Aspek perkembangan sosial

7,649 views

Published on

2 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
7,649
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
13
Actions
Shares
0
Downloads
110
Comments
2
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Aspek perkembangan sosial

  1. 1. DI SUSUN:ULIL MAUNATUL CHOIRIYAH 111-11-143
  2. 2. PENGERTIAN ASPEKPERKEMBANGAN SOSIAL perolehan kemampuan berprilaku yang sesuai dengan tuntutan social. Seseorang menjadi lebih mampu bermasyarakat ( sozialized) dan memerlukan tiga prosese. Masing- masing proses terpisah dan sangat berbeda satu sama lain, tetapi saling berkaitan.
  3. 3. PROSES SOSIALISASI:1. Belajar berprilaku yang dapat diterima secara social;2. Memainkan peran sosial yang dapat diterima;3. Perkembangan sikap social;
  4. 4. PERBEDAAN Orang yang social dannonsosial:Orang yang social Orang yang nonsosial mereka yang perilakunya adalah orang yang mencerminkan perilakunya tidak keberhasilan didalam mencerminkan tiga proses sosialisasi, keberhasilan dalam sehingga mereka cocok ketiga proses yang dengan kelompok menjadi ciri khas tempat mereka seorang yang menggabungkan diri dan mempunyai sifat social. diterima sebagai anggota kelompok.
  5. 5. Factor yang ikut mempengaruhiperbedaan pengaruh kelompoksocial : Kemampuan untuk dapat diterima kelompok. Keamanan karena status dalam kelompok. Tipe kelompok. Perbedaan anggota dalam kelompok. Kepribadian. Motiv menggabungkan diri.
  6. 6. POLA PERKEMBANGAN SOSIAL Perkembangan social mengikuti suatu pola, yaitu suatu urutan perilaku social yang teratur, dan pola ini sama pada semua anak di dalam suatu kelompok budaya. Pada waktu berumur 10 tahun, anak dapat mengubah sebagian dorongan hati kearah yang sesuai dengan harapan kelompok social.
  7. 7. PERKEMBANGAN SOSIAL PADAMASA KANAK-KANAK AWAL Dari umur 2-6 tahun, anak belajar melakukan hubungan social dan bergaul dengan orang-orang di luar lingkungan rumah, terutama dengan anak-anak yang umurnya sebaya. Masa kanak-kanak awal sering disebut “usia pragang” (pregang age). Pada masa ini sejumlah hubungan yang dilakukan anak dengan anak-anak lain meningkat dan ini sebagian menentukan bagaimana gerak maju perkembangan social mereka. Anak yang mengikuti pendidikan prasekolah melakukan penyesuaian social yang lebih baik dibandingkan dengan anak-
  8. 8. Lanjutannya…..anak yang tidak mengikuti pendidikan prasekolah. Alasannya adalahmereka dipersiapkan secara lebih baik untuk melakukan partisipasi yangaktif dalam kelompok dibandingkan dengan anak-anak yang aktivitassosialnya terbatas dengan anggota keluarga dan anak-anak dari lingkungantetangga terdekat.
  9. 9. PERKEMBANGAN SOSIAL PADA MASAKANAK-KANAK AKHIR Pada waktu mulai sekolah, anak memasuki “usia gang” – yaitu usia yang pada saat itu kesadaran social berkembang pesat. Menjadi pribadi yang social merupakan salah satu tugas perkembangan yang utama dalam periode ini.
  10. 10. Gang masa kanak-kanak: Gang masa kanak-kanak muerpakan suatu kelompok setempat yang spontan yang kekuasaannya tidak diberi dari luar dan tidak mempunyai tujuan yang diterima secara social.
  11. 11. PERKEMBANGAN SOSIAL PADAMASA PUBER Pada sebagian besar anak, rintangan dalam prosese sosialisasi ini hanya merupakan selingan yang terasa tidak menyenangkan selama berlangsungnya tetapi meninggalkan kesan yang sedikit kurang baik.
  12. 12. Mulainya perilaku antisocial dan penyebabnya: Mulainya perilaku sosial:  Penyebab perilaku antisocial: Masa puber dimulai Perilaku social pada masa sekitar setahun lebih awal puber sebagian merupakan hasil dikalangan anak perempuan perubahan kelenjar dan fisik dibandingkan dengan anak laki- yang pesat dan besar laki. Usia rata-rata dimulainya pengaruhnya. Pergolakan fisik perubahan pubertas pada anak semacam itu yang pada masa perempuan adalah usia 11 tahun, puber tidak dapat terjadi tanpa dan pada anak laki-laki 12 mempengaruhi perilaku. tahun. Perilaku antisocial, mungkin sampaui pada sampai pada derajat yang sangat besar , bergantung pada factor lingkungan.
  13. 13. BAHAYA DALAM PERKEMBANGANSOSIAL: Diantara bahaya yang kurang serius dalm perkembangan social ialah keterlantaran social, terlalu banyak partisipasi social, ketergabtungan yang berlebihan, penyesuaian diri yang berlebihan, dan tidak menyesuaikan diri. Semua ini kemungkinan besar dapat diperbaiki jika anak menjadi anggota gang. Bahaya paling besar adalah prasangka dan perilaku puber yang anti social karena hal tersebut menimbulkan konsep diri dan reputasi yang kurang baik. Pematangan seksual yang menyimpang berbahaya terutama bagi sosialisasi yang baik karena pengaruhnya terhadap penyesuaian pribadi dan sisial cenderunh menetap.

×