Power point kelompok otak secara umum

6,576 views

Published on

0 Comments
11 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
6,576
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
6
Actions
Shares
0
Downloads
516
Comments
0
Likes
11
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Power point kelompok otak secara umum

  1. 1. CONTOH PENYAKIT TUMOR
  2. 2. Pembentukan tabung neural Profilensi seluler untuk membentuk calon sel neuron dan glia.Perpindahan selular dari germinal subependemal ke korteks. Deferensiasi selular menjadi neuron spesifikPerkembangan akson dan dendrit yang menyebabkan bertambahnya sinaps Elemenisi selektif neuron, sinaps, dan sebagainya untuk spesifikasi.
  3. 3. 1. Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron.2. Neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang di kenal sebagai potensi aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebutneurotransmiter. Neurotransmiter ini dikirimkan pada celah yang dikenal sebagai sinapsis. Avertebrata seperti serangga mungkin mempunyai jutaan neuron pada otaknya, vertebrata besar bisa mempunyai hingga 100 miliar neuron.
  4. 4. Berat otak : 2 % dari berat tubuh manusia. Volume : sekitar 1.350 cc Ukuran Otak : - Pria 1260 cm 3 - Wanita 1.130 cm 3Namun, Pada usia 20, seorang pria memiliki sekitar 176.000 km danseorang wanita, sekitar 149.000 km akson myelinated di otak mereka.
  5. 5. - Lobus Frontalismerupakan bagian lobusyang ada dipaling depandari Otak Besar. Lobus iniberhubungan dengankemampuan membuatalasan, kontrol perasaan,dsb . Lobus Oksipitalis ada di bagian paling belakang, berhubungan dengan rangsangan visual yang berperan sebagai pusat pengolahan data visual dan mengirim hasil pengolahannya ke lobus temporal dan parietal.
  6. 6. Lanjutan Lobus Parietalis berada di tengah, berhubungan dengan proses sensor perasaan seperti tekanan, sentuhan serta berperan dalam proses pengolahan data sensoris dan sistematika berpikir. Lobus Temporalis berada di bagian bawah berhubungan dengan kemampuan pendengaran, pemaknaan informasi dan bahasa dalam bentuk suara serta memahami, dan mengingat .
  7. 7. b. Batang OtakBatang otak (brainstem) berada di dalam tulang tengkorak atau ronggakepala bagian dasar dan memanjang sampai ke tulang punggung atausumsum tulang belakang. Bagian otak ini mengatur fungsi dasar manusiatermasuk pernapasan, denyut jantung, mengatur suhu tubuh, mengaturproses pencernaan, dan merupakan sumber insting dasar manusia yaitufight or flight (lawan atau lari) saat datangnya bahaya.
  8. 8. •Mesencephalon atau OtakTengah (disebut juga Mid Brain)adalah bagian teratasdari batang otak yangmenghubungkan Otak Pons bertugasBesar dan Otak Kecil. untukOtak tengah berfungsi menghubungkan dalam mengatur jalur sensoris gerakan tubuh dan dari medula pendengaran. spinalis ke talamus dan otak kecil (serebelum).
  9. 9. Formatio retikularis yang menyusun sistem fungsional yang dikenal sebagai sistem aktivasi retikuler adalah jalur pengumpan yang mengaktifkan bagian-bagian Serebelum korteks otak. berperan dalamproses koordinasi gerakan tubuh, mengontrol postur dan gestur, serta menjaga keseimbangan.
  10. 10. Medulaoblongata adalah daerah super penting yang mengatur dan mengendalikan proses bernapas, tidur bangun, jantung, dan peredaran darah.Inilah bagian yangmembuat manusia jahat .
  11. 11. Komponen limbik antara lain : Thalamus merupakan sebuah massa besar dari materi abu-abu terletak mendalam di otak bagian depan di bagian paling atas dari diencephalon. Struktur ini memiliki fungsi sensorik dan motorik. Hampir semua informasi sensorik memasuki struktur ini di mana neuron mengirim informasi tersebut ke korteks atasnya. Akson dari setiap sistem sensorik (kecuali penciuman) menempel di sini sebagai situs estafet terakhir sebelum informasi tersebut mencapai korteks serebral.
  12. 12. Lanjutan…. Hipothalamus merupakan bagian dari diencephalon, ventral ke talamus. Struktur ini terlibat dalam fungsi homeostasis, emosi, kehausan, kelaparan, irama sirkadian, dan kontrol dari sistem saraf otonom. Selain itu, ia mengendalikan hipofisis.
  13. 13. Lanjutan…. Amigdalada merupakan bagian dari telencephalon, yang terletak di lobus temporal, yang terlibat dalam memori, emosi, dan ketakutan. Amigdala terletak di bawah permukaan bagian depan, sebelah medial dari lobus temporal di mana menyebabkan tonjolan di permukaan disebut uncus (komponen dari sistem limbik).
  14. 14. Lanjutan…. Hippocampus. Hippocampus merupakan bagian dari otak hemisphers di bagian sebelah medial basal dari lobus temporal. Ini bagian dari otak yang penting untuk belajar dan memori, untuk mengubah memori jangka pendek ke memori yang lebih permanen, dan untuk mengingat hubungan spasial.
  15. 15. 1) DurameterSelaput keras pembungkus otak yang berasal dari jaringan ikat tebaldan kuat, pada bagian tengkorak terdiri atas selaput (perios) tulangtengkorak dan durameter tropia bagian dalam. Durametermengandung rongga yang mengalirkan darah dari vena otak, dandinamakan sinus vena.
  16. 16. 2) ArachnoideaArachnoidea yaitu selaputtipis yang membentuksebuah balon yang berisicairan otak meliputiseluruh susunan sarafsentral, otak, dan medullaspinalis. Arachnoideaberada dalam balon yangberisi cairan. Ruang sub 3) Piameterarachnoid pada bagian Merupakan selaput tipis yangbawah serebelum terdapat pada permukaanmerupakan ruangan yang jaringan otak. Piameteragak besar disebut berhubungan dengan arachnoidsistermagna. Ruangan melalui struktur jaringan ikat.tersebut dapat dimasukkan Tepi flak serebri membentukjarum kedalam melalui sinus longitudinal inferior danforamen magnum untuk sinus sagitalis inferior yangmengambil cairan otak, mengeluarkan darah dari flakatau disebut fungsi sub serebri tentorium memisahkanoksipitalis. serebrum dengan serebelum (Willson, 2006).
  17. 17. BAGIAN - BAGIAN OTAK 1. Cerebrum (Otak Besar) 2. Cerebellum (Otak Kecil)3. Brainstem (Batang Otak) 4. Limbic System (Sistem Limbik)
  18. 18. Aktivasi Otak adalah perangsangan aktivitas otak dengan cara stimulasigelombang otak. Di Amerika, metode ini dikenal dengan Brainwave Entrainment. Aktivasi Otak bertujuan untukmerangsang keseluruhan otak Anda agar bekerja secara maksimal serta untukmenyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri.
  19. 19. . Otak kanan : berfungsi Otak kiri : berfungsi dalam perkembangan dalam hal-hal yang Emotional Quotient (EQ) berhubungan dengan logika, serta kemampuan rasio, kemampuan menulis merasakan, memadukan, dan membaca, serta dan ekspresi tubuh, seperti merupakan pusat segala jenis kegiatan kreatif . Intelligence Quotient (IQ).

×