Successfully reported this slideshow.

Kerajaan Aceh Darussalam

20,173 views

Published on

Materi Sejarah kelas X kurikulum 2013 tentang Kerajaan Islam di Indonesia, contohnya Kerajaan Aceh Darussalam

Published in: Education

Kerajaan Aceh Darussalam

  1. 1. Gita Kennya S. Mira Ismiyanti P. M. Fauzan R. Suci Rifiana P. Sunnita T.
  2. 2. LETAK KERAJAAN ACEH YANG STRATEGIS YAITU DI PULAU SUMATERA BAGIAN UTARA DAN DEKAT JALUR PELAYARAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL MENYEBABKAN KERAJAAN ACEH SEBAGAI KERAJAAN ISLAM MENGALAMI MASA KEJAYAAN.
  3. 3. Kehidupan Politik Berdasarkan Bustanussalatin ( 1637 M ) karangan Naruddin Ar- Raniri yang berisi silsilah sultan- sultan Aceh, dan berita – berita Eropa, Kerajaan Aceh telah berhasil membebaskan diri dari Kerajaan Pedir. Raja -raja yang pernah memerintah di Kerajaan Aceh :
  4. 4. ADALAH RAJA KERAJAAN ACEH YANG PERTAMA. IA MEMERINTAH TAHUN 1514 - 1528 M. DI BAWAH KEKUASAANNYA, KERAJAAN ACEH MELAKUKAN PERLUASAN KE BEBERAPA DAERAH YANG BERADA DI DAERAH DAYA DAN PASAI. BAHKAN MELAKUKAN SERANGAN TERHADAP KEDUDUKAN BANGSA PORTUGIS DI MALAKA DAN JUGA MENYERANG KERAJAAN ARU
  5. 5. Sultan Alaudin Riayat Syah Sultan Alaudin Riayat Syah memerintah Aceh sejak tahun 1537-1568 M. dibawah pemerintahannya Aceh berkembang menjadi Bandar utama. Sejak Malaka direbut Portugis, mereka menghindari selat Malaka dan beralih menyusuri pesisir Barat Sumatera, ke selat Sunda, lalu terus ke timur Indonesia atau langsung ke Cina.
  6. 6. Sultan Iskandar Muda Pemerintahan Sultan Iskandar Muda menandai puncak kejayaan kerajaan Aceh. Ia naik tahta pada awal abad ke-17 menggantikan Sultan Alaudin Riayat Syah. Untuk memperkuat kedudukan Aceh sebagai pusat perdagangan Ia memelopori sejumlah tindakan sebagai berikut.
  7. 7. Sultan Iskandar Muda merebut sejumlah pelabuhan penting di pesisir barat dan timur Sumatera, serta pesisir barat semenanjung melayu. Misalnya Aceh sempat menaklukan Johor dan Pahang
  8. 8. Sultan Iskandar Muda bekerjasama dengan Inggris dan Belanda untuk memperlemah pengaruh Portugis. Iskandar Muda mengizinkan persekutuan dagang kedua di negara itu untuk membuka kantornya di Aceh.
  9. 9. Pada masa Sultan Iskandar Muda, Kerajaan Aceh mengalami peningkatan dalam berbagai bidang, yakni dalam : > bidang politik > ekonomi-perdagangan > hubungan internasional > memperkuat armada perangnya > serta mampu mengembangakan dan memperkuat kehidupan Islam.
  10. 10. Ia mampu menguasai Pahang (1618), daerah Kedah (1619,) serta (1620), dimana daerah tersebut merupakan daerah penghasil timah. Bahkan dimasa kepemimpinannya Kerajaan Aceh mampu menyerang Johor dan Melayu hingga Singapura sekitar tahun 1613 dan 1615. Ia pun diberi gelar Iskandar Agung dari Timur.
  11. 11. Sultan Iskandar Thani Sultan Iskandar Thani lebih memperhatikan pembangunan dalam negeri daripada politik ekspansi. Meskipun hanya memerintah selama 4 tahun, Aceh mengalami suasana damai. Hubungan dengan wilayah taklukkan dijalan dengan suasana liberal.
  12. 12. Masa pemerintahan Sultan Iskandar Thani juga ditandai oleh perhatian terhadap studi agama Islam. Berkembangnya studi Agama Islam turut didukung oleh Nuruddin Arraniri, seorang ulama besar dari Gujarat yang menulis buku sejarah Aceh yang berjudul Bustanu’s Salatin.
  13. 13. Sepeninggalan Iskandar Thani, Aceh mengalami kemunduran. Aceh tidak mampu berbuat banyak saat sejumlah wilayah taklukan melepaskan diri. Kerajaan itupun tidak mampu lagi berperan sebagai pusat perdagangan. Meskipun demikian, kerajaan Aceh tetap berlanjut sampai memasuki abad ke-20.
  14. 14. KEHIDUPAN EKONOMI Aceh menguasai perdagangan terutama lada. Aceh menguasai Selat Malaka yang merupakan jalur perdagangan internasional. Kapal- kapal Aceh aktif berlayar sampai ke Laut Merah.
  15. 15. KEHIDUPAN SOSIAL Di Aceh berkembang sistem feodalisme & ajaran agama Islam. Kaum bangsawan disebut golongan Teuku, sedangkan kaum ulama disebut golongan Teungku. Namun antara kedua golongan masyarakat itu sering terjadi persaingan yang kemudian melemahkan Aceh.
  16. 16. KEBUDAYAAN
  17. 17. PENYEBAB KEMUNDURAN KERAJAAN ACEH Setelah Sultan Iskandar Muda wafat tahun 1030, tidak ada raja – raja besar yang mampu mengendalikan daerah Aceh yg demikian luas. Timbulnya pertikaian yang terus menerus di Aceh antara golongan bangsawan ( teuku ) dgn golongan utama ( teungku ) Daerah kekuasaannya banyak yang melepaskan diri.

×