Hukum ham dan demokrasi dalam islam

7,344 views

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
7,344
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
167
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Hukum ham dan demokrasi dalam islam

  1. 1. HUKUM HAM DAN DEMOKRASIDALAM ISLAMKelompok 5
  2. 2. HAK ASASI MANUSIA MENURUT AJARANISLAM Hak asasi manusia (HAM) adalah hak yang melekat secara eksistensial dalam identitas kemanusiaan. Tanpa HAM, identitas kemanusiaan itu menjadi tidak berarti atau malah dianggap tidak ada sama sekali. Di mana dan kapanpun, manusia menyandang hak-hak asasinya itu sejak lahir.
  3. 3. SECARA GARIS BESAR, KEWAJIBAN MANUSIAITU ADALAH: 1. Kewajiban terhadap Allah. 2. Kewajiban terhadap diri sendiri. 3. Kewajiban terhadap keluarga. 4. Kewajiban terhadap tetangga. 5. Kewajiban terhadap buruh. 6. Kewajiban terhadap harta. 7. Kewajiban terhadap negara. 8. Kewajiban terhadap lingkungan hidup.
  4. 4. HAK-HAK ASASI MANUSIA DALAM HUKUM ISLAMBERDASARKAN AL-QURAN DAN SUNNAH Kemuliaan Hak-hak pribadi Kebebasan Pribadi Masyarakat Politik Persamaan Martabat Kebebasan Beragama Berpikir Menyatakan pendapat Berbeda pendapat Memiliki harta benda Berusaha Memilih pekerjaan Memilih tempat kediaman
  5. 5. Esposito dan Piscatori(dalam Eko Taranggono, 2002) mengidentifikasi adanya tiga varian pemikiran mengenai hubungan Islam dan demokrasi, yaitu:
  6. 6. 1) Islam menjadi sifat dasar demokrasi, karena konsep syura, ijtihad, dan ijma’ merupakan konsep yang sama dengan demokrasi.2) Islam tidak berhubungan dengan demokrasi.3) Theodemocracy yang diperkenalkan oleh Al- Maududi yang berpandangan bahwa Islam merupakan dasar demokrasi.
  7. 7. TERIMA KASIH

×