Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Paparan skripsi Project 2nd

1,064 views

Published on

Judul Baru, Semangat Baru... Jalasveva Jaya Mahe

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Paparan skripsi Project 2nd

  1. 1. OUTLINE
  2. 2. PENDAHULUAN• Kapal selam sebagai suatu senjata strategis yang memungkinan dilaksanakannya pengembangan teknologi pada peralatan-peralatan pendukungnya.• Sistem ballast dan trim adalah system penting guna menyelam dan mengapung, melalui sistim ini diupayakan kapal selam dapat dengan mudah dan cepat di posisi stabilitas yang sesuai dengan perhitungan trim dari tiap tangki-tangki yang berada di dalamnya.
  3. 3. PENDAHULUAN• Dalam pelaksanaan tugas sehari – hari pada kapal selam type 209/ 1300 pengisian tangki – tangki pemberat pokok sebelum penyelaman sering didapati kelebihan kapasitas bahan bakar yang ikut terbuang saat air ballast dibuang.• Dari pembahasan skripsi ini akan didapatkan konfigurasi sistem kendali pengisian tangki ballast spesial secara otomatis guna meningkatkan efisiensi waktu, tenaga dan akurasi pengisian ballast yang tepat.
  4. 4. PENDAHULUANPERUMUSAN MASALAHAdapun perumusan masalah dari penelitian ini adalah :1. Bagaimanakah konfigurasi sistem kendali ballast atau trim otomatis yang efisien dan sesuai dengan kapal selam type 209/ 1300 ?2. Bagaimanakah kestabilan system kendali ballast atau trim otomatis tersebut ?PEMBATASAN MASALAHAdapun pembatasan masalah penelitian ini adalah :1. Penelitian yang dilakukan ialah pengembangan model dan simulasi program2. Pembahasan lebih berkonsentrasi pada penyusunan program system control dengan menggunakan program LabVIEW tanpa melibatkan control secara hardware.3. Permodelan matermatis sistem yang dilakukan pada kapal selam type 209/ 1300 hanya mempertimbangkan efek intact stabilitas dari kapal selam.•
  5. 5. KEY-PLANT DESAIN• Sistem Ballast kapal selam adalah salah satu konfigurasi sistem pendukung operasi dalam kapal selam. Sistem ini berfungsi untuk mempertahankan daya apung selama menyelam dan menyesuaikan koordinat daerah jelajah penyelaman.
  6. 6. KEY-PLANT DESAIN Saat air laut di-suction ke tangki balas spesial, mekanismenya melalui pembukaan katup ventilasi pada tangki. Saat air laut di-discharge dari tangki balas spesial, mekanismenya distribusi bahan bakar melalui pemompaan bahan bakar ke dalam tangki.
  7. 7. METODOLOGI
  8. 8. METODOLOGI MINGGU KE - RENCANA 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 KEGIATANStudy literaturStudy lapangan danpengumpulan dataPermodelan MatematisSimulasi dan Analisaserta pembahasanPembuatan laporan TASubmit Skripsi DAFTAR PUSTAKA 1. Ogata, Katsuhiko, 1983.”Teknik Kontrol Automatik”, Jakarta: 2. Technical Hand Book KRI CKA – 401 kapal selam type 209/1300 3. Kristiawan, Bambang. 2003, Studi sistem pengendalian kedalaman pada kapal selam tipe 209/ 1300, Skripsi S-1, Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya 4. Budi Prasetyo, Agus, 2006. Studi penerapan system pakar dalam rangka otomatisasi tahapan starting mesin kapal,Surabaya, Skripsi S-1, Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya 5. Agus Setyawan, Ratno, 2007. Aplikasi analytic hierarchy process (AHP) pada system pakar untuk diagnose kesalahan pada mesin diesel, Surabaya, Skripsi S-1, Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember,Surabaya
  9. 9. Finished … Finished …There are times whenaccurate control is nice !

×