Manajemen investasi,risiko dan penghindaran risiko

4,161 views

Published on

Published in: Economy & Finance
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
4,161
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
66
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Manajemen investasi,risiko dan penghindaran risiko

  1. 1. Risiko dan Penghindaran Risiko
  2. 2. Risiko dan Penghindaran RisikoRisiko dengan prospek sederhana  Munculnya risiko berarti adanya lebih dari satu kemungkinan hasil. Prospek sederhana adalah peluang investasi yang menempatkan kekayaan awal pada sebuah risiko dan hanya terdapat dua hasil yang mungkin.Untuk memudahkan diperlukan penjelasan beberapa konsep dasar dengan menggunakan prospek sederhana.
  3. 3. Risiko,Spesialisasi dan Berjudi
  4. 4. Risiko,Spesialisasi dan Berjudi.Dari sisi ekonomi berjudi adalah pengambilan risikotanpa tujuan apapun kecuali kenikmatan menjalankan risiko itu semata, sedangkan spekulasi dilakukan sedangkanspekulasi dilakukan dengan mempertimbangkan risikonya karena sesorang menginginkan pertukaran risiko-imbalhasil yang bagus.
  5. 5. Penghindaran Risiko dan Nilai Utilitas Investor penghindar risiko (risk averse) menolak portofolio investasi yang termasuk permainan yang adil atau yang lebih buruk dari itu. Investor penghindar risiko akan bersedia mempertimbangkan prospek yang bebas risiko atau yang premi risikonya positif. Mudahnya, investor penghindar risiko menuntut tingkat imbal hasil yang diharapkan dari portofolio berisiko pada presentase pasti untuk mengompensasi risiko yang melekat. Semakin besar risiko, semakin besar tuntutan kompensasi.
  6. 6. Risiko PortofolioResiko Aset Versus Risiko PortofolioInvestor harus memperhatikan hubungan antara imbal hasilaset-aset miliknya dalam menilai risiko portofolionya. Padatingkat dasr misalnya, kontrak asuransi dapat mengurangirisiko melalui perlindungan nilai pada saat bagian lain dariportofolio dalam kondisi buruk. Polis asuransi kebakaranmemberikan perlindungan pada saat bagian lain dariportofolio (rumah/pabrik) menderita kerugian. Pola salingmenutupi dari imbal hasil kedua aset menstabilkan risikokeseluruhan portofolio.
  7. 7. n Matematika PortofolioSebuah Tinjaua
  8. 8. THANK YOU….

×