Profil Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM)

2,259 views

Published on

Profil Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,259
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
66
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Profil Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM)

  1. 1. www.nawasis.comProfil ProgramPNPM MandiriProgram Nasional Pemberdayaan Masyarakat(PNPM) Mandiri
  2. 2. www.nawasis.comKomponen ProgramPengembangan Masyarakat.Bantuan Langsung MasyarakatPeningkatan Kapasitas Pemerintahandan Pelaku LokalBantuan Pengelolaan dan PengembanganProgram
  3. 3. www.nawasis.comKomponen ProgramPengembangan Masyarakat• Komponen Pengembangan Masyarakat mencakupserangkaian kegiatan untuk membangun kesadaran kritis dankemandirian masyarakat yang terdiri dari:– pemetaan potensi, masalah dan kebutuhan masyarakat,– perencanaan partisipatif,– pengorganisasian, pemanfaatan sumberdaya,– pemantauan dan pemeliharaan hasil-hasil yang telah dicapai.
  4. 4. www.nawasis.comKomponen ProgramPengembangan Masyarakat• Untuk mendukung rangkaian kegiatan tersebut, disediakan– dana pendukung kegiatan pembelajaran masyarakat, pengembanganrelawan dan operasional pendampingan masyarakat; dan– fasilitator, pengembangan kapasitas, mediasi dan advokasi.Peran fasilitator terutama pada saat awal pemberdayaan,sedangkan relawan masyarakat adalah yang utama sebagaimotor penggerak masyarakat di wilayahnya.
  5. 5. www.nawasis.comKomponen ProgramBantuan Langsung Masyarakat• Komponen Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) adalah danastimulan keswadayaan yang diberikan kepada kelompokmasyarakat untuk membiayai sebagian kegiatan yangdirencanakan oleh masyarakat dalam rangka meningkatkankesejahteraan terutama masyarakat miskin.
  6. 6. www.nawasis.comKomponen ProgramPeningkatan Kapasitas Pemerintahan dan Pelaku Lokal• Komponen Peningkatan Kapasitas Pemerintah dan PelakuLokal adalah serangkaian kegiatan yang meningkatkankapasitas pemerintah daerah dan pelaku lokal/kelompokperduli lainnya agar mampu menciptakan kondisi yangkondusif dan sinergi yang positif bagi masyarakat terutamakelompok miskin dalam menyelenggarakan hidupnya secaralayak.
  7. 7. www.nawasis.comKomponen ProgramPeningkatan Kapasitas Pemerintahan dan Pelaku Lokal• Kegiatan terkait dalam komponen ini diantaranya– seminar,– pelatihan,– lokakarya,– kunjungan lapangan.
  8. 8. www.nawasis.comKomponen ProgramBantuan Pengelolaan dan Pengembangan Program• Komponen ini meliputi kegiatan-kegiatan untuk mendukungpemerintah dan berbagai kelompok peduli lainnya dalampengelolaan kegiatan seperti– penyediaan konsultan manajemen,– pengendalian mutu, evaluasi dan– pengembangan program.
  9. 9. www.nawasis.comPendekatan Program1. Menggunakan kecamatan sebagai lokus program untukmengharmonisasikan perencanaan, pelaksanaan danpengendalian program.2. Memposisikan masyarakat sebagai penentu/pengambilkebijakan dan pelaku utama pembangunan pada tingkatlokal.3. Mengutamakan nilai-nilaiuniversal dan budaya lokaldalam proses pembangunanpartisipatif.
  10. 10. www.nawasis.comPendekatan Program4. Menggunakan pendekatan pemberdayaan masyarakat yangsesuai dengan karakteristik sosial, budaya dan geografis.5. Melalui proses pemberdayaan yang terdiri dari atas– pembelajaran,– kemandirian dan– keberlanjutan.
  11. 11. www.nawasis.comRuang Lingkup Program1. Prasarana dan Sarana– Penyediaan dan perbaikan prasarana/sarana lingkungan permukiman,sosial dan ekonomi secara kegiatan padat karya.2. Sumberdaya Keuangan– Penyediaan sumberdaya keuangan melalui dana bergulir dan kreditmikro untuk mengembangkan kegiatan ekonomi masyarakat miskin.– Perhatian yang lebih besar diberikan bagi kaum perempuan untukmemanfaatkan dana bergulir ini.
  12. 12. www.nawasis.comRuang Lingkup Program4. Peningkatan Kualitas SDM– Kegiatan terkait peningkatan kualitas sumberdaya manusia, terutamayang bertujuan mempercepat pencapaian target MDGs.5. Peningkatan kapasitas masyarakat dan pemerintahan lokalmelalui :– Penyadaran kritis,– Pelatihan ketrampilan usaha, manajemen organisasi dan keuangan,– Penerapan tata kepemerintahan yang baik.
  13. 13. www.nawasis.comOrganisasi
  14. 14. www.nawasis.comOrganisasi
  15. 15. www.nawasis.comReferensihttp://www.pnpm-mandiri.org/
  16. 16. Page 16Webs Berita, Info & PelatihanNawasis.Com, Sanitasi.Net,Sanitasi.Org, PenataanRuang.Com
  17. 17. Page 17Contact:Joy IrmanputhraIndonesian Institute forInfrastructure StudiesJl. P. Antasari, Jakarta, IndonesiaEmail : joyirman@nawasis.com

×