1. kontrak belajar motor bakar

1,099 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,099
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

1. kontrak belajar motor bakar

  1. 1. MOTOR BAKAR dan TENAGA di bidang Pertanian (TEP 242)
  2. 2. Prinsip pengubahan tenaga pada motor bakarMotor bakar adalah pesawat pengerak mulayang mengubah tenaga kimia bahan bakarmenjadi tenaga panas ( kalor ) dengan jalanpembakaran, panas tersebut selanjutnya dirubah menjadi tenaga mekanik Udara Bahan bakar Pembakaran  Tekanan naik akibat pembakaran  Tekanan mendorong torak bergerak lurus
  3. 3. MOTOR BAKAR TRAKTOR
  4. 4. Kontrak pembelajaran:1. Perkuliahan dilaksanakan setiap minggu pada hari Kamis, jam 09.20 – 11.00 WIB. Jika ada perubahan, dilakukan kesepakatan antara dosen dan mahasiswa.2. Persentase kehadiran mahasiswa selama satu semester min. 75% dari total jumlah tatap muka perkuliahan. Jika < 75% maka mahasiswa ybs tidak diperkenankan mengikuti ujian akhir (nilai ujian akhir = 0).3. Kehadiran mahasiswa dalam praktikum min. 75%. Nilai akhir praktikum dihitung berdasarkan jumlah kehadiran.4. Ketidakhadiran mahasiswa karena sakit wajib dibuktikan dengan surat keterangan dokter.5. Ketidakhadiran mahasiswa selain karena sakit (mis. Makrab), dihitung sebagai absen.
  5. 5. 7. Perkuliahan dilaksanakan min. 14 kali tatap muka.8. Dalam perkuliahan, praktikum, dan ujian mahasiswa wajib berpakaian sopan (baju berkerah) dan bersepatu, kecuali untuk kondisi-kondisi yang diijinkan.9. Dalam perkuliahan dan praktikum dilarang titip absen. Jika terbukti, yang mengabsenkan dan yang diabsen sama-sama dianggap tidak hadir.10.Di akhir perkuliahan tidak ada toleransi untuk tugas tambahan, dll untuk perbaikan nilai.11.Dalam ujian dilarang keras berbuat curang (menyontek, dll). Jika terbukti berbuat curang, nilai ujian = 0.12.Dalam ujian tidak diperkenankan menggunakan handphone untuk keperluan apapun. Untuk keperluan menghitung gunakan kalkulator.13.Keterlambatan maks. 15 menit. Mahasiswa terlambat > 15 menit tidak diperkenankan mengikuti kuliah.
  6. 6. Penilaian:- Tugas/PR 20%- Praktikum 25%- Ujian Sisipan 25%- Ujian Utama 30%Nilai akhir:A  NA ≥ 80,00B  66,00 ≤ NA ≤ 79,99C  56,00 ≤ NA ≤ 65,99D  46,00 ≤ NA ≤ 55,99E  NA < 46Koordinator mahasiswa: ?? (HP. ??).Tugas koordinator:- Mengkoordinir mhs untuk menyiapkan sarana perkuliahan (LCD, spidol, whiteboard, pengeras suara, dll)- Sebagai penghubung informasi antara dosen dan mahasiswaDosen Pengampu:1. Abd Muklis, S.TP., M.Sc.2. Ir. Masrukhi, M.P.
  7. 7. Materi Perkuliahan Pengantar Motor Bakar dan Tenaga Pertanian Prinsip Termodinamika pada Motor Bakar Internal Prinsip Kerja Motor Bakar Abd Mukhlis Konstruksi Motor Bakar Internal Bahan Bakar dan Sistem Penyaluran Bahan Bakar Katup dan Cara Kerjanya=== UJIAN TENGAH SEMESTER === Penyaring Udara (Air Cleaner) Sistem Pendinginan Pelumasan dan Sistem Pelumasan Masrukhi Sistem Penyundutan Sistem Pengatur Kecepatan Motor (Sistem Governor) Alat dan Sistem Penyaluran Tenaga=== UJIAN AKHIR SEMESTER === Dua pertemuan awal disampaikan oleh dosen, pertemuan berikutnya sampai akhir presentasi oleh mahasiswa.
  8. 8. Kelompok presentasi mahasiswa ?? akan ditentukan di pertemuan berikutnya…
  9. 9. PENGANTAR Tenaga/Energi merupakan suatukebutuhan utama yang sangatdibutuhkan dalam kehidupan manusia.Semakin maju suatu negara,semakin besar energi yang dibutuhkan. Pemanfaatan bahan bakar fosil(BBM) saat ini membutuhkan biayayang sangat mahal sehubungandengan semakin tingginya hargaminyak dunia.
  10. 10. JENIS-JENIS TENAGA YANGTERSEDIA DI BIDANG PERTANIAN 1. Sumber Daya Alam (SDA) SDA yang dapat SDA tidak dapat diperbaharui: diperbaharui: -Air -Minyak bumi -Angin -Batu bara -Matahari -Hewan 2. Sumber Daya Manusia 3. Tenaga lain : motor listrik, motor bakar, dan traktor
  11. 11. SDA yang dapat diperbaharui1. Air Air mempunyai peran penting di bidang pertanian, diantaranya untuk menggerakan kincir air, untuk saluran irigasi. Besarnya tenaga yang dapat dihasilkan tergantung dari debit air yang mengalir dan tinggi jatuhnya air.
  12. 12. Sumber tenaga oleh air
  13. 13. Sumber Tenaga Air Penggunaan tenaga air di bidang pertanian mempunyai keterbatasan antara lain: tenaganya sulit dikontrol dan hanya dapat digunakan untuk alat mesin stationer. Namun dengan kemajuan teknologi yaitu dengan pembuatan bendungan, maka tenaga air dapat dikontrol dan tenaga air dapat disimpan dalam bentuk tenaga potensial dan dapat dirubah menjadi tenaga listrik melalui bantuan generator. Besarnya tenaga air tergantung pada debit dan tinggi terjunan. Daya yang dihasilkan dari tenaga air dapat dinyatakan dengan rumus: Daya air = (Q.H)/75 PS Q : debit air (lt/dtk) H : tinggi terjun air (m)
  14. 14. 2. Angin Udara yang bergerak dan berpindah tempat disebut angin. Penggunaan tenaga angin di bidang pertanian terbatas pada pemompaan air dengan kincir angin. Pengaruh angin ada yang menguntungkan dan merusak dalam bidang pertanian.
  15. 15. Sumber tenaga angin penggunaan tenaga angin di bidang pertanian mempunyai keterbatasan antara lain:1. tenaga angin tidak dapat dikontrol dan sangat tergantung pada alam, waktu datangnya dan besarnya sulit dipastikan.2. tidak semua lahan pertanian terdapat tiupan angin yang dapat digunakan untuk menggerakkan alat mesin pertanian3. tenaga angin hanya dapat digunakan sebagai sumber tenaga alat mesin stationer (diam) Contoh : kincir angin untuk pompa air, kincir angin untuk tenaga listrik (penerangan) dll. Daya yang dihasilkan oleh tenaga angin dapat dinyatakan dengan rumus : Daya angin = 0,00000525 D 2 W3 HP D : diameter baling-baling (ft) W : kecepatan angin dalam mile per jam (mph) 1 mile = 5280 ft = 1,609 km
  16. 16. Sumber tenaga oleh angin
  17. 17. 3. Matahari Laju fotosintesis sangat ditentukan oleh intensitas radiasi matahari yang sampai ke permukaan daun. Peranan matahari di bidang pertanian antara lain untuk mengeringkan hasil pertanian.
  18. 18. Tenaga Matahari Tenaga matahari dapat dikonversi langsung menjadi tenaga lainnya dengan tiga proses terpisah yaitu: 1. Proses heliochemical : dapat merubah atau menstimulir proses kimia dari suatu bahan 2. Proses helioelektrical : dapat dirubah menjadi tenaga listrik melalui fotosel sebagai pengumpul dan perubah tenaga matahari. 3. Proses heliothermal : dapat dirubah menjadi tenaga panas dengan suatu alat pengumpul panas (kolektor keping datar) yang selanjutnya dapat digunakan untuk pengeringan atau untuk keperluan lain
  19. 19. 4. Hewan Tenaga ternak pada umumnya digunakan untuk mengolah tanah dan mengangkut hasil pertanian. Contoh hewan ternak yang dimanfaatkan dalam bidang pertanian adalah kerbau, sapi, lembu, dan kuda.
  20. 20. Sumber tenaga oleh hewan
  21. 21. Tenaga Manusia Manusia dapat merubah energi makanan yang dicernanya menjadi kerja mekanis. Manusia berfungsi sebagai motor dan hasil kerja mekanisnya dapat digunakan dalam berbagai bentuk.
  22. 22. Sumber tenaga oleh manusia
  23. 23. Sumber tenaga hewan dan manusia Keuntungan penggunaan tenaga hewan/manusia di bidang pertanian:1. dapat digunakan pada berbagai tempat2. setiap saat dapat digunakan3. dapat melakukan beberapa gerakan tanpa perlu alat transmisi (terutama manusia)4. hewan selain dimanfaatkan tenaganya dapat pula dimanfaatkan dagingnya5. hewan dapat dikembangbiakkan Sedang kelemahannya :1. kapasitasnya terbatas, baik besar tenaganya maupun lama penggunaannya2. dipengaruhi oleh keadaan lingkungan dan kesehatan.3. penggunaan tenaga manusia terutama untuk pekerjaan yang berat kurang manusiawi
  24. 24. SDA yang tidak dapat diperbaharuiMinyak Bumi dan Batu Bara Digunakan sebagai pengisi bahan bakar Contohnya : traktor dapat menggunakan bahan bakar solar, alat pemotong rumput menggunakan bahan bakar bensin. Batu bara digunakan untuk proses pengeringan hasil pertanian.
  25. 25. Sumber tenagamenggunakan bahan bakar
  26. 26. Sumber Tenaga Lain Sumber tenaga di bidang pertanian lainnya meliputi: motor listrik, motor bakar, dan traktor pertanian. Tenaga listrik dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti penerangan, pemanasan, pendinginan, menggerakkan motor listrik untuk mesin-mesin pengolahan dan lain-lain. Pekerjaan menarik beban dengan menggunakan traktor yang digerakkan oleh motor bakar. Traktor pertanian merupakan sumber tenaga yang penting dalam pertanian modern.
  27. 27. Sumber tenaga motor bakar
  28. 28. Motor listrik dan Traktor pertanian
  29. 29. Sumber Tenaga Listrik Keuntungan penggunaan tenaga listrik antara lain:1. Motor listrik konstruksinya sederhana dan kompak2. Pengambilan tenaga listrik mudah terutama setelah listrik masuk desa3. Membutuhkan pemeliharaan dan perawatan yang sederhana4. Cara mengoperasikannya sangat mudah, yaitu hanya memutar kontak5. Tidak menimbulkan suara, bersih.6. Menghasilkan tenaga yang halus dan seragam7. Dapat menyesuaikan dengan beban.
  30. 30. Sumber Tenaga Motor Bakar Penggunaan tenaga motor bakar di bidang pertanian mempunyai keuntungan antara lain: 1. tenaga yang dihasilkan besar 2. ketahanannya baik, mampu bekerja 24 jam secara terus menerus 3. setiap saat dapat digunakan asal bahan bakar atau sumber panas tersedia 4. dapat digunakan sebagai sumber tenaga alat mesin stationer atau mesin bergerak.
  31. 31. Satuan besaran tenaga dan daya1. Gaya2. Kerja atau Usaha3. Tenaga atau Energi4. Daya (power) 1 HP = 33.000 ft.lb/menit atau 550 ft.lb/dt 1 PS = 75 kg.m/dt = 0,7355 KW 1 HP = 1,014 PS = 0,7457 KW
  32. 32. SELESAI
  33. 33. COMBUSTION UNIVERSITAS GUNADARMA
  34. 34. MACAM MOTOR BAKAR
  35. 35. SUSUNAN SILINDER Umumnya susunan mesin silinder dalam mesin tenaga diesel adalah :  Deret vertical  Tipe V  Tipe horizontal Susunan deret vertical sebagian besar digunakan untuk mesin pembangkit tenaga. Semua silinder dipasang parallel satu sama lainnya. Jumlah deret harus sebanyak 16. Keuntungan tipe V pada mesin deret adalah panjang tangkai engkol hamper membutuhkan separuh dari keseluruhan yang dibutuhkan mesin deret. Susunan mesin horisonal ditempatkan berlawanan satu sama lainnya. Susunan ini lebih istimewa di mana ruangan atas merupakan problem besar. Mesin ini harus memakai tipe multi silinder. UNIVERSITAS GUNADARMA
  36. 36. TRAKTOR  MESIN DIESEL Mesin diesel adalah motor bakar di mana daya yang dihasilkan diperoleh dari pembakaran bahan bakar. Adapun daya yang dihasilkan ini terbagi/berubah menjadi :  Daya yang bermanfaat 40%  Panas yang hilang untuk pendingin 30%  Panas yang hilang untuk pembuangan gas 24%  Panas yang hilang dalam pergeseeran, radiasi dan sebagainya 6% UNIVERSITAS GUNADARMA
  37. 37. Bagaimana cara merawat dan mempergunakansuatu motor mutlak dituntut suatu pengertianakan masing – masing komponen mesin,walaupun motor mempunyai perbedaankontruksi, ukuran, bentuk dan susunan sertajenisnya namun ada beberapa fungsi yangsama, misalnya : Blok silinder Kepala silinder Torak Poros engkol Poros kam ( camshaft )
  38. 38. Blok silinder Komponen ini adalah bagian yang pokok, blok silinder adalah tempat dari torak bergerak yang membentuk ruang bakar. Blok silinder juga tempat poros engkol dan poros kam yang mana bagian tertutup dengan panci minyak atau sering disebut carter Blok silinder disesuaikan dengan bentuk silinder, misal V type, W type atau horizontal dan vertical juga pengaruh dari kedudukan katup
  39. 39. Pengaruh yang menentukan bentuk blok silinder adalah jenis system pendinginan apakah pendinginan udara atau air atau juga kombinasi air dan udara (Air Cooling Sistem or water cooling system)Ada 2 macam tabung silinder atau“cylinder” yaitu silinder basah atau“wet liner” dan silinder kering atau“dry liner”Wet type dimana bagian luar darisilinder ini langsung berhubungandengan airDry type tidak berhubunganlangsung dengan air karena tabungini ditekan ke dalam blok silinder
  40. 40. Kepala silinder Kepala silinder berfungsi sebagai penutup blok silinder atau dinding ruang bakar bagian atas dan tempat katup Bentuknya disesuaikan dengan jenis ruang bakar dan kedudukan dari katupnya Mengingat fungsi dari kepala silinder, blok silinder dan kotak silinder ini adalah tempat bagian – bagian yang bergerak, maka perlu mendapat perhatian akan bahannya yang tahan akan panas
  41. 41. Torak Peranan torak dalam motor bakar adalah yang utama, karena toraklah yang melakukan pengisapan, kompresi dan membuang gas sisa pembakaran. Sesuai dengan peranannya maka perlu persyaratanantara lain : Bahan Bentuk
  42. 42. Bahan torak Pemilihan bahan torak selalu memperhatikan kondisi pemakaiannya, dahulu torak terbuat dari logam besi atau baja tuang, dengan dasar pertimbangan tahan panas dan tidak mudah memuaiNamun bahan ini mahal dan berat serta seringmengalahkan dinding silinder akibat gesekanSekarang umumnya torak dibuat dari paduan alumunium,keuntungannya bahwa harga murah, ringan danmempunyai sifat :* Koefisien muai lebih kecil daripada alumunium murni* Lebih keras* Tahan panas dan lebih keras
  43. 43. Untuk mencegah perubahan torak akibat panas, maka torak biasanyadiberi coakan atau parit
  44. 44. Bentuk torak Bentuk torak selalu disesuaikan dengan bentuk ruang bakar dan dudukan katup, karena puncak torak atau temeng berfungsi sebagai dinding ruang bakar bagian atas Besar kecilnya volume ruang bakar ditentukan oleh bentuk dari permukaan puncak torak, misalnya permukaan rata, cembung, cekung dan cembung miring dsbBentuk lain juga terdapat pada pinggang torak dan rongga dalam,karena rongga dalam berfungsi sebagai pendinginan dari oli
  45. 45. Bentuk torak ditentukan oleh jenis pemakaian dari motor misalnyauntuk diesel yang umumnya menggunakan torak yang ukuran besar Gerakan torak dengan batang torak juga harus bebas melalui pen torak demikian juga gerakan torak naik turun harus licin dan tanpa ada kebocoran, untuk mengatasinya digunakan cincin torak Dinding torak dengan dinding silinder harus ada kelonggaran, ini berfungsi sebagai pendingin terhadap torak Pemasangan cincin torak terdapat sambungan – sambungan dan sambungan tersebut tidak boleh satu garis, harus diusahakan saling bersilangan antara cincin satu dengan cincin yang lainnya
  46. 46. Poros engkol Poros engkol berfungsi merubah gerak lurus bolak – balik dari torak untuk menjadi gerakan putar juga berfungsi untuk mengatur urutan pembakaran secara tidak langsung Untuk menjaga keseimbangan ini biasanya menggunakan bobot kontra atau “balance weight / counter weight”
  47. 47. Di pihak lain poros engkol dilengkapi dengan roda penerus atau“flay wee” yang berfungsi untuk menyimpan gaya yang mana torakdalam keadaan idle, sehingga sisa gaya dapat dipergunakan untukmenggerakkan lebih lanjut Bantalan poros harus dibuat dari bahan yang tahan terhadap keausan akan tetapi tidak boleh mengalahkan poros dan dibuat sedemikian rupa agar pelumasan tetap bekerja dengan baikDalam pelumasan ini poros engkol harus diberi lubang pelumas
  48. 48. Poros kam ( camshaft )Poros Kam atau “camshaft” mempunyai tonjolan yang disebut (kam)sering juga disebut bubungan yang jumlahnya sebanyak katup yangberfungsi membuka dan menutup katup, tonjolan lain untuk pompapelumas dan di lain tempat terdapat gigi untuk memutarkan As timeruntuk mendistribusikan pengapianPoros kam digerakkan oleh roda gigi, rantai atau belt yang disebuttiming beltUntuk motor 2 tak dengan system pembilasan searah, poros kamberfungsi melayani katup buang dan menggerakkan pompapenyemprot bahan bakar sudah barang tentu putarannya = putaranporos engkol
  49. 49. Penempatan poros kam tergantung tempat yang disediakan dan posisi poros engkol berdekatan satu tempat di blok silinder dan juga sering diletakkan di kepala silinder, yang mana hubungannya dengan poros engkol melalui rantai atau baltPengaturan pembukaandan penutupan katupberapa derajad sebelumdan sesudah titik matidiatur oleh kam(bubungan) poros kam

×