Konsep dasar manajemen

6,695 views

Published on

konsep dasar manajemen

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
6,695
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
120
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Konsep dasar manajemen

  1. 1. KONSEP DASAR MANAJEMEN Di susun oleh : Lilik Choirotul Mafula (115020200111111) Mata kuliah : Akuntansi Manajemen Kelas : BF
  2. 2. PENGERTIAN AKUNTANSI MANAJEMEN Akuntansi manajemenadalah proses dalam suatuorganisasi untuk menyediakaninformasi yang akan digunakanoleh para manajer dalamperencanaan, pengara-han, dan pengendalianaktivitas organisasi.
  3. 3. AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI SALAH SATU JENIS INFORMASI Akuntansi manajemen ini berlaku untuk semua organisasi. Akuntansi manajemen ini digunakan oleh perusahaan yang profit-oriented, perdagangan, keuangan, dan layanan bisnisdan juga dari semua jenis organisasi nirlaba Istilah akuntansi manajemen juga digunakan untuk menggambarkan informasi yang dikumpulkan, diringkas, dilaporkan, dan dianalisis dalam proses akuntansi managemen. Informasi yaitu fakta, data, pandangan (persepsi) atau hal lain yang menambah pengetahuan. Akuntansi manajemen yaitu suatu ringkasan informasi dan untuk memahaminya diperlukan data mentah yang dipakai untuk membuat ringkasan informasi tersebut.
  4. 4. TIPE INFORMASI AKUNTANSI Biaya, pendapatan atau Uses harta bangunan Historical data future estimates1. Full Pelaporan keuangan Pemrograman normal eksternal (terutama pricing decisions persediaan dan biaya penjualan) menganalisis Kinerja ekonomi tipe biaya kontrak2. Differential - Alternatif pilihan keputusan (termasuk harga kontribusi)3. Responsibility Menganalisis kinerja Penganggaran manager dan (budgeting) motivasi manajer
  5. 5. PERBEDAAN AKUNTANSI MANAJEMEN DENGAN AKUNTANSI KEUANGAN Kebutuhan : akuntansi keuangan wajib mengumpulkan data sesuai dengan persyaratan dari FASB, SEC, IRS dan pihak luar lainnya, sedangkan akuntansi manajemen lebih opsional. Tujuan : akuntansi keuangan menghasilkan keputusan keuangan sendangkan akuntansi manajemen membantu manajer dalam menjalankan fungsi manajemen (planning, coordinating dan controlling) Pengguna akuntansi keuangan adalah pemegang saham, kreditur dan pihak-pihak lain di luar organisasi sedangkan peengguna ankuntansi managemen adalah manager dan orang-orang yang membantu manajer dalam menganalisis informasi tersebut
  6. 6. LANJUTAN PERBEDAAN AKUNTANSI MANAJEMEN DENGAN AKUNTANSI KEUANGAN Struktur dasar, dalam akuntansi kuangan hanya ada persamaan dasar yaitu harta = kewajiban + ekuitas pemilik, sedangkan dalam akuntansi manajemen ada tiga jenis akuntansi yang mengatur prinsip-prinsip sendiri. Prinsip yang berlaku, akuntansi keuangan menggunakan prinsip yang berlaku umum (GAPP), sedangkan akuntansi manajemen tidak terikat dengan prinsip akuntansi yang lazim. Orientasi waktu, Dalam informasi akuntansi keuangan dasar yang digunakan untuk membuat rencana masa depan berupa catatan yang dibuat setelah terjadi transaksi (sebuah sejarah dari transaksi).Sedangkan akuntansi manajemen meliputi, dalam struktur formal, nomor yang mewakili perkiraan dan rencana untuk masa depan, serta informasi tentang masa lalu
  7. 7. LANJUTAN PERBEDAAN AKUNTANSI MANAJEMEN DENGAN AKUNTANSI KEUANGAN Information content (kandungan informasi), dalam akuntansi manajemen menginformasikan data keuangan dan non keuangan, namun lebih banyak data non keuangannya sedangkan dalam akuntansi keuangan menginformasikan data keuangan perusahaan saja. Information precision (keakuratan informasi), Akuntansi manajemen kurang menekankan pada keakuratan bila dibandingkan dengan akuntansi keuangan. Report frequency, laporan keuangan dibuat secara rinci setiap tahun dan laporan triwulan untuk sementara. Sebaliknya perusahaan membuat laporan akuntansi manajemen setiap bulan secara rinci dan laporan tentang kegiatan tertentu dapat dibuat mingguan, harian, bahkan dapat pula di buat perjam.
  8. 8. LANJUTAN PERBEDAAN AKUNTANSI MANAJEMEN DENGAN AKUNTANSI KEUANGAN Report timelines, Laporan akuntansi keuangan didistribusikan beberapa minggu setelah penutupan periode akuntansi, sedangkan laporan akuntansi manajemen biasanya dikeluarkan dalam beberapa hari dari akhir bulan (atau keesokan harinya, untuk laporan harian. Report entity, Laporan keuangan menggambarkan organisasi secara keseluruhan, sedangkan fokus utama akuntansi majamen pada bagian yang relatif kecil dari entitas, yaitu pada produk individu, pada kegiatan individu, atau pada divisi masing-masing, département, dan pusat-pusat tanggung jawab lainnya. Pertanggung jawaban, akuntansi keuangan pada tuntutan hukum, namun ancaman yang selalu hadir. Sengankan pertanggung jawaban pada akuntansi manajemen hampir tidak ada.
  9. 9. PERSAMAAN AKUNTANSI MANAJEMEN DENGAN AKUNTANSI KEUANGAN Dasarpembuatan laporan keuangan sama-sama menggunakan dasar GAPP. Dalam penyusunan laporan kuangan dan akuntansi manajemen sama-sama menggunakan informasi operasi.
  10. 10. KEDISIPLINAN SUMBER Penerapan akuntansi didasarkan pada dasar dan konsep yang dikembangkan dalam ilmu dasar atau disiplin. Sedangkan akuntansi keuangan memiliki disiplin sumber tunggal. Akuntansi keuangan dan bagian akuntansi managemant yang berkaitan dengan ekonomi, yang berkaitan dengan prinsip-prinsip yang mengatur keputusan tentang penggunaan sumber daya yang langka. Bagian lain dari akuntansi manajemen berkaitan dengan psycology sosial, yang berkaitan dengan prinsip-prinsip yang mengatur perilaku manusia dalam organisasi.
  11. 11. PENELITIAN UMUM TENTANG AKUNTANSI MANAJEMEN Angka yang berbeda Dalam akuntansi manajemen, ada biaya historis, biaya standar, biaya overhead, biaya variable, biaya lain-lain, biaya marjinal, biaya kesempatan, biaya langsung, perkiraan biaya, biaya penuh dan lain jenis biaya. Beberapa dari istilah ini sinonim, yang lainnya hampir tapi tidak cukup sinonim. Angka akuntansi adalah perkiraan Seperti halnya dengan pengukuran apapun, nomor akuntansi adalah perkiraan jumlah yang tepat dan akurat.
  12. 12. LANJUTAN PENELITIAN UMUM TENTANG AKUNTANSI MANAJEMEN Bekerja dengan data yang tidak lengkap Suatu keputusan manajemen harus dibuat, dan tidak dapat ditunda walau informasi mengenai masalah yang di bahas belum lengkap. Fakta bahwa akuntansi hanya bukti parsial jika ada masalah manajemen dapat diselesaikan hanya oleh pengumpulan dan analisis angka. Biasanya, ada faktor-faktor penting yang tidak bisa, atau belum, dikurangi menjadi istilah kuantitatif Manusia yang menyelesaikan masalah, bukan angka Faktanya angka hanya salah satu faktor yang membantu manajer dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi dalam perusahaan atau organisasinya, tanpa ada tindakan dari manager, maka angka tersebut tidaklah mempunyai arti.

×