Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Karbohidrat

977 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

Karbohidrat

  1. 1. KARBOHIDRAT Mata Kuliah Ilmu Gizi Kelompok 5 Astuti Akin (1112101000103) Fitria Nurrizki Salma (1112101000107) Maulidya Qurrotuain (1112101000030) Nuni Puspi Syahida (1112101000073) Suharni (1112101000102) Peminatan Gizi Program Studi Kesehatan Masyarakat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2014
  2. 2. Pengertian Apa yang di maksud dengan karbohidra t ? Karbohidrat atau disakarida adalah segolongan besar senyawa organik yang terdiri dari elemen karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O) terdapat di bumi yang berasal dari tumbuh tumbuhan.
  3. 3. Ciri Kimiawi dan Fisika Karbohidrat Sebutkan ciri- ciri karbohidrat secara kimiawi dan fisika? -> Sifat kimia Molekul yang tidak dapat di uraikan atau di pecah dalam bentuk yang lebih kecil lagi. -> Sifat fisika Dapat larut dalam air maupun etanol.
  4. 4. Klasifikasi Karbohidrat Sebutkan klasifikasi karbohidrat ? Karbohidrat dibagi menjadi dua golongan : 1. Karbohidrat sederhana Monosakarida : karbohidrat paling sederhana karena molekulnya terdiri atas beberapa atom c dan tidak dapat di uraikan dengan cara hidrolisis menjadi karbohidrat lain. Disakarida dan oligosakarida : karbohidrat yang terbentuk dari dua molekul monosakarida yang saling terkait melalui gugus –OH dengan melepaskan molekul air. Gula alkohol : merupakan bentuk alkohol dari monosakarida. 2. Karbohidrat kompleks Polosakarida yang terdiri atas lebih dari dua ikatan monosakarida. Serat / polisakarida nonpati.
  5. 5. Fungsi Karbohidrat Apa fungsi dari karbohidrat ? 1. Sumber energi bagi tubuh. 2. Pemberi rasa manis pada makanan khususnya mono dan sakarida. Penghemat protein. 3. Membantu pengeluaran feses. 4. Sebagai cadangan makanan ( pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan). 5. Materi pembangun (misalnya selulosa pada tumbuhan).
  6. 6. Kebutuhan Karbohidrat Sehari Sebutkan kebutuhan karbohidrat yang harus di penuhi dalam sehari? Tidak ada ketentuan tentang kebutuhan karbohidrat utuk manusia, tapi WHO (1990) menganjurkan 50- 65% mengkomsumsi energi total yang berasal dari karbohidrat kompleks dan paling banyak 10 % berasal dari gula sederhana.
  7. 7. Sumber Karbohidrat Sebutkan sumber- sumber karbohidra 1. Glukosa : di buat dari pati dan di temukan pada sebagian buah, terutama anggur. 2. Fruktosa : di temukan dalam madu dan buah buahan. 3. Sukrosa : biasanya di temukan pada gula pasir, tapi juga terdapat pada buah dan sayur. 4. Laktosa : gula yang di temukan di dalam susu. 5. Galaktosa : tidak di dapatkan secara alami tetapi di hasilkan dari proses pencernaan laktosa 6. Maltosa : terdapat pada biji bijian yang berkecambah. 7. Strach / pati : terdapat pada biji- bijian , buah- buahan mentah,dan sayuran. 8. Glikogen : terdapat pada hewan yang tersimpan dalam bentuk glikogen pada hati dan otot. 9. Selulosa : di temukan dalam sayuran dan buah buahan yang biasa di sebut serat.
  8. 8. dan kekurangan Karbohidra t 1. Kekurangan karbohidrat Jika komsumsi kurang akan menyebabkan Kurang Energi Protein (KEP) 2. Kelebihan karbohidrat -> Dapat meningkatkan penyakit jantung sampai diabetes karena kebanyakan mengkomsumsi glukosa -> Mengganggu metabolisme tubuh sehingga rentan terkena obesitas. Sebutkan akibat kekurangan dan kelebihan karbohidrat ?
  9. 9. TERIMA KASIH ^_^

×