Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Bab i

cloud computing

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Bab i

  1. 1. 1 BAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar Belakang Pembangunan sistem informasi dan teknologi informasi dalam suatu organisasi serta pemanfaatannya, sangat diperlukan untuk terus meningkatkan daya saing di berbagai bidang, seperti bidang pendidikan, politik, ekonomi dan bisnis. Ketika suatu organisasi tumbuh semakin besar dan pola serta tingkatan operasionalnya semakin tidak sederhana dan kompleks, maka secara alamiah tuntutan pihak manajemen akan kebutuhan fungsional dari setiap sistem informasi yang ada akan semakin besar, khususnya pada fungsionalitas data, teknologi dan aplikasi. Namun demikian, mengelola data dan informasi agar selaras dengan kebijakan dan strategi perusahaan dalam rangka mencapai misinya, merupakan hal yang tidak mudah. Tidak sedikit kegagalan yang muncul sebagai bukti dari tidak mudahnya mengelola data dan informasi dalam sebuah organisasi tersebut. PT Pasti Jaya merupakan perusahaan dealer resmi PT Honda Astra Motor Indonesia untuk wilayah Sukabumi. Dengan bidang usaha melayani Penjualan motor Honda dan service motor Honda, penjualan motor dilakukan baik secara cash maupun kredit. Sebagai sebuah organisasi yang berkembang PT Pasti Jaya membutuhkan sistem informasi yang menyediakan data dan informasi yang berkualitas untuk mendukung kebutuhan dan strategi bisnis. Pada saat ini penggunaan sistem informasi di PT Pasti Jaya masih bersifat manual dan parsial, dimana masing-masing bagian mempunyai sistem informasi sendiri dan belum terintegrasi seluruhnya, sehingga sering terjadi pekerjaan berulang-ulang dan duplikasi pekerjaan, seperti pada pengisian formulir yang kemudian dimasukan ke dalam computer, hal tersebut dapat mengakibatkan keterlambatan pemrosesan data, kesalahan dari pemasukan data dan dapat mengakibatkan biaya tinggi terutama biaya untuk material dan biaya tenaga kerja. Selain itu di perusahaan sering terjadi stok barang yang berlebihan, sehingga akan mengakibatkan pada peningkatan biaya persediaan.
  2. 2. 2 Melihat latar belakang di atas, maka dilakukan penelitian dengan pembahasan Perancangan Sistem Informasi DMS (Dealer Management System) pada Divisi Penjualan dan Service PT Pasti Jaya yang diharapkan dapat menjadi acuan atau pedoman dalam pembuatan sistem informasi yang sesuai dengan kebutuhan dan fungsi bisnis. 1.2. Identifikasi Masalah Berdasarkan uraian latar belakang masalah, dapat dirumuskan masalah pokok yang berkaitan dengan kebutuhan aplikasi Sistem Informasi DMS (Dealer Management System) pada Divisi Penjualan dan Service di PT Pasti Jaya adalah sebagai berikut : 1. Bagaimanakah merancang sebuah sistem informasi yang dapat mengakomodir seluruh sistem yang ada pada Divisi Penjualan dan Service di PT Pasti Jaya menjadi sistem informasi yang terintegrasi? 2. Bagaimanakah menciptakan sistem informasi yang mampu memonitoring stok barang dengan baik dan cepat, sehingga tidak terjadi stok barang yang berlebihan (over stok)? 3. Bagaimanakah menciptakan sistem informasi yang dapat menghilangkan aktivitas yang dikerjakan secara berulang, sehingga tidak mengakibatkan keterlambatan pemrosesan data dan kesalahan dalam memasukan data? 4. Bagaimanakah membangun sistem informasi yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan pelaporan yang cepat dan tepat, baik untuk manajemen maupun owner, sehingga memudahkan dalam proses pengambilan keputusan pada perusahaan tersebut? 1.3. Maksud dan Tujuan Penelitian Maksud dari perancangan Sistem Informasi DMS (Dealer Management System) ini adalah untuk memberikan nilai lebih dalam implementasi aplikasi Sistem Informasi DMS (Dealer Management System) di dalam melakukan transaksi penjualan dan service pada
  3. 3. 3 Divisi Penjualan dan Service supaya lebih cepat dan tepat, dan juga meningkatkan kepuasan pelayanan kepada customer (pelanggan). Sedangkan tujuan dari perancangan sistem ini adalah membuat rancangan sistem informasi terintegrasi yang dapat mendukung pengoperasian Sistem Informasi DMS (Dealer Management System) pada Divisi Penjualan dan Service, sehingga sistem informasi yang mulainya bekerja secara parsial dan berdiri sendri menjadi suatu sistem informasi secara menyeluruh/terintegrasi dengan menggunakan sentralisasi database 1.4. Batasan Masalah Dalam penelitian tesis ini, akan dibahas Perancangan Sistem Informasi DMS (Dealer Management System), agar penyusunan Perancangan Sistem Informasi DMS (Dealer Management System) sesuai dengan tujuan dari penelitian ini, maka di tetapkan beberapa batasan masalah yaitu sebagai berikut: 1. Penelitian ini akan menghasilkan suatu Perancangan Sistem Informasi DMS (Dealer Management System) yang terintegrasi yang difokuskan hanya pada Divisi Penjualan dan Service sebagai Core Bussines dari PT Pasti Jaya. 2. Perancangan Sistem Informasi DMS (Dealer Management System) pada pemodelan bisnis, analisa sistem, teknologi saat ini serta penentuan kebutuhan data, aplikasi dan teknologi akan menggunakan pendekatan sistem berorientasi objek (Object Oriented) 3. Teknologi yang digunakan adalah berbasis Web Technology 4. Dikarenakan pada tesis ini hanya memfokuskan kepada perancangan sistem informasi, sehingga pada tahapan implementasi dan maintenance tidak akan dibahas secara mendetail. 5. Software yang dirancang tidak akan secara keseluruhan, sehingga software yang dibuat akan berupa software dalan bentuk prototyping.
  4. 4. 4 1.5. Sistematika Penulisan Pada bagian ini penulis akan menjelaskan terlebih dahulu secara garis besar dari sistematika penulisan sehingga diharapkan laporan yang dihasilkan lebih terarah dan tidak terlepas dari permasalahan yang telah dikemukan pada batasan masalah dan dapat memudahkan pembaca untuk memahami isi dari tesis ini. Penjelasan sistematika penulisan tesis adalah sebagai berikut : BAB I PENDAHULUAN Pada bab ini penulis membahas mengenai latar belakang, identifikasi masalah, maksud dan tujuan penelitian ,batasan masalah, dan sistematika penulisan. BAB II LANDASAN TEORI Bab ini membahas teori-teori yang dijadikan acuan dalam pembuatan laporan tesis. Landasan teori tersebut diperoleh dari studi literatur yang dilakukan selama penelitian berlangsung. BAB III OBYEK DAN METODE PENELITIAN Bab ini membahas obyek penelitian dan metodologi yang digunakan dalam merancang Sistem Informasi DMS (Dealer Manajemen System) yang menjadi topik kajian dalam penelitian tesis ini. BAB IV ANALISIS SISTEM Membahas mengenai proses bisnis yang sedang berjalan dan spesifikasi- spesifikasi kebutuhan pengguna sistem secara garis besar. BAB V PERANCANGAN ARSITEKTUR SISTEM Membahas mengenai fungsi Sistem Informasi DMS (Dealer Management System), modul yang dapat diterapkan di Perusahaan, strategi penerapan sistem DMS (Dealer Management System), komponen sistem informasi DMS (Dealer Management System), usulan model perancangan, class diagram, sequence diagram, component diagram, Deployment Diagram, perancangan data base, struktur data base, arsitektur teknologi dan usulan perencanaan implementasi dan kebutuhan.
  5. 5. 5 BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN Mengemukakan beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian dan beberapa saran penulis terhadap penelitian yang dilakukan, untuk pengembangan Sistem Informasi DMS (Dealer Management System) terintegrasi selanjutnya

×