visi organisasi. Pengertian sederhana adalah langkah kecil untuk mencapai visi. Visi adalah "what be believe we can be" dan pengertian misi adalah "what be believe be can do".
  8. 8. I II III IVStruktur Organisasi Struktur Organisasi 2.1.3. Pengertian Struktur Organissasi Struktur organisasi adalah strktur yang terdiri dari hubungan antara pekerjaan dan kelompok pekerjaan yang relatif tetap dan stabil dengan tujuan memengaruhi perilaku individu dan kelompok guna mencapai prestasi yang efektif. Umumnya, organisasi formal memiliki struktur yang nyata dan jelas yang tersusun atas Direktur, Manajer, Supervisor, Foreman, Operator, atau bisa juga dikembangkan sesuai dengan kebutuhan organisasi . Struktur organisasi dapat juga memiliki hubungan koordinasi kesamping dengan beberapa badan yang setingkat dengan mereka yang berfungsi sebagai pengawas kerja kerja organisasi.
  9. 9. I II III IVStruktur Organisasi Departementalisasi Organisasi Untuk mencapai Visi dan Misi perusahaan Manajer harus melakukan POSLeC secara tepat dengan menggunakan sarana Struktur Organisasi sesuai dengan Visi dan Misi perusahaan yang akan dicapai. Organisasi dengan rentang yang sempit dengan level lebih banyak (Nasution, Arman (2005)) Contoh Perusahaan General Motor tahun 1980, Dirut membawahi 3 Direktur Eksekutif yang melapor kepadanya sedangkan satu direktur melapor 8 orang. Dirut Perusahaan Kereta Api, yang dianggap terbaik pengelolaannya memiliki 10 eksekutif puncak yang melapor kepadanya dan masing-masing eksekutif memiliki 9 orang bawahan.
  10. 10. I II III IVStruktur Organisasi Departementalisasi Organisasi Untuk mencapai Visi dan Misi perusahaan Manajer harus melakukan POSLeC secara tepat dengan menggunakan sarana Struktur Organisasi sesuai dengan Visi dan Misi perusahaan yang akan dicapai. Contoh Organisasi dengan rentang yang luas sedikit level (Nasution,Arman (2015)) Lyndan Urwick, (consultant Inggris) dalam Nasution, Arman (2005) Jumlah level untuk penguasa atas atau level atas adalah 4, sedangkan untuk level bawah meliputi pelaksanaan tugas spesifik dan tidak untuk supervisi 8 sampai 12 orang. Untuk level Manajer dapat meminpin 20 sampai 30 orang bawahan.
  11. 11. I II III IVStrategi Organisasi Strategi adalah, Penetapan tujuan dan sasaran jangka panjang yang bersifat mendasar bagi sebuah organisasi, yang dilanjutkan dengan penetapan rencana aktivitas dan pengalokasian sumberdaya yang diperlukan guna mencapai sasaran. Strategi merupakan penerjemahan dari analisis lingkungan dan analisis terhadap kemampuan internal atau kapabilitas organisasi, yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam struktur organisasi. Vision/ Mision/ Goals Leadership Alokasi sumber daya Informa tion Authorty Problems & Challenge Capabilty Strategi Organisasi Robbins, 1990: 123
  12. 12. I II III IVStrategi Organisasi EMPAT PERSPEKTIF DALAM MENYUSUN STRATEGI Strategi Finansial, yakni strategi mengelola pertumbuhan, tingkat keuntungan, dan resiko. Strategi Learning and Growth , yakni strategi untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi pembelajaran organisasi, inovasi dan pertumbuhan Strategi Proses internal, yakni penentuan proses -proses internal strategis, yang mampu untuk menciptakan kepuasan pelanggan dan pemilik saham. Strategi Pelanggan, yaitu strategi untuk menciptakan nilai dan diferensiasi produk. Ini dilihat dari kacamata pelanggan.
  13. 13. I II III IVStrategi Organisasi Sumber diolah dan diakses 24/3 2015 http://anahuraki.lecture.ub.ac.id/files/2012/07/Bab-7-STRATEGI-ORG.pdf Tingkatan Bussines strategy, Penguatan daya saing unit bisnis. Tingkatan functional strategy . Pelaksanaan strategi pada level yang lebih rendah sehingga dapat dijalankan sesuai dengan tugas -tugas yang dibebankan kepadanya. TINGKATAN DALAM STRATEGI ORGANISASI Corporate strategy , biasanya Untuk perusahaan atau organisasi yang memiliki lebih dari satu unit bisnis. Tujuan dari strategi korporat adalah mengidentifikasi dan mengimplementasikan sinergi di antara unit unit bisnis .
  14. 14. I II III IVStrategi Organisasi http://anahuraki.lecture.ub.ac.id/files/2012/07/Bab-7-STRATEGI-ORG.pdf di akses 24 Maret 2015 Setiap tingkatan strategi organisasi memiliki 3 komponen, yaitu: 1. Corporate strategy , Menentukan bidang usaha yang diminati dan bagaimana perusahaan merencanakan strategi secara mendasar untuk dapat memimpin pada bidang usaha tersebut. 2. Strategi Bisnis, digunakan untuk menunjukkan bagaimana sebuah unit usaha merencanakan untu bersaing dengan perusahaan lain sejenis pada bidang yang sama. 3. Strategi Fungsional, rencana untuk mencapai tingkat penggunaan sumber daya secara efesien, efektif dan optimal pada setiap fungsi guna mendukung strategi korporasi dan bisnis.

×