Mendokumentasikan Bukti-bukti Kas Kecil

29,162 views

Published on

Materi KD 3 SMK

Published in: Education
3 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
29,162
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
452
Actions
Shares
0
Downloads
435
Comments
3
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Mendokumentasikan Bukti-bukti Kas Kecil

  1. 1. Mendokumentasikan Bukti-bukti Kas Kecil Oleh: Ana Miladiyah
  2. 2. BUKTI TRANSAKSIINTERN EKSTERN
  3. 3. Bukti Transaksi Intern:Bukti pencatatan perubahan posisi keuangan yangterjadi dalam kegiatan intern perusahaan itu sendiri.Contoh: Memo, bukti pengeluaran kas, dsb.
  4. 4. Bukti transaksi intern yang dibuat oleh pimpinanMemo: perusahaan atau pejabat yang berwenang
  5. 5. Bukti Kas Masuk: Tanda bukti bahwa perusahaan telah menerimasejumlah uang dari suatu transaksi yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan lain.
  6. 6. Bukti Pengeluaran Kas KecilDibayarkan kepada: No. Voucher: ........ Tanggal: ............... Keterangan Jumlah Total Disetujui Oleh: Diterima Oleh:
  7. 7. Bukti Transaksi EksternBukti pencatatan transaksi keuangan yangterjadi dengan pihak luar perusahaan.Contoh: Faktur, kuitansi, cek, dsb.
  8. 8. Suatu cara pembayaran yang menginstruksikan suatu lembaga keuangan, misalnya bank untuk membayar sejumlah nilaiCek: tertentu dengan mata uang tertentu dari rekening tertentu milik pemberi instruksi pada lembaga tersebut kepada orang/badan yang namanya tercantum pada cek atau pembawa cek.
  9. 9. KwitansiBukti transaksi penerimaan uang untuk pembayaransesuatu. Kuitansi di buat dan ditandatangani oleh pihakyang menerima uang dan di serahkan kepada pihak yangmelakukan pembayaran.
  10. 10. Nota Kontan: Bukti transaksi pembelian atau penjualan yang dilakukan secara tunai.
  11. 11. CEK PERJALANAN Alat pembayaran semacam cek yang diciptakan untuk orang bepergian dan dapat diuangkan pada kantor bank yang mengeluarkan atau pada pihak yang ditunjuk
  12. 12. Karakteristik atau ciri-ciri keabsahan bukti transaksi adalah memenuhi:1. Keabsahan formil, dalam arti transaksi dilakukan melalui prosedur formal yang ditunjukkan dalam bukti transaksi dengan tanda tangan pihak-pihak yang terkait dan mempunyai kewenangan untuk melakukan transaksi yang bersangkutan.2. Keabsahan materiil, dalam arti perhitungan nilai uang yang terkait dengan transaksi yang bersangkutan dilakukan dengan benar sehingga menghasilkan jumlah uang yang seharusnya.
  13. 13. Analisis bukti transaksi meliputi kegiatan:1. Identifikasi (penentuan) keabsahan fisik bukti transaksi2. Identifikasi transaksi (transaksi apa) dan meneliti apakah transaksi sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan atau tidak3. Menentukan kebenaran perhitungan nilai uang4. Menentukan akun-akun buku besar dan jumlah rupiah yang harus didebet dan dikredit sebagai akibat terjadinya transaksi
  14. 14. 4 Alat yang Digunakan dalam Kegiatan Pendokumentasian Kas Kecil: 1. Ordner 2. Guide 3. Perforator 4. Stepler
  15. 15. Ordner
  16. 16. Guide
  17. 17. Perforator
  18. 18. Stapler
  19. 19. Pendokumentasian secara kronologis,yaitu mendokumentasikan bukti-buktitransaksi ke dalam ordner secara urutantanggal.
  20. 20. Cara penyimpanan bukti-bukti transaksipada ordner, yaitu dengan posisi transaksiyang lama di bawah dan transaksi terbarudi atas atau transaksi tanggal 1 di bawahdan transaksi tanggal 30/31 di atas padasetiap bulannya.
  21. 21. Langkah-langkah pendokumentasian kas kecil:1. Cek semua bukti transaksi2. Kelompokkan bukti-bukti transaksi ke dalam kelompok bukti transaksi penerimaan dan kelompok bukti transaksi pengeluaran3. Catatlah setiap bukti-bukti transaksi penerimaan dana kas kecil ke dalam bukti kas masuk4. Selanjutnya satukan bukti kas masuk dengan bukti transaksi penerimaan menggunakan stepler, posisi bukti kas masuk di depan dan bukti transaksi penerimaan di belakangnya
  22. 22. 5. Catatlah setiap bukti-bukti transaksi pengeluaran kas kecil ke dalam bukti kas keluar6. Satukan bukti kas keluar dengan bukti transaksi pengeluaran dengan posisi bukti kas keluar di depan dan bukti transaksi pengeluaran di belakangnya. Untuk bukti transaksi yang berukuran kecil seperti tiket tol dapat ditempel dahulu dikertas HVS yang dibagi dua, kemudian di satukan dengan bukti kas keluar menggunakan stepler
  23. 23. 7. Siapkan ordner untuk mendokumentasikan bukti-bukti transaksi, berikut dengan 2 (dua) buah guide, yaitu guide DEBET dan guide KREDIT
  24. 24. t28/10/2012 Menetapkan dan Menganalisis Pasar

×