Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

1a ekologi media komunikasi

2,458 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

1a ekologi media komunikasi

  1. 1. EKOLOGI MEDIA KOMUNIKASI Disampaikanpada mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelompok I Ilham Fahmi : 7616120366 Mega Indrawati : 7616120376
  2. 2. Pendahuluan:Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah berkembangdengan sangat pesatnya, jika diamati, setiap satu dekade,terjadi perkembangan yang cukup signifikan dari teknologiinformasi dan komunikasi (TIK). Dimulai dari era akuntasipada tahun 1950, beranjak ke era oprasional mulai tahun1960, ke era informasi mulai tahun 1970, menuju ke erajejaring dimulai tahun 1980 sampai ke era jejaring global dimulai tahun 1990, teknologi informasi dan komunikasi telahmengalami banyak perubahan-perubahan.
  3. 3. Pengertian:Ekologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mengkajiorganisme dengan lingkungannya. Media, secara konseptual,dapat dianggap sebagai suatu organisme, dalam arti sesuatuyang "hidup dan berkembang" dalam suatu ruang, waktu,serta berinteraksi dengan lingkungannya.
  4. 4. Lanjutan Pengertian:Media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentukjamak dari “medium” yang secara harafiah berarti “perantara”yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerimapesan (a receiver). Komunikasi adalah suatu proses dimanaseseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, ataumasyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agarterhubung dengan lingkungan dan orang lain.Rudi Susilana dan Capi Riyana, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008), h. 5
  5. 5. Kajian Ekologi Media KomunikasiEkologi media melihat pada masalah mengenai bagaimanamedia mempengaruhi persepsi manusia, pemahaman,perasaan, nilai-nilai, dan bagaimana interaksi kita denganfasilitas-fasilitas media yang tersedia atau menghalangiberbagai kesempatan yang tersedia untuk bertahan hidup.
  6. 6. Asumsi Teori Ekologi MediaKomunikasi1) Media melingkupi setiap tingakan di dalam Masyarakat.2) Media memperbaiki persepsi kita dan mengorganisasikan pengalaman kita.3) Media menyatukan seluruh dunia.
  7. 7. Penjelasan Asumsi Teori Ekologi Media KomunikasiPENJELASAN ASUMSI TEORI EKOLOGI MEDIAMedia melingkupi setiap tindakan di dalam masyarakat.(I) Media yang lebih tradisional (radio, film, televisi) Anggka  pikiran massa  homogen  dapat dipengaruhi Permainan  budaya  refleks diri sendiri Uang  kekuatan  akses  bahasa Asumsi kita yang pertama mengarisbawahi pemikiran bahwa kita tidak dapat melarikan diri dari media di dalam hidup kita; Media melingkupi seluruh keberadaan kita. Kita tidak dapat menghindari atau melarikan diri dari media.Contoh: “Jreeengg, weker Budi berbunyi kemudian Budi memeriksa Bbnya apa ada pesan yang masuk dan mandi serta menyalakan radio setelah itu Budi sarapan pagi dan bersin sampai masuk kerja menyalakan komputer, menggunakan power point untuk presentasi dan tablet ............
  8. 8. Penjelasan Asumsi Teori Ekologi Media Komunikasi(II) Media memperbaiki persepsi kita dan mengorganisasikan pengalaman kita. Asumsi yang kedua membahas pengaruh langsung dari media, media cukup kuat di dalam pandangan kita mengenai dunia. Secara tidak sadar penggunaan media secara rutin mempengaruhi persepsi kita dan memanipulasi alam bawah sadar kita.Contoh: Sebelum punya Komputer+internet, setelah pulang sekolah Budi akan bermain basket dan berolahraga di lapangan sekolah dan kebiasaan itu berubah menjadi main game onlie, browsing, chatting dll.(III) Media menyatukan/menggabungkan seluruh dunia. McLuhan menggunakan istilah desa global* untuk mendeskripsikan bagaimana media mengikat dunia menjadi sebuah sistem politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang besar. Manusia tidak lagi dapat hidup dalam isolasi, melainkan akan selalu terhubung oleh media elektronik yang bersifat instan dan berkesinambungan. Media elektronik memiliki kemampuan untuk menjembatani budaya-budaya yang tidak akan pernah berkomunikasi sebelum adanya koneksi ini.Contoh: Ketika tsunami melanda Asia Tenggara, seluruh masyarakat dunia yang mengetahui lewat media turut berduka dan memberikan sumbangan lewat media juga dll.
  9. 9. Sejarah Media Komunikasi ZAMAN TEKNOLOGI YANG UTAMA KOMENTAR MCLUHAN SEJARAHEra Tribal Kontak Tatap Muka/ Pendengaran Masyarakat lisan atau tribal memiliki alat stabilitas melampaui segala yang mungkin bagi dunia yang visual atau beradab dan terfragmentasi.Era Literacy Abjad Fonetis/ Penglihatan Pria (Wanita) Barat telah melakukan sedikit hal untuk mempelajari dampak-dampak dari abjad fonetis dalam menciptakan banyak dari pola dasar budayanya.Era Cetak Percetakan/ Penglihatan Mungkin berkah paling berharga dari tipografi bagi manusia adalah sikap yang tidak terpengaruh dan ketidakterlibatan daya untuk bertindak tanpa reaksiEra Elektronik Komputer / Penglihatan, Komputer merupakan yang paling luar biasa dari Pendengaran, sentuhan semua busana teknologi yang pernah diciptakan karena komputer merupakan kepanjangan dari sistem saraf pusat kita.
  10. 10. Medium Is The MessageTeori Ekologi Media dikenal karena slogan: “medium adalahpesan” (medium is the message) (Mcluhan,1964). Frasetersebut merujuk pada kekuatan dan pengaruh mediumterhadap masyarakat, bukan isi pesannya. Medium mampumengubah bagaimana kita berpikir mengenai orang lain, dirikita sendiri, dan dunia di sekeliling kita.
  11. 11. Memperkirakan Temperatur: Media Panas & MediaDinginBeberapa asumsi penting dan isu-isu yang dikaitkan dengan teori ekologi media telahdibahas. Media di dalam istilah yang sangat luas juga letah didiskusikan, hasilnyaadalah sebua analisa tentang media panas dan media dingin. Media panas Media panas dideskripsikan sebagai media yang menuntut sedikit dari para pendengar, pembaca atau penonton. Media panas adalah komunikasi tinggi definisi yang memiliki daya sensor relatif lengkap. Tak banyak yang tersisa untuk imajinasi khalayak. Contohnya adalah film, radio. Media dingin Media dingin membutuhkan tingkat partisipasi yang tinggi, media ini rendah definisi, sedikit yang disediakan oleh medium, sangat banyak yang harus dilengkapi sendiri oleh pendengar, pembaca atau penonton. Media dingin mengharuskan khalayak untuk menciptakan makna melalui keterlibatan indra yang tinggi dan imajinatif. Contohnya adalah kartun, percakapan dan seminar.
  12. 12. Lingkaran telah Sempurna: SebuahTetradKarya McLuhan dan putranya mempertimbangkan dampakdari internet dan membawa teori ini pada suatu lingkaranyang sempurna. Teknologi mempengaruhi komunikasi melaluiteknologi baru, dampak dari teknologi baru mempengaruhimasyarakat, dan perubahan dalam masyarakatmenyebabkan perubahan lebih jauh dalam teknologi.
  13. 13. Lingkaran telah Sempurna: SebuahTetradUntuk melihat peranan teknologi dalam budaya kita,McLuhan dan McLuhan menawarkan empat hukum mediayang dikemukakan dalam bentuk pertanyaan:a) Apakah yang ditingkatkan oleh media?b) Apakah yang dibuat ketinggalan zaman oleh media?c) Apakah yang diambil kembali oleh media?d) Apakah yang diputarbalikkan oleh media?
  14. 14. Hukum Media (Laws of Media)PENINGKATAN Media menegaskan atau memperkuat masyarakat(Enhancement)Contoh:Telepon meningkatkan kata-kata lisan yang ditemukan dalam percakapan tatap muka,Radio memperkuat suara melampaui jarak,Televisi memperkuat kata-kata dan gambar visual melampaui benua.KETINGGALAN ZAMAN Hukum yang menyatakan bahwa media menyebabkan(Obsolescence) sesuatu menjadi ketinggalan zaman.Contoh:Terdapatnya desa global,Keterpisahan geografis sekarang sulit ditemukan, bahkan desa-desa terpencil di Afrika menjadi dapat diakses karena internet.Dialog tatap muka menjadi semakin ketinggalan zaman dengan adanya internet. Percakapan yang tadinya bersifat tribal, sekarang dapat dilakukan secara elektronik.
  15. 15. Hukum Media (Laws of Media)PENGAMBILAN KEMBALI Hukum yang menyatakan bahwa media menyelamatkan(Retrieval) sesuatu yang tadinya hilang.Contoh:Televisi, membawa kembali pentingnya unsur visual yang tidak dapat dicapai oleh radio.Radio, mengambil kembali peranan dalam pembawa pengumumanMedia cetak, bersifat universal pengetahuanInternet, adanya chat room (yahoo, hotmail mesanger, dsb)PEMUTAR-BALIKAN Hukum yang menyatakan bahwa media akan mencapai(Reversal) batasnya jika didorong menghasilkan atau menjadi sesuatu yang lain.Internet sebagai medium yang didorong hingga batas potensi memutarbalikkan masyarakatmenjadi tempat yang baru dan unik. Internet juga merupakan medium yang “memutarbalikkan”penggunanya, maksudnya walaupun internet dapat berfungsi untuk mengikis kekuasaan,internet juga dapat memberikan kesempatan bagi keduanya. Lebih jauh lagi, internet telahmendorong generasi muda yang “berpikir seperti Pentium daripada Plato” (Bugeja, 2005,hal.132).
  16. 16. “”Terima Kasih”” “Kita menciptakan teknologi, dansebagai gantinya teknologi menciptakan kembali diri kita”

×