Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Topologi jaringan komputer

1,547 views

Published on

  • Be the first to comment

Topologi jaringan komputer

  1. 1. AMIROH, S.Kom SMKN 3 JOMBANG - 2013
  2. 2. TUJUAN PEMBELAJARAN  Siswa dapat mengidentifikasi jenis topologi jaringan komputer  Siswa dapat menjelaskan kelebihan dan kelemahan topologi bus, star, ring, tree dan mesh
  3. 3. TOPOLOGI JARINGAN  Merupakan suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainya sehingga membentuk sebuah Jaringan  Topologi Jaringan menentukan pola hubungan antara komponen-komponen dalam berkomunikasi melalui perantara jaringan.
  4. 4. JENIS TOPOLOGI
  5. 5. TOPOLOGI BUS  Topologi bus atau juga disebut linear merupakan tOpologi jaringan yang paling sederhana.  Topologi ini umumnya menggunakan kabel coaxial dengan konektor BNC dan setiap ujung kabel diberikan beban end (T-connector) dengan impedansi 50 ohm.
  6. 6.  Apabila terjadi kerusakan pada satu koneksi, maka akan menyebabkan seluruh jaringan tidak berfungsi.  Transformasi data pada topologi ini mudah terjadi tabrakan (colision) karena terjadi proses dua arah dalam satu medium kabel.
  7. 7.  Instalasi jaringan Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer.  Pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain Repeater
  8. 8. VIDEO TOPOLOGI BUS
  9. 9. TOPOLOGI RING  Setiap komputer yang dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin.
  10. 10.  Sesuai dengan namanya, topologi ini membetuk lingkaran tertutup.  Topologi ini umumnya menggunakan kabel coaxial dan konektor BNC, tetapi tanpa ada end connector.  Transformasi data terjadi dalam satu arah, sehingga terjadinya colision bisa dikurangi.  Kerusakan dalam sebuah koneksi menyebabkan tidak berfungsinya seluruh jaringan.
  11. 11.  Kekurangan dari topologi ini adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang di lewatkan dalam jaringan, sehingga jika terdapat ganguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu.  Peka Kesalahan  Pengembangan Jaringan Lebih Baku
  12. 12.  Tidak terjadinya Collision atau tabrakan pengiriman data seperti pada Topologi Bus, karen hanya satu node dapat mengirim data pada suatu saat.  Hemat kabel Repeater
  13. 13. VIDEO TOPOLOGI RING
  14. 14. TOPOLOGI STAR  Topologi ini paling banyak digunakan karena maintenance yang mudah.  Kabel yang digunakan dalam topologi ini umumnya UTP (Unshielded Twisted Pair) dengan konektor RJ-45 dan HUB/Switch sebagai pembagi koneksi.
  15. 15.  Terjadinya colision pada topologi ini sangat jarang.  Apabila terjadi kerusakan pada sebuah koneksi maka tidak mengganggu fungsi keseluruhan jaringan. HUB/Switch HUB/SWITCH Cascading
  16. 16. VIDEO TOPOLOGI STAR
  17. 17. Topologi Tree  Topologi pohon atau di sebut juga topologi hirarki dan bisa juga disebut topologi bertingkat  Merupakan kombinasi karakteristik antara topologi bintang dan topologi bus.  Terdiri atas kumpulan topologi bintang yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai jalur tulang punggung atau backbone.  Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung.
  18. 18.  Pemasangannya relatif mudah, karena setiap alat atau computer hanya membutuhkan satu port I/O.  Deteksi kesalahan cukup mudah.  Kerusakan pada salah satu link tidak mempengaruhi sambungan yang lain, asalkan hub masih berfungsi.  Adanya hub sekunder memungkinkan lebih banyak perangkat yang dapat tersambung ke sebuah hub sentral, sehingga menambah jarak jangkauan jaringan.
  19. 19.  Secara umum kelemahan topologi tree sama dengan kelemahan topologi star.  Jaringan topologi tree ini sangat tergantung pada pengendali pusat (hub).  Tidak mungkin dilakukan komunikasi langsung dari satu computer ke computer lain, karena semua transmisi harus memalui hub.
  20. 20. TOPOLOGI MESH  Topologi mesh menghubungkan point to point atau satu-satu ke setiap computer  Topologi ini bisa menggunakan kabel coaxial, twisted pair atau fiber optic.  Pada topologi mesh tiap komputer terhubung langsung dengan komputer lain (peer to peer)  Setiap komputer mempunyai jalur sendiri-sendiri dengan komputer lain, sehigga tidak akan terjadi collision domain.  Topologi ini jarang sekali digunakan karena sangat boros kabel dan jika komputer yang digunakan banyak maka instalasi kabel jaringan rumit.
  21. 21. TOPOLOGI HYBRID  Jaringan yang dibentuk dari berbagai topologi dan teknologi.
  22. 22.  Fleksibilitas  Menambah koneksi perangkat lainnya adalah mudah, karena node baru dan / atau periferal dapat dihubungkan ke topologi dan kata topologi dapat dihubungkan dengan topologi hybrid dengan mudah.
  23. 23.  Pengelolaan sulit  Biaya mahal dibanding topologi lainnya  Instalasi dan konfigurasi topologi sulit
  24. 24. TERIMA KASIH 

×