Mengelola siklus hidup dan stratgei produk

6,001 views

Published on

Published in: Design
2 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Terimkasih , ini bermanfaat ,semoga Anda disukseskan oleh Allah SWT Aamiin
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • terimakasih informasinya
    ini sangat membantu saya
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
6,001
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
81
Actions
Shares
0
Downloads
114
Comments
2
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Mengelola siklus hidup dan stratgei produk

  1. 1. MENGELOLA SIKLUS HIDUPDAN STRATEGI PRODUKPLC menggambarkan tahap-tahap yang berbeda dalam sejarah penjualan suatu produk.Tahap-tahap ini berhubungan dengan kesempatan dan masalah yang berbeda mengenai strategi pemasaran.
  2. 2. Product Life Cyclemenegaskan 4 hal1. Produk memiliki umur yang terbatas2. Penjualan produk melewati tahap- tahap yang berbeda, dengan tantangan yang berbeda bagi penjual.3. Laba naik turun pada tahap yang berbeda dalam PLC.4. Produk membutuhkan strategi pemasaran, keuangan, pembelian dan personel yang berbeda dalam tiap tahap siklus.
  3. 3. TAHAP-TAHAP PLC1. Perkenalan : suatu periode pertumbuhan penjualan yang lambat saat produk itu diperkenalkan ke pasar. Pd tahap ini tdk ada laba karena masih banyak biaya-biaya.2. Pertumbuhan : suatu penerimaan pasar yang cepat dan peningkatan laba yang mengesankan.3. Kemapanan : suatu periode penurunan dalam pertumbuhan penjualan karena produk telah mencapai penerimaan oleh sebagian besar pembeli potensial. Laba stabil atau menurun karena peningkatan pengeluaran pemasaran untuk mempertahankan produk dlm peraingan.4. Kemunduran : Periode saat penjualan menunjukkan arah menurun dan laba menipis.
  4. 4. SIKLUS HIDUP KATEGORI-PRODUK, BENTUK-PRODUK DAN MEREK Kategori produk : memiliki siklus hidup yg paling panjang ( surat kabar, rokok, kopi masuk tahap kemunduran. Handphone, faksimil di tahap pertmbuhan ). Bentuk produk : memperlihatkan sejarah PLC standar dgn lebih tepat daripada kategori produk. Mesin tik manual melewati tahap2 PLC penggantinya mesin komputer. Produk bermerek : dapat memiliki PLC yang pendek /panjang.
  5. 5. SIKLUS HIDUP GAYA, MODE DAN ISENG-ISENG Ada tiga kategori khusus untuk siklus hidup produk yg dpt dibedakan yg berhubungan dengan gaya(styles), mode (fashions) dan iseng-iseng ( fads) :1. Gaya adl cara ekspresi yg bersifat dasar dan khusus dalam lapangan usaha manusia ( gaya bentuk rumah, pakaian, seni )2. Mode adl gaya yg diterima saat ini atau populer dlm bidang ttt. ( pakaian jeans)3. Iseng2 adl mode yg segera diterima masyarakat, diikuti penuh semangat, mencapai puncak dlm waktu singkat dan mundur dlm waktu sangat cepat.
  6. 6. MODE melewati 4 tahap1. Distinctiveness stage ( keunikan) >> beberapa konsumen berminat untuk hal baru yg memissahkan mereka dengan konsumen lainnya.2. Emulation stage (penyamaan) >> konsumen lain menaruh perhatian dengan keinginan untuk menyamai pimpinan fashion.3. Mass-fashion stage ( masal) >> mode telah menjadi sangat populer & produsen menyesuaikannya dgn produksi masal.4. Decline stage ( kemunduran) >> konsumen beralih ke mode lain.
  7. 7. TAHAP PERKENALANLaba negatifProduk baru diluncurkanPenjualan rendahBiaya promosi dan distribusi tinggiHanya ada beberapa pesaing
  8. 8. STRATEGI Strategi peluncuran cepat : peluncuran pd harga tinggi dgn tingkat promosi tinggi. Strategi ini dgn asumsi, sebagian besar pasar potensial tdk menyadari produk ini; mereka yg tlah sadar ingin memiliki produk ini dan dpt membayar harga yg diminta ; prsh mendapat pesaing dan bermaksud membangun preferensi merek. Strategi peluncuran lambat : peluncuran dgn harga tinggi dengan sedikit promosi. dpt dilaksanakan dgn asumsi : ukuran pasar terbatas ; sebagian besar pasar sadar akan produk ini ; pembeli bersedia membeli dgn harga tinggi ; blm ada persaingan dlm waktu dekat.
  9. 9.  Strategi penetrasi cepat : peluncuran pada harga rendah dgn biaya promosi tinggi. asumsi : pasar luas ; pasar tdk menyadari kehadiran produk ; sebagian besar sensitif thd harga ; ada persaingan dan cos/u turun sejalan dgn skala produksi. Strategi penetrasi lambat : peluncuran dengan harga rendah dan tingkat promosi rendah. Asumsi : pasar besar ; pasar sangat sadar akan produk ; sensitif thd harga dan ada kemungkinan peraingan.
  10. 10. PERTUMBUHAN Terjadi lonjakan cepat dalam penjualan. Konsumen menengah mayoritas mulai membeli produk tsb. Pesaing baru mulai masuk pasar. Harga relatif tetap selama permintaan masih meningkat. Penjualan meningkat sangat cepat, shg mengakibatkan penurunan dalam rasio promosi-penjualan.
  11. 11. STRATEGI Perusahaan meningkatkan kualitas produk dan menambahkan ciri baru pada produk dan peningkatan gaya. Perusahaan menambahkan model baru dan produk pengapit. Perusahaan memasuki segmen baru. Perusahaan meningkatkan cakupan distribusinya dan memasuki saluran distribusi baru. Beralih dari iklan sadar akan produk ke iklan preferensi produk. Perusahaan menurunkan harga untuk menarik pembeli yang sensitif harga di lapisan berikutnya.
  12. 12. KEMATANGAN Pertumbuhan penjualan melambat. Dalam artian prosentase kenaikkan penjualan mengalami penurunan.
  13. 13. Tahap kemapanan di bagi 3 fase :1. Kemapanan tumbuh, ; tingkat pertumbuhan penjualan mulai menurun, tdk ada saluran distribusi baru yg dapat di isi.2. Kemapanan stabil ; penjualan merata dalam basis per kapita karena kejenuhan pasar, sebagian besar konsumen potensial telah mencoba produk itu, dan penjualan masa depan di tentukan oleh pertumbuhan populasi dan permintaan penggantian.3. Kemapanan goyah ; tingkat penjualan absolut sekarang mulai menurun & pelanggan beralih ke produk lain.
  14. 14. STRATEGI1. Modifikasi pasar ; perusahaan dapat mencoba memperluas pasar untuk merknya yg mapan dgn mengatur dua faktor yg menghasilkan volume penjualan. Volume = jml pemakai merk x tingkat pemakaian/pemakai.
  15. 15. Cara meningkatkan jml pemakai per pemakai1. Mengubah orang yg bukan pemakai ( contoh ; kunci pertumbuhan jasa penerbangan adalah usaha konstan mencari pemakai baru di mana prsh dapat mendemontrasikan manfaat penggunaan pernerbangan udara dari pada darat.2. Memasuki segmen pasar baru (geografis / demografis)3. Menangkan pelanggan pesaing (pepsi cola menarik konsumen coca cola)
  16. 16. 2. MEMODIFAKASI MARKETING MIX ; mendorong penjualan dgn memodifikasi satu atau lebih elemen bauran pemasaran.3. MODIFIKASI PRODUK ; misalnya meningkatkan kinerja fungsional produk-daya tahan, keandalan, kecepatan, rasa dll
  17. 17. KEMUNDURAN sebab ???? Penjualanmengalami penurunan. Dikarenakan perkembangan teknologi Pergeseran selera konsumen Meningkatnya persaingan.
  18. 18. STRATEGI Mengidentifikasi produk lemah Menentukan strategi pemasaran (meningkatkan investasi peruahaan ; hal ini untuk memperkuat posisi kompetitifnya, ; mempertahankan tingkat investasi prsh sampai ketidakpastian mengenai industri terpecahkan ; mengurangi tingkat investasi prsh scr selektif ; memeras investasi prsh untuk memperoleh kas secepatnya ; lepaskan bisnis. Keputusan untuk menghentikan.
  19. 19. Laba adalah imbalan yang anda dapatbila anda mengambil manfaat dariperubahan Joseph Schumpeter
  20. 20. ......... TERIMA KASIH.......

×