Ghazwul fikr

2,054 views

Published on

Ghazwul Fikri

Published in: Spiritual
0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,054
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
135
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ghazwul fikr

  1. 1. HILMAWAN HALID OLEH: GHAZWUL FIKR
  2. 2.  Pengertian ghazwul fikr dapat dilihat dari segi bahasa dan segi istilah. Ghazwul serangan, serbuan, invasi Fikr pemikiran Menurut bahasa : Menurut Istilah : Ghazwul Fikr Penyerangan dengan berbagai cara terhadap pemikiran umat Islam guna merubah apa yang ada di dalamnya sehingga tidak lagi bisa mengeluarkan darinya hal-hal yang benar karena telah tercampur aduk dengan hal-hal yang tidak islami.
  3. 3. Mengapa kita harus memahami ghazwul fikr ???  Mengenal musuh Islam.  Mengenal sarana-sarana yang dapat memukul Islam  Mengenal keadaan alam Islam  Menghindari keraguan dalam Islam.  Menjadikan dakwah kepada Allah dengan melihat ayat-ayat-Nya
  4. 4.  Tidak akan ridha nashrani & tidak akan pernah ridha Yahudi sampai kalian mengikuti millah mereka (tata cara & mentalitas berpikir). Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pegetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung & penolong bagimu. (QS.2:120)  Tidak henti-hentinya mereka memerangi kalian sampai kalian murtad dari agama kalian…(QS.2:217)
  5. 5. Sasaran dari ghazwul fikr itu sendiri antara lain :  Menjauhkan umat Islam dari diennya.  Berusaha memasukkan orang yang kosong keislamannya kedalam agama kafir.  Memadamkan cahaya Allah.
  6. 6. Ghazwul fikri dilaksanakan dengan cara melakukan dua tipudaya dasar yang disusupkan dalam fikrah (pemikiran) ummat Islam. takhwif Usaha untuk menimbulkan rasa takut kepada selain Allah. tadl-lil usaha pengkaburan berbagai konsepsi dalam fikrah Islami
  7. 7. Sedangkan metoda-metoda ghazwul fikr antara lain: A. Membatasi supaya Islam tidak tersebar luas. yaitu melalui : 1. Tasykik (Pendangkalan/peragu-raguan), yaitu gerakan yang berupaya menciptakan keragu-raguan dan pendangkalan kaum muslimin terhadap agamanya. 2. Pencemaran/pelecehan, yaitu upaya orang kafir untuk menghilangkan kebanggan kaum muslimin terhadap Islam dan menggambarkan Islam secara buruk. 3. Tadhlil (penyesatan), yaitu upaya orang kafir untuk menyesatkan umat Islam dengan cara halus sampai kasar. 4. Taghrib (westernisasi), yaitu gerakan yang sasarannya untuk mengeliminasi Islam, mendorong kaum muslimin untuk menerima seluruh pemikiran dan perilaku barat.
  8. 8. B. Menyerang Islam dari dalam yaitu melalui : 1. Penyebaran sekularisme, yaitu usaha memecahkan antara agama dengan kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 2. Penyebaran nasionalisme, yang dapat membunuh ruh ukhuwah islamiyah. 3. Pengrusakan ahlak umat Islam terutama generasi mudanya.
  9. 9. Ghazwul fikr dapat menyebar melalui berbagai sarana, yang dikenal dengan 3F dan 5S, dimana 3F itu terdiri dari Food (makanan), Fun (Hiburan), Fashion (Cara berpakaian). Sedangkan 5S terdiri dari Song (lagu), Sex, Sport (olahraga), Shopping (berbelanja/konsumerisme), dan science (ilmu pengetahuan).
  10. 10.  “Percuma kita memerangi umat Islam, kita tidak akan mampu menguasainya selama didada pemuda-pemuda Islam ini bertengger Al-Qur’an. Tugas kita sekarang adalah mencabut Al-Qur’an dihati-hati mereka, baru kita akan menang dan menguasai mereka.”  “Minuman keras dan musik lebih menghancurkan ummat Muhammad drpd seribu meriam, oleh karena itu, tanamkanlah dalam hati mereka rasa cinta terhadap materi dan seks“ (Gleed Stones, mantan PM Inggris)
  11. 11. Beberapa tindakan nyata yg telah mereka lakukan dan propagandakan:  Tidak mau menerapkan syariat (hukum) Islam, dengan berbagai alasan. Semestinya mereka membaca dulu apa itu syariat Islam.  Al Qur’an = kitab porno  Jilbab = budaya Arab
  12. 12. Kemunduran umat Islam terjadi karena faktor-faktor berikut: 1. Pertentangan politik. Gontok2an sesama pemimpin Islam mengakibatkan politik diambil alih/dikuasai oleh non Islam. Ujung2nya, umat Islam menderita (lagi). 2. Pertentangan mazhab akibat fanatisme (berlebihan), kebodohan (pengikut) dan hawa nafsu (pemimpin2nya). 3. Pengaruh agama2 terdahulu. Sebagai contoh, umat Islam di Indonesia begitu kental ‘warnanya’ (dalam cara beribadah) akibat pengaruh Hindu. 4. Serangan asing (non muslim), berupa gerakan militer dan perlawanan pemikiran.
  13. 13. Fenomena terbaru Ghazwul Fikr adalah: 1. Pemalsuan Islam, dilakukan dg cara: - Memalsukan Al Qur’an. - Memalsukan As Sunnah (termasuk di dalamnya hadits2) - Memalsukan pribadi Rasululloh SAW (termasuk dengan menghina, melecehkan, membuat gambar kartun/karikatur Rasululloh SAW) - Memalsukan sejarah Islam (dgn mengabaikan ilmuwan2 Islam atau mengaburkan fakta2) - Memalsukan sistem kehidupan Islam (tidak mementingkan syariat Islam). 2.Pembaratan Islam (mengajak kaum muslim bergaya hidup seperti orang barat): - Penetapan dan perubahan kurikulum pendidikan - Penyebaran kehidupan sosial ala barat
  14. 14. Bagaimana cara menangkal Ghazwul Fikr? Banyak cara untuk menangkal dan memukul balik Ghazwul Fikr ini, diantaranya: 1.Mencari alternatif pendidikan, pemikiran, ekonomi, dan seterusnya, yang sesuai dengan ajaran Islam 2.Memberi pengetahuan tentang Ghazwui Fikr, sehingga umat Islam tidak terkecoh 3.Para penulis Muslim perlu melakukan counter (serangan balik) terhadap tulisan2 yg menyerang Islam. 4.Mengingatkan lembaga pendidikan + lembaga dakwah Islam agar mewaspadai terhadap pemikiran yg sesat. 5. (bagi yg merasa ilmunya tidak cukup memadai) Menjauhi pengaruh GF. Bagi yg ilmunya dirasa mumpuni, justru HARUS banyak mengenal GF, agar bisa melakukan counter.
  15. 15. Umat Islam sendiri hendaknya: 1.Hanya mengerjakan yang bermanfaat (dunia-akhirat). 2. Mencoba kembali kepada ALLOH SWT (apabila tertimpa musibah, dst) 3. Jangan minder. Yakinlah bahwa kita setara dengan orang2 barat. tapi tentunya tidak sekedar ucapan belaka. 4. Jika ada musibah, jangan cari kambing hitam, tapi hendaklah berserah pada ALLOH SWT. Pandang optimis ke masa depan, jangan terpaku ke masa lalu.
  16. 16. SEKIAN ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

×