Menganalisis peranan lembaga lembaga peradilan

14,980 views

Published on

salah satu materi PKN kelas 10 smk/sma

Published in: Education
0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
14,980
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
303
Actions
Shares
0
Downloads
0
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Menganalisis peranan lembaga lembaga peradilan

  1. 1. Disusun Oleh:1. Lia Rofiatun (02)MENGANALISIS PERANA LEMBAGA-LEMBAGA PERADILAN
  2. 2. 1. Badan-Badan Peradilan IndonesiaDari isi dan makna pada pasal 24 ayat 2 UUD 1945 dapat diketahuibahwa kekuasaan kehakiman di Indonesia dilakukan oleh:A. Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya, yaitu:1). Peradilan Umum2). Peradilan Agama3). Peradilan militer4). Peradilan Tata Usaha NegaraB. Mahkamah Konstitusi
  3. 3. 2. Peran Lembaga PeradilanSecara garis besarnya wewenang lembaga peradilan adalah sebagaiberikut:a. Peradilan umum berwenang menyelesaikan perkara perdata danperkara pidanab. Peradilan agama berwenang menyelesaikan perkara perdatadibidang tertentu atas permohonan orang yang bergama islamc. Peradilan militer berwenang menyelesaikan perkara pidanamiliter/tentara.d. Peradilan Tata Usaha Negara berwenang menyelesaikan perkaraTata Usaha Negar/administrasi Negara3. Fungsi atau Peran Aparat Hukuma. Polisipolisi berfungsi sebagai penyidik dan penyelidik. Yang artinya,penyidik sebagai pencari dan pengumpul bukti agar dengan bukti itudapat membuat terang tentang tindak pidana. Sebagai penyidikartinya sebagai pencari dan penemu suatu peristiwa yang didugasebagai tindak pidana guna menentukan dapat atau tidaknyadilakukan penyelidikan menurut cara yang diatur UU.
  4. 4. b. JaksaFungsi dan peran jaksa dalam upaya menegakkan keadilan cukupbanyak, diantaranya;1. Menerima dan memeriksa berkas perkara penyidikandari penyidik atau penyidik pembantu.2. Penuntut Umum3. Pembuat surat dakwaan4. Melaksanakan penetapan hakimc. Hakimhakim adalah pejabat peradilan negara yang diberi wewenang olehUndang-Undang berperan sebagai penerima, pemeriksa dan pemutus perkarapidana berdasarkan asas bebas, jujur, dan tidak memihak di sidang pengadilan dalamhal dan menurut cara yang diatur dalam Undang-Undang.
  5. 5. d. Penasehat Umumpenasehat hukum dalam istilah Bahasa Belanda disebut advocaatberfungsi dan berperan:1. sebagai lembaga peradilan dan institusi penegak hukum2. menegakkan keadilan berdasarkan hukum untuk kepentinganmasyarakat pencari keadilan.3. memberdayakan masyarakat dalam menyadari hak-hakfundamental mereka di depan hukum.4. menegakkan supremasi hukum dan HAM5. pemberi jasa konsultasi, negosiasi maupun dalam pembuatankontrak dagang.6. memberikan sumbangan berarti bagi pemberdaya masyarakatserta pembaharuan hukum nasional khususnya dibidang ekonomidan perdagangan termasuk dalam penyelesaian sengketa di luarpengadilan.
  6. 6. Sekian... terimakasih

×