Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
Perwakilan Diplomatik

Perwakilan Diplomatik adalah perwakilan yang
kegiatannya mewakili negaranya dalam
melaksanakan hubu...
Tugas-tugas pokok perwakilan diplomatik

1. Menyelenggarakan hubungan dengan Negara lain
atau hubungan kepala Negara denga...
Tugas umum seorang perwakilan
diplomatik
1. Representasi, perwakilan diplomatik mewakili
kebijakan politik pemerintah nega...
Fungsi Perwakilan Diplomatik
1. Mewakili Negara RI secara keseluruhan di Negara
penerima atau organisasi internasional.
2....
Fungsi Perwakilan diplomatik menurut Kepres Nomor 108 Tahun
2003
Fungsi Perwakilan diplomatik menurut Kepres Nomor 108 Tah...
Fungsi Perwakilan Diplomatik menurut Kongres Wina 1961

Fungsi Perwakilan Diplomatik menurut Kongres Wina 1961
mencakup ha...
Peranan Perwakilan Diplomatik

Dalam membina hubungan internasional, diperlukan adanya
taktik dan prosedur tertentu untuk ...
Tugas Pokok Perwakilan Diplomatik

Perwakilan Diplomatik mempunyai tugas pokok mewakili
dan memperjuangkan kepentingan Ban...
Fungsi Perwakilan Diplomatik PKN XI
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Fungsi Perwakilan Diplomatik PKN XI

22,812 views

Published on

Fungsi & Tugas Perwakilan Diplomatik menurut Kongres Wina 1961 dan Kepres Nomor 108 Tahun 2003
download : http://www.tusfiles.net/q4n3wdq21okt

Published in: Education
  • cara download nya gimana?
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Fungsi Perwakilan Diplomatik PKN XI

  1. 1. Perwakilan Diplomatik Perwakilan Diplomatik adalah perwakilan yang kegiatannya mewakili negaranya dalam melaksanakan hubungan diplomatik dengan negara penerima atau suatu organisasi internasional. Menurut Keppres No. 108 Tahun 2003 ttg Organisasi Perwakilan Diplomatik RI di Luar Negeri: Perwakilan diplomatik adalah kedutaan besar RI dan Perutusan Tetap RI yang melakukan kegiatan diplomatik di seluruh wilayah negara penerima dan/atau pada organisasi internasional untuk mewakili dan memperjuangkan kepentingan bangsa, negara dan pemerintah RI.
  2. 2. Tugas-tugas pokok perwakilan diplomatik 1. Menyelenggarakan hubungan dengan Negara lain atau hubungan kepala Negara dengan pemerintah asing. 2. Mengadakan perundingan masalah-masalah yang dihadapi kedua Negara itu dan berusaha untuk menyelesaikan. 3. Mengurus kepentingan Negara serta warga negaranya di Negara itu dan berusaha untuk menyelesaikannya. 4. Apabila dianggap perlu, dapat bertindak sebagai tempat pencatatan sipil, pemberian paspor, dan sebagainya.
  3. 3. Tugas umum seorang perwakilan diplomatik 1. Representasi, perwakilan diplomatik mewakili kebijakan politik pemerintah negaranya dapat melakukan protes, mengadakan penyelidikan pertanyaan denganpemerintah negara penerima. 2. Negoisasi, untuk mengadakan perundingan atau pembicaraan baik dengan negara dimana ia diakreditasi maupun dengan negara lain. 3. Observasi, yaitu untuk menelaah dengan teliti setiap kejadian atau peristiwa di negara penerimayang mungkin dapat mempengaruhi kepentingan negaranya. 4. Proteksi, melindungi pribadi, harta benda, dan kepentingan-kepentingan warga negaranya yang berada di luar negeri 5. Relasi, untuk meningkatkan hubungan persahabatan antar negara pengirim dengan negara penerima, baik di bidang ekonomi, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
  4. 4. Fungsi Perwakilan Diplomatik 1. Mewakili Negara RI secara keseluruhan di Negara penerima atau organisasi internasional. 2. Melindungi kepentingan nasional dan warga Negara RI di Negara penerima. 3. Melaksanakan usaha peningkatan hubungan persahabatan dan melaksanakan perundingan antara Negara RI secara Internasional serta mengembangkan hubungan di bidang ekonomi, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan. 4. Melaksanakan pengamatan, penilaian, dan pelaporan. 5. Menyelenggarakan bimbingan dan pengawasan terhadap warga Negara RI yang berada di wilayah kerjanya. 6. Menyelenggarakan urusan pengamatan, konsuler, penerangan, protokol, komuniksi dan persandian. 7. Melaksanakan urusan tata usaha, kepegawaian, keuangan, perlengkapan, dan urusan rumah tangga perwakilan diplomatik
  5. 5. Fungsi Perwakilan diplomatik menurut Kepres Nomor 108 Tahun 2003 Fungsi Perwakilan diplomatik menurut Kepres Nomor 108 Tahun 2003 Tentang Organisasi Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri : 1. Peningkatan dan pengembangan kerja sama politik dan keamanan, ekonomi, sosial dan budaya dengan Negara Penerima dan/atau Organisasi Internasional; 2. Peningkatan persatuan dan kesatuan, serta kerukunan antara sesama Warga Negara Indonesia di luar negeri; 3. Pengayoman, pelayanan, perlindungan dan pemberian bantuan hukum dan fisik kepada Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia, dalam hal terjadi ancaman dan/atau masalah hukum di Negara Penerima, sesuai dengan peraturan perundang-undangan nasional, hukum internasional, dan kebiasaan internasional; 4. Pengamatan, penilaian, dan pelaporan mengenai situasi dan kondisi Negara Penerima; 5. Konsuler dan protokol; 6. Perbuatan hukum untuk dan atas nama Negara dan Pemerintah Republik Indonesia dengan Negara Penerima; 7. Kegiatan manajemen kepegawaian, keuangan, perlengkapan, pengamanan internal Perwakilan, komunikasi dan persandian; 8. Fungsi-fungsi lain sesuai dengan hukum dan praktek internasional.
  6. 6. Fungsi Perwakilan Diplomatik menurut Kongres Wina 1961 Fungsi Perwakilan Diplomatik menurut Kongres Wina 1961 mencakup hal-hal berikut : 1. Mewakili negara 2. Melindungi kepentingan negara pengirim dan warga negaranya di negara penerima di dalam batas-batas yang diizinkan oleh hukum internasional 3. Mengadakan persetujuan dengan pemerintah negara penerima 4. Memberikan keterangan tentang kondisi dan perkembangan negara penerima sesuai dengan undang-undang dan melaporkan kepada pemerintah negara pengirim 5. Memelihara hubungan persahabatan antara dua negara.
  7. 7. Peranan Perwakilan Diplomatik Dalam membina hubungan internasional, diperlukan adanya taktik dan prosedur tertentu untuk mencapai tujuan nasional suatu Negara, sehingga kepentingannya dapat diperkenalkan kepada Negara lain dengan jalan diplomatic. Dalam arti luas, diplomasi meliputi seluruh kegiatan politik luar negeri yang berperan sbb: 1. 2. 3. 4. Menentukan tujuan dengan menggunakan semua daya dan tenaga dalam mencapai tujuan tsb. Menyesuaikan kepentingan bangsa lain dengan kepentingan nasional sesuai dengan tenaga dan daya yang ada. Menentukan apakah tujuan nasional sejalan atau berbeda dengan dengan kepentingan negara lain. Menggunakan sarana dan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya. Pada umum dalam menjalankan tugas diplomasi antarbangsa, setiap negara menggunakan sarana diplomasi ajakan, konferensi, dan menunjukkan kekuatan militer dan ekonomi.
  8. 8. Tugas Pokok Perwakilan Diplomatik Perwakilan Diplomatik mempunyai tugas pokok mewakili dan memperjuangkan kepentingan Bangsa, Negara, dan Pemerintah Republik Indonesia serta melindungi Warga Negara Indonesia, Badan Hukum Indonesia di Negara Penerima dan/atau Organisasi Internasional, melalui pelaksanaan hubungan diplomatik dengan Negara Penerima dan/atau Organisasi Internasional, sesuai dengan kebijakan politik dan hubungan luar negeri Pemerintah Republik Indonesia, peraturan perundangundangan nasional, hukum internasional, dan kebiasaan internasional.

×