Gangguan pada sistem pencernaan manusia

6,864 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
6,864
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
379
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Gangguan pada sistem pencernaan manusia

  1. 1. Terjadi karena pola hidup yang tidak sehatMengabaikan waktu makanMakanan yang tidak steril Makanan yang instan Stres
  2. 2. Penyakit : 1. Gastritis Radang yang akut pada lapisan mukosa dinding lambung
  3. 3. 2. Cacingan Pola hidup tidak sehat ; sering memakan Babi menyebabkan menularnya Cacing pita babi (Taenia solium)
  4. 4. Pola hidup tidak sehat ; cacing ini paling banyakterinfeksi pada anak-anak (karena sukamemasukan apapun di dalam mulut;pasir, mainan) Cacing Gelang (Ascaris Lumbricoides)
  5. 5. 3. Hepatitis (Radang Hati) Hepatitis : peradangan pada hati karena toxin, seperti obat-obatan ataupun agen penyebab infeksi. Hepatitis yang berlangsung kurang dari 6 bulan disebut "hepatitis akut", hepatitis yang berlangsung lebih dari 6 bulan disebut "hepatitis kronis".
  6. 6. 4. Hemoroid Wasir (Hemoroid) : Pembengkakan vena di daerah anus
  7. 7. 5. Penyakit Gigi Karies ( Gigi Keropos)
  8. 8. Bau Mulut Sariawan
  9. 9. 6. Radang Parotis (Gondok) Penyakit menular yang dimana seseorang yang terinfeksi oleh virus (Paramyxovirus) yang menyerang kelenjar ludah (kelenjar parotis) di antara telinga dan rahang sehingga menyebabkan pembengkakan pada daerah leher bagian atas atau daerah pipi bagian bawah.
  10. 10. 7. Usus Buntu (Apendiksitis) semua benda asing berpotensi menyumbat usus dan menyebabkan radang usus buntu.
  11. 11. Tips mencegah agar jauh dari gangguan sistem pencernaan 1. Mencuci tangan secara cermat dengan sabun dan air sebelum menyentuh makanan. 2. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya yang higienis. 3. Makan secara teratur dan memenuhi kebutuhan gizi yang cukup dan seimbang. 4. Makan dalam suasana yang santai tidak tergesa-gesa. Tidaklah dianjurkan makan dalam keadaan tegang atau gugup. 5. Jangan asal menelan, ambil cukup waktu mengunyah sehingga tercampur dengan saliva baru kemudian menelan. 6. Istirahat beberapa menit setelah makan untuk memberi kesempatan pencernaan melaksanakan tugasnya. 7. Makanan cukup sederhana namun mengandung segala keperluan tubuh, termasuk sayuran dan buah segar. 8. Hindari kegiatan mental atau berpikir yang berat setelah makan. Soalnya darah sebagian besar dialirkan ke perut untuk mencerna makanan sehingga waktu berpikir menjadi tidak efisien. 9. Agar lancar buang air besar dianjurkan mengkonsumsi makanan berserat setiap harinya dan hindari makanan yang menyebabkan sembelit seperti keju, roti putih, dan makanan yang rendah residunya. 10. Jangan menahan-nahan bila mau BAB. BAB yang ditahan akan mengganggu kesehatan pencernaan karena ibarat racun yang terlalu lama disimpan dalam tubuh. 11. Jaga kebersihan tubuh ; mandi, menyikat gigi.

×