Masalah pendidikan

7,389 views

Published on

1 Comment
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
7,389
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
65
Comments
1
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Masalah pendidikan

  1. 1. MASALAH-MASALAH SOSIAL Helmy Faisal M
  2. 2. Masalah Bahasan1. Masalah Kemiskinan.2. Masalah Pendidikan.3. Masalah Kriminalitas.
  3. 3. MASALAH PENDIDIKAN
  4. 4. Tujuan dan Fungsi Pendidikan menurut UUUU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab IIPasal 3 yang bunyinya :“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan danmembentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalamrangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untukberkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yangberiman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia,sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yangdemokratis serta bertanggung jawab.” UU no. 20 tahun 2003
  5. 5. Efektifitas Pendidikan Infrastruktur penunjang yang kurang memadai Kurangnya tenaga pengajarTidak adanya tujuan yangjelas sebelum kegiatanpembelajaran dilaksanakan Pendidikan formal yang hanya formalitas dan gengsi-gengsian Priraharjo Kusumadewi, (2007)
  6. 6. Efisiensi PendidikanRp..?? Sistem kurikulum yang berubah- ubah menghabiskan biaya Mutu tenaga pengajar yang tidak kompeten dibidangnya Mahalnya biaya sekolah dan kontroversi sekolah gratis 2009 Priraharjo Kusumadewi, (2007)
  7. 7. Standarisasi Pendidikan Kontroversi evaluasi UN Standar dan kompetensi sering menghilangkan makna & tujuan pendidikan Arah pendidikan yang dinilai inkonsisten,UU BHP yang dinilai tidak tidak menentu & cenderung reaktifbersahabat dengan masyarakat terhadap situasi yang sedanglapisan menengah kebawah berkembang di masyarakat saat itu Priraharjo Kusumadewi, (2007)
  8. 8. Kesadaran masyarakat pada pendidikanPencemaran mutu pendidikan Masyarakat daerah terpencil cenderung kurang peduli pendidikan Sebagian besar pelajar tidak Sebagian masyarakat mampu bertanggung jawab atas menganggap pendidikan pendidikan yang ditempuhnya tidak mampu meningkatkan taraf hidupnya
  9. 9. Peranan masyarakat pada pendidikan1. masyarakat sebagai sumber pendidikan.2. masyarakat sebagai pelaku pendidikan.3. masyarakat sebagai pelaksana pendidikan.4. masyarakat sebagai pengguna hasil pendidikan.5. masyarakat sebagai perencana pendidikan.6. masyarakat sebagai pengawas pendidikan.7. masyarakat sebagai pengevaluasi program pendidikan. (Resbin L Sihite (2007:15))

×