Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tugas pemrograman3 penjelasandecode&encode_1100631020

0 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Tugas pemrograman3 penjelasandecode&encode_1100631020

  1. 1. TUGAS PEMROGRAMAN III Disusun Oleh : Lucky Anugerah Pratama 1100631020 – MI/A FAKULTAS TEKNIK JURUSAN MANAJEMEN INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER 2013
  2. 2. Apa itu JSON? JSON (JavaScript Object Notation) adalah Standar terbuka berbasis text yang ringan dan dirancang untuk pertukaran data yang bersifat human-readable. JSON berasal dari bahasa pemrograman javascript untuk mempresentasikan struktur data sederhana dan array asosiatif yang disebut dengan object. Walaupun hubungannya dengan javascript nyatanya JSON adalah independen dengan parser yang tersedia untuk hampir semua bahasa pemrograman. Pada Pembahasan akan dibahas JSON dengan bahasa pemrograman PHP. JSON merupakan bagian dari bahasa pemrograman JavaScript (Standard ECMA-262 3rd Edition – December 1999). JSON merupakan format teks yang sepenuhnya independen tetapi menggunakan konvensi yang familiar dengan bahasa pemrograman dari keluarga-C, termasuk C, C++, C#, Java, JavaScript, Perl, Python, dan sebagainya. Kelebihan inilah yang membuat JSON menjadi sebuah bahasa data-interchange yang ideal. JSON dibangun dalam dua struktur: 1. Beberapa pasangan dari nama/nilai. Dalam beberapa bahasa perograman biasa disebut dengan istilah object, record, struct, tabel hash, key list atau associative array. 2. Nilai-nilai yang terusun secara ordered list. Biasa disebut dengan array, vector, list atau daftar dalam bahasa pemrograman. Format data JSON mempunyai aturan sebagai berikut:
  3. 3.  Object adalah satu set nama/nilai yang tidak terurut (An object is an unordered set of name/value pairs). Penulisan object dimulai dengan tanda { (left brace) dan diakhiri dengan tanda } (right brace). Setiap nama diikuti oleh tanda : (colon) dan pasangan nama/nilai dipisahkan dengan tanda , (comma). Object dalam JSON  Array adalah sekumpulan nilai yang teratur (An array is an ordered collection of values). Penulisan sebuah array dimulai dengan tanda [ (left bracket) dan diakhiri dengan tanda ] (right bracket). Nilai dipisahkan menggunakan tanda , (comma). Array dalam JSON  Nilai bisa berupa string dalam tanda kutip, atau number (angka), TRUE atau FALSE atau NULL, sebuah object atau sebuah array. Struktur ini dapat ditulis menggunakan metode bersarang. Value atau nilai dalam format JSON  String adalah rangkaian atau urutan karakter unicode yang berada dalam tanda kutip, bisa juga hanya berisi karakter kosong, menggunakan tanda (backslash) untuk escape. Karakter di representasikan sebagai string tunggal. Tipe data string pada JSON sangat mirip dengan definisi pada bahasa C atau Java.
  4. 4. Tipe data string pada format JSON  Number sangat mirip dengan definisi pada bahasa C atau Java, hanya saja tipe bilangan oktal dan heksadesimal tidak digunakan.  Ruang kosong (Whitespace) dapat diselipkan diantara pasangan atau token apa saja. Kecuali detail encoding, yang secara jelas akan berfungsi untuk menjelaskan bahasa yang digunakan. JSON sangat berguna saat kita sering melakukan pertukaran data pada sebuah aplikasi. Contoh nyata adalah penggunaan tabulasi menggunakan JqGrid, yang merupakan salah satu plugin jQuery untuk menampilkan data dalam bentuk spreadsheet. Plugin ini juga mendukung format JSON, selain format XML.
  5. 5. Json Pada PHP? Funsi json pada php ada 2 yaitu 1. json_encode : untuk merubah array ke bentuk json. 2. json_decode : sebaliknya dari bentuk json ke array Contoh untuk dapat mengethaui detail akun Facebook kita. Langkah awal, kita Login terlebih dahulu pada akun Facebook kita masing – masing. Selanjutnya buka Tab / Tautan baru. Kemudian ketik URL berikut : https://graph.facebook.com/luckyz.pratamaz (sesuai dengan Username akun Facebook kita masing – masing). Maka secara otomatis akan muncul secara detail akun Facebook kita.
  6. 6. Selanjutnya membuat DecodeFacebook1.PHP dengan mengunakan applikasi Java source code berikut. Kemudian setelah dijalankan pada localhost, maka hasil akan seperti pada gambar berikut. Keterangan: Dari hasil Gambar output diatas masih terdapat String dan Jumlah karater
  7. 7. Selanjutnya membuat DecodeFacebook2.PHP dengan mengunakan applikasi Java source code berikut. Kemudian setelah dijalankan pada localhost, maka hasil akan seperti pada gambar berikut. Keterangan: Sudah tidak terdapat String dan Jumlah karakter
  8. 8. Selanjutnya membuat DecodeFacebook3.PHP dengan mengunakan applikasi Java source code berikut. Kemudian setelah dijalankan pada localhost, maka hasil akan seperti pada gambar berikut. Keterangan: Sudah sesuai Contoh : https://graph.facebook.com/luckyz.pratamaz.
  9. 9. Contoh penerapan fungsi Json_encode pada data array yang terdapat pada Id akun Facebook. Kemudian setelah dijalankan pada localhost, maka hasil akan seperti pada gambar berikut. Contoh untuk dapat mengethaui detail akun Github kita. Langkah awal, kita Login terlebih dahulu pada akun Github kita masing – masing. Selanjutnya buka Tab / Tautan baru. Kemudian ketik URL berikut : https://api.github.com/users/umjembersoft (sesuai dengan Username akun Github kita masing – masing). Maka secara otomatis akan muncul secara detail akun Github.
  10. 10. Selanjutnya membuat DecodeUserGithub.PHP dengan mengunakan applikasi Java source code berikut.
  11. 11. Membuat EncodeGithub.PHP sesuai Anggota dari User unmuhjembersoft dengan account LuckyAnugrah.. Kemudian setelah dijalankan pada localhost, maka hasil akan seperti pada gambar berikut.
  12. 12. TUGAS Membuat Decode Biodata dan Encode Biodata. TugasDecodeBiodata.PHP. Hasil Output:
  13. 13. TugasEncodeBiodata.PHP Hasil Output:

×