Pasar persaingan monopolistik

10,045 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
10,045
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
80
Actions
Shares
0
Downloads
274
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pasar persaingan monopolistik

  1. 1.  Pasar persaingan monopolistik lebih mendekati struktur pasar persaingan sempurna (dicirikan dengan banyak perusahaan yang berpartisipasi dan tanpa batasan masuk industri yang serius) tetapi perusahaan yang berkiprah di pasar menghasilkan komoditas yang berbeda karateristik. Pasar dengan banyak produsen yang menghasilkan komoditas berbeda karakteristik (differentiated product) Contoh restourant cepat saji meskipun menyediakan komoditas sama tetapi komoditas yang dihasilkan berbeda satu sama lain.
  2. 2. 1. Terdapat cukup banyak pengusaha2. Komoditas berbeda karakteristik (differentiated product) diferensiasi riil ← variasi karakteristik fisik diferensiasi artifisial ← variasi produk pada kemasan, merek, promosi, cara pembayaran3. Perusahaan memiliki sedikit kekuasaan mempengaruhi harga4. Rendahnya hambatan memasuki industri5. Persaingan promosi penjualan sangat aktif.
  3. 3. Ciri : kurva permintaanmonopolistik lebih elastisdibanding monopoli; tetapi tidakmencapai elastis sempurnasebagaimana yang dihadapi pasarpersaingan sempurna.
  4. 4. harga MC P A AC C B D MR 0 Q1 Output
  5. 5. P MC D AC E Dalam jangka panjangP2 setiap perusahaan D hanya mendapat keuntungan normal D* MR MR* 0 Q2 Jumlah barang
  6. 6. 1. Dalam pasar monopolistik tidak terdapat hambatan yang serius bagi perusahaan baru untuk memasuki industri, maka keuntungan yang melebihi normal penyebabkan bertambahnya jumlah perusahaan di pasar.2. Masuknya perusahaan menggeser kurva permintaan D dan MR ke sebelah kiri dan akan terus berlangsung sampai perusahaan memperoleh keuntungan normal saja.3. Karakteristik kegiatan monopolis saat mendapat keuntungan normal berbeda dengan persaingan sempurna yang juga memperoleh keuntungan normal. Perbedaan terlihat dari harga dan biaya produksi dipasar persaingan monopolistik yang lebih tinggi dan belum mencapai tingkat yang optimal (yaitu tingkat produksi dengan biaya produksi per unit yang terendah)
  7. 7. 1. Efisiensi dan Diferensiasi produksi - variasi komoditas menimbulkan keuntungan bagi konsumen dan produsen2. Inefisiensi Pasar Persaingan Monopolistik - perushaan tidak beroperasi pada LAC minimum - setiap perusahaan menghasilkan output pada tingkat harga yang lebih tingggi dari MC3. Perkembangan Teknologi dan Inovasi - memberikan dorongan terbatas untuk melakukan perbaikan teknologi dan inovasi karena dalam jangka panjang perusahaan memiliki laba normal.4. Persaingan Bukan Harga5. Promosi Penjualan Melalui Iklan6. Distribusi Pendapatan
  8. 8. Diketahui fungsi permintaan perusahaan“Herlambang” dalam pasar persainganmonopolistik adalah P = 100 – 2Q.Sedangkan fungsi biayanya adalah TC = 5+ 2Q. Dalam hal ini P = tingkat harga, Q =tingkat output dan TC = biaya total.Tentukan kombinasi harga dan tingkatproduksi yang memaksimumkankeuntungan perusahaan. Hitunglah labayang diperoleh perusahaan?

×