PPT Biologi Ekosistem

26,215 views

Published on

Published in: Education
4 Comments
14 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
26,215
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
2,219
Comments
4
Likes
14
Embeds 0
No embeds

No notes for slide
  • Any writer or designer will tell you that 90% of the creative process…
  • …is destructive.
  • PPT Biologi Ekosistem

    1. 1. BIOLOGI UMUM
    2. 2. SK & KD PROFIL EXIT
    3. 3. SK & KD PROFIL EXITSTANDAR KOMPETENSIMenganalisis hubungan antara komponen ekosistem. KOMPETENSI DASAR1.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
    4. 4. SK & KD PROFIL Ekoistem adalah hubungan timbal balik EXITantara makhluk hidup dengan makhluk hiduplain, serta dengan benda tak hidup dilingkungannya. Ilmu yang mempelajari ekosistem disebutekologi. Ekologi berasal dari dua kata dalambahasa Yunani, yaitu oikos dan logos. Oikosartinya rumah atau tempat tinggal, dan logosartinya ilmu. Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel(1834-1914).Ekologi mempelajari bagaimana makhlukhidup dapat mempertahankan kehidupannyadengan mengadakan hubungan antarmakhluk hidup dan dengan benda tak hidupdi dalam benda hidupnya.
    5. 5. SK & KD PROFIL EXITIndividu Organisme atau juga biasa disebut sebagai individu adalah makhluk hidup tunggal.Populasi Populasi adalah sekumpulan makhluk hidup sejenis yang mendiami suatu area wilayah tertentu.Komunitas Komunitas adalah sekumpulan populasi yang mendiami wilayah tertentu.
    6. 6. SK & KD PROFIL EXITBioma Bioma merupakan kumpulan dari ekosistem dalam suatu wilayah tertentu. Contoh-contoh bioma, antara lain: savana, stepa, gurun, dan padang rumput.Biosfer Biosfer merupakan lapisan bumi tempat ekosistem berada atau biasa disebut sebagai dunia.
    7. 7. SK & KD PROFIL EXITKomponen AbiotikKomponen Biotik
    8. 8. SK & KD PROFIL EXITA. Komponen Abiotik Komponen abiotik dalam lingkungan meliputi udara ( yang tersusun atas nitrogen, oksigen, karbon dioksida dan gas lainnya ), angin, kelembapan, air, tanah, mineral, cahaya, suhu, pH, salinitas atau kadar garam, dan topografi.
    9. 9. SK & KD PROFIL1. Udara EXITUdara di atmosfer tersusun atas nitrogen 72 %, oksigen21%, karbon dioksida 0,03 %, dan gas lainnya.2. AirAir digunakan sebagai pelarut di dalamsitoplasma, untuk menjaga tekanan osmosissel, mencegah sel dari kekeringan.Indonesia yang terletak di daerah khatulistiwa dandiantara dua benua, memiliki curah hujan yang tinggidan merata, cahaya sepanjang tahun, dan suhu rata-rata270C menyebabkan indonesia memilikikeanekaragaman flora dan fauna yang tinggi.
    10. 10. SK & KD PROFIL3. Mineral EXITMineral yang diperlukan tumbuhan misalnya belerang(S), fosforus (P), kalium (K), kalsium (Ca), magnesium(Mg), besi (Fe), natrium (Na) dan klorin (Cl). Mineral –mineral itu diperoleh tumbuhan dalam bentuk ion-ion yanglarut di dalam tanah. Mineral tersebut di gunakan untukberlangsungnya metabolisme tubuh dan untuk penyusuntubuh. Hewan dan manusia pun memerlukan mineral untukpenyusun tubuh dan reaksi-reaksi metabolisme. Selainitu, Mineral juga berfungsi untuk menjaga keseimbanganasam basa dan mengatur fungsi fisiologi tubuh.4. CahayaCahaya matahari digunakan tumbuhan untuk melakukanfotosintesis. Dapat dikatakan bahwa matahari merupakansumber energi bagi makhluk hidup di bumi.
    11. 11. SK & KD PROFIL5. Suhu EXITMakhluk hidup umumnya dapat bertahan hidup hanya pada kisaransuhu 00C- 400C. Hewan berdarah panas ada yang mampu hiduppada suhu dibawah titik beku. Suhu rendah tidak mematikansebagian makhluk hidup, namun menyebabkan makhluk hiduptersebut seolah terhenti kehidupannya. Makhluk hidup itumengalami hibernasi.Indonesia, yang terletak di daerah khatulistiwa, memiliki suhu yanghangat sepanjang tahun, rata-rata 270C.Suhu ini sangat ideal bagikelangsungan makhluk hidup. Oleh karena itu, Indonesia memilikikeanekaragaman biota yang tinggi dibandingkan dengan daerahberiklim sedang.6. Keasaman (pH)Makhluk hidup memerlukan lingkungan yang memiliki pH yangnetral. Makhluk hidup tidak dapat hidup di lingkungan yang terlaluasam atau basa. Tingkat keasaman dapat pula mempengaruhikecepatan pernapasan pada ikan.
    12. 12. SK & KD PROFIL EXIT7. Kadar Garam (Salinitas)Jika kadar garam tinggi, sel-sel akar tumbuhanakan mati dan akhirnya akan mematikantumbuhan itu. Di daerah yang berkadar garamtinggi hanya hidup tumbuhan tertentu.8. TopografiTopografi artinya tinggi rendahnya permukaanbumi di suatu daerah. Topografi berkaitandengan kelembapan, cahaya.
    13. 13. SK & KD PROFIL EXIT9. Faktor Pembatas dan Toleransi Makhluk Hidup. Didalam ekosistem terdapat faktor pembatas dan faktor toleransi dari makluk hidup terhadap lingkunganya.
    14. 14. SK & KD PROFIL EXITB. Komponen Biotik Komponen biotik terdiri atas tumbuhan,hawan (termasuk manusia), dan mikro organisme.Berdasarkan peranannya didalam ekosistem,komponen biotik dapat dibedakan menjadi produser,konsumer dan dekomposer.
    15. 15. SK & KD PROFIL EXIT1. Produser Semua organisme berhijau daun(berklorofil) tergolong produser,karena mampu menyintesis gula dari zat-zat anorganik yang bersal dsari lingkungannyan.Produser tergolong organisme autrotof (auto = sendiri,trophein = makanan) Proses penyusunan zat-zat organik dari zat-zat anorganik bertujuan untuk mendapatkan persenyawaan berenergi tinggi.Tumbuhan hijau memanfaatkan cahaya matahari untuk mereaksikan gas karbondioksida dan air menjadi gula,dengan mengeluarkan oksigen.Gula merupakan bahan organik berenergi tinggi yang disimpan atau diubah menjadi persenyawaan lain seperti amilum,protein,lemak dan sebagainya.Tumbuh-tumbuhan menyimpannya didalam buah,biji,akar,batang atau bagihan tumbuhan lain sebagai cadangan makanan.
    16. 16. SK & KD PROFIL EXIT2. Konsumer Manusia,hewan,dan tumbuhan yang tidak berklorofil (misalnya tali putri) tidak mampu menproduksi zat anorganik.Oleh karena tidak mampu menyusun zat organik dari zat anorganik,komposer disebut juga organisme heterotrof ( hetero = bermacam, yang lain ; trophein = makanan).Konsumer atau pemakai mendapatkan energi dengan cara memakan produser atau organisme lain.
    17. 17. SK & KD PROFILA. Pola – Pola Hubungan dalam Ekosistem EXIT Antara mahkluk hidup yang satu dengan yang lain terjadi hubungan,baik antara sesama spesies maupun antarspesies,baik antara sesama komponen biotik maupun antara komponen biotik dan abiotik. 1. Interaksi Antarindividu Membentuk Populasi Antara mahkluk hidup dari spesies yang sama yang hidup pada suatu waktu dan kawasan tertentuserta sling berinteraksi menbentuk populasi.Oleh karena bersal dari spesiesi yang sama,maka individu didalam populasi mempunyai potensi melakukan kawin silang yang akan menghasilkan keturunan yang fertil (mampu memproduksi).Contoh populasi adalah populasi itik,populasi kambing,populasi padi,dan populasi pohon jati.
    18. 18. SK & KD PROFIL EXITSuatu populasi dapat dikenali dengan adanyaciri-ciri : a. Memiliki kesamaan morfologi b. Memiliki kesamaan fungsi fisiologi c. Dapat melakukan perkawinan silang d. Dapat menghasilkan keturunan yang fertil.
    19. 19. SK & KD PROFIL2. Populasi Antarpopulasi Mmembentuk EXIT Komunitas. Komunitas dapat mengadakan didefinisikan sebagai interaksi. kumpulan berbagai populasi (baik hewan,tumbuhan,m aupun manusia) pada suatu kawasan tertentu yang saling
    20. 20. SK & KD PROFIL3. Interaksi anatara Komunitas dengan Komponen EXITAbiotik Membentuk Sistem LingkunganEkosistem.4. Interaksi antara Ekosistem di Permukaan BumiMembentuk Biosfer.Lapisan permukaan bumi yang dihuni organismeyang saling berinteraksi.Lapisan permukaan bumiini dikenal sebagai biosfer atau ekosfer.Habitatadalah tempat hidup organisme .Nisia adalahperan organisme dalam habitatnya.
    21. 21. SK & KD PROFILB. Suksesi dan Klimaks EXITEkosistem tidak diam dan statis,melainkanselalu berubah (dinamis).Ekositem tmbuh darikomunitas sederhana menuju ke komunitasyang komplek.Selama pertumbuhan itu terjadipergantian jenis-jenis organisme yang dominanatau mengusai.Pergantian dominan itu dikenalsebagai suksesi.Suksesi terus berlangsung hinggatercapai suatau klimaks atau bioma.
    22. 22. SK & KD PROFILC. Aliran Energi EXITDi dalam ekosistem,sumber energi utama adalah cahayamatahari.Oleh produser (tumbuhan hijau),energimatahari diubah menjadi energi kimia melalui prosesfotosintesis,yang kemudian disimpan sebagai makanan(amilum).Konsumer I mengambil energi kimia dariproduser dengan jalan memakannya.Konsumer IImemakan konsumer tingkat I dan konsumer IIImemakan konsumer tingkat II untuk memperolehenergi tersebut.Bagian organ atau tubuh produser dankonsumer yang mati akan diuraikan olehmikroorganisme menjadi mineral-mineral.Dalamproses mineralisme,energi dilepaskan kelingkupandalam bentuk panas.Proses perpindahannya energidimulai dari energi matahari melalui tingkat trofik Iketingkat trofik II dan seterusnya disebut aliran energi.
    23. 23. SK & KD PROFIL EXIT
    24. 24. SK & KD PROFILProses makan-dimakan dari produser hingga EXITkarnivor puncak dapat digambarkan dalam bentuklinier sehingga membentuk rantai memanjang yangdisebut sebagai rantai makanan.Seperti hal nya aliranenergi,pada rantai makanan terdapat tingkat trofiksesuai dengan jarak transfer energi dari sumberenergi.Produser yang mempunyai jarak transferenergi terdekat menempati tingkat trofik I,konsumerpada tingkat trofik II dan seterusnya,sebagaimanadijelaskan sebelumnya.
    25. 25. SK & KD PROFILD. Jaring – jaring makanan EXIT Rantai makanan merupakan gambaran sederhana dari proses makan-dimakan yang terjadi dialam. Jaring-jaring makananmemperlihatkan hubungan populasi yang satu dengan populasiyang lain. Jaring-jaring yang menggambarkan hubungan makan- dimakan itu terbentuk agar kelangsungan hidup antar populasi terjamin.
    26. 26. SK & KD PROFIL E. Piramida Ekologi EXITTelah diuraikan sebelumnya bahwa didalamekosistem alami,jumlah produser pada tingkattrofik I merupakan jumlah terbesar.Jumlahkonsumer yang berada ditingkat trofik II lebihkecil.Jika digambarkan akan membentukpiramida dengan ujung yang semakinmeruncing.Piramida tersebut juga disebutpiramida ekologi.Piramida ekologi dapatdibedakan menjadi piramida jumlahindividu,piramida biomassa,piramida energi.
    27. 27. SK & KD PROFIL EXITF. Daur Biogeokimia Siklus atau daur unsur-unsur kimia tersebut berputar melewati tubuh mahkluk hidup,tanah dalam bentuk persenyawaan-persenyawaan kimia.Jadi daur materi atau mineral ini berlangsung di dalam ekosistem(biosfer),mengalir malalui komponen:biotik reaksi kimia dan seterusnya.Oleh karena itu,siklus materi tersebut disebut sebagai daur biogeokimia.
    28. 28. SK & KD PROFILDaur biogeokimia terjadi sejak munculnya EXITmakuluk hidup pertama kali dibumi.Daurbiogeokimia mendukung proses berlangsungnyakehidupan.Mahkluk hidup dapat memperolehzat–zat dari lingkungannya,melakukan pertukaranzat,serta membuang zat-zat yang tidak berguna kelingkungannya.jika dari daur ini terhenti,proseskehidupan juga berhenti.jadi,kelancarandaurbiogeokimia penting bagi kelangsungan hidupmakhluk hidup.Daur biogeokimia yang akan dibahas meliputidaur nitrogen,daur karbon dan oksigen,daurbelerang dan daur fosforus.
    29. 29. SK & KD PROFIL EXIT1. Djilfia Nisfu Lailah2. Mar atus Sholihah3. Septiana Putri4. Tinuk Esti5. Winda Dwi C.N.

    ×