Hutan edit

1,055 views

Published on

ini tentang hutan

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,055
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
9
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Hutan edit

  1. 1. Nama : Leistiayu Meida Lestari Kelas : PGSD A HUTAN Hutan mempunyai jasa yang sangat besar bagi kelangsungan makhluk hidup terutamamanusia. Salah satu jasa hutan adalah mengambil karbon dioksida dari udara dan menggantimyadengan oksigen yang diperlukan makhluk lain. Maka hutan disebut paru-paru dunia. Jadi, jikaterlalu banyak hutan yang rusak, tidak akan ada cukup oksigen untuk pernapasan. BerdasarkanUndang-Undang Nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan, yang dimaksud dengan hutan adalahsuatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yangdidominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidakdapat dipisahkan.Faktor Yang Mempengaruhi Persebaran Hutan1. Keadaan tanahDaerah gurun pasir akan membentuk hutan yang berbeda dengan daerah tropis yang banyakhujannya.2. Tinggi rendah permukaan tanahJenis hutan beserta isi tanaman dipengaruhi oleh suhu wilayah yang berbeda antara datarantinggi dan dataran rendah.3. Makhluk hidupManusia dapat menentukan di mana boleh ada hutan dan tidak boleh ada hutan.4. IklimIklim yang memiliki curah hujan tinggi akan membentuk hutan yang lebat seperti hutan hujantropis. TIPE HUTAN PEGUNUNGANHutan pegungan dibagi menjadi empat tipe:1. Hutan dataran rendah pada ketinggian 0 - 1.200m2. Hutan pegunungan bawah pada ketinggian 1.200 - 1.800m3. Hutan pegunungan atas pada ketinggian 1.800 - 3.000m4. Hutan subalpin pada ketinggian di atas 3.000m
  2. 2. JENIS - JENIS HUTANBanyak ilmuwan yang mengelompokkan hutan berdasarkan variasi sistem ekologi. Hutandengan iklim, tanah dan kelembaban yang mirip dikelompokkan menjadi 6 kelompok:1. tropical rain forests2. tropical seasonal forest3. temperate deciduous forest4. temperate evergreen forest5. boreal forest6. savanna 1. Tropical rain forests tumbuh di dekat garis equator, dimana iklim sepanjang tahunhangat dan basah. Sebagian besar hutan ini tumbuh di lembah sungai Amazon, lembah sungaiKongo, dan di wilayah Asia Tenggara. Dari ke enam kelompok jenis hutan, hutan hujan tropispaling banyak memiliki keragaman pohon, sekitar 100 species bisa tumbuh pada wilayah seluas2,6 Km2. Sebagian besar pohon berdaun lebar dan selalu hijau sepanjang tahun, terdapat jugapohon palm dan paku-pakuan. Kebanyakan hutan pohonnya membentuk tiga lapisan selubung(canopy). Canopy paling atas dapat mencapai ketinggian 46 meter, tumbuhan yang melebihicanopy di sebut emergent. Tumbuhan understory membentuk lapisan selubung ke dua. Lapisansemak belukar dan tumbuhan herbal sangat tipis karena sinar matahari terhalang oleh lapisancanopy. Seringkali beberapa tanaman merambat dan menumpang lainnya menempel di cabang-cabang pohon lapisan canopy, sehingga dapat menyerap sinar matahari secara penuh. 2. Tropical seasonal forest , tumbuh di wilayah tertentu di daerah beriklim tropis dan subtropis. Wilayah ini memiliki musim panas dan musim hujan bergantian setiap tahunnya, atauiklim yang agak lebih dingin dibanding hutan hujan tropis. Daerah ini meliputi Amerika tengah,Amerika selatan bagian tengah, selatan Afrika, India, timur Cina, Australia utara, dan kepulauandi pasifik termasuk Indonesia. Hutan musim memiliki banyak keragaman pohon, meskipuntidak sebanyak hutan hujan tropis. Terdapat juga beberapa tanaman rambat dan tumpang.Beberapa pohon berguguran dan tumbuh kembali, terutama di daerah yang memiliki perbedaanyang sangat jelas antara musim panas dan musim hujan. Lapisan canopy bisa mencapaiketinggian 30 meter. Satu lapisan understory tumbuh dibawah canopy. Bambu dan palemmemenuhi lapisan semak, dan lapisan tebal tumbuhan herbal menempel di tanah. Binatangyang tinggal menyerupai, mereka yang hidup di hutan hujan tropis. Hutan luruh iklim sedangtumbuh di sebelah timur Amerika utara, eropa barat dan asia timur. Wilayah ini memilikimusim panas dan musim dingin. Lapisan canopy mencapai ketinggian 30 meter, dua jenispohon atau lebih mendominasi lapisan canopy, yang berguguran daunnya di musim gugur.Lapisan tengah dan semak mungkin agak tebal. Juga dihuni binatang besar seperti beruang,rusa, dan serigala. Ada juga ratusan binatang menyusui yang lebih kecil dan burung.
  3. 3. 3. Temperate deciduous forest, terdapat di daerah beriklim sedang yang terdapat diwilayah amerika serikat bagian timur, ujung selatan benua Amerika, Kepulauan Inggris danAustralia. Beberapa jenis tumbuhan utama yang hidup di daerah bioma hutan gugur misalnhyapohon oak, basswood, dan terna berbunga. Pohon-pohon utama yang terdapat di bioma hutangugur rata-rata berukuran besar dan pendek. Sebagai perbandingan dapat dilihat pada pohonbasswood Amerika. Setiap pergantian musim terdapat beberapa perubahan di bioma hutangugur seperti, saat musim panas pohon-pohon yang tinggi tumbuh dengan daun lebat danmembentuk tudung, tetapi cahaya matahari masih dapat menembus tudung tersebut hingga ketanah karena daunnya tipis. Saat musim gugur menjelang musim dingin, pancaran energymatahari berkurang, suhu rendah dan air cukup dingin. Oleh karena itu daun-daun menjadimerah dan coklat, kemudian gugur karena tumbuhan sulit mendapatkan air. Daun dan buah-buahan yang gugur kelak kemudian menjadi tumpukan senyawa organic. Saat musim semimenjelang musim panas, suhu naik, salju mencair, tumbuhan mulai berdaun kembali. 4. Temperate evergreen forest, pohon cemara atau pine (pinus) merupakan pohon darifamily pinaceae yang bisa ditemukan dimana saja asalkan tanahnya berpasir berkapur, banyakair maupun yang mempunyai kadar keasaman cukup tinggi. Pohon ini terdapat disiberia,skotlandia, norwegia, kepulauan canary, Filipina, pegunungan Himalaya, new Zealand, brazildan chili. Pohon cemara adalah salah satu pohon yang berumur panjang karena bias mencapaiumur sekitar 100-1000 tahun. Rata-rata tingginya 14-45 meter. Disebut evergreen karenadaunnya selalu hijau. 5. Boreal forest, bioma taiga banyak ditemukan di belahan bumi utara, misalnya di wilayahNegara Rusia dan Kanada. Bioma taiga merupakan bioma terluas dari bioma-bioma lain yangada di bumi. Jenis tumbuhan yang hidup sangat sedikit, biasanya hanya terdiri dari dua atau tigajenis tumbuhan. Pohon-pohon yang tumbuh di daerah ini adalah jenis conifer, sehingga hutanyang ada di wilayah bioma taiga sering juga disebut dengan hutan conifer. Contoh jenis-jenistumbuhan conifer tersebut adalah alder, birch dan juniper dan spruce. Pohon-pohon dihutankonifet mempunyai daun yang berbentuk seperti jarum dan mempunyai zat lilin dibagian luarsehinga tahan terhadap kekeringan. 6. Savana adalah suatu daerah yang memiliki pohon dengan jarak luas. Beberapa padangrumput pohon tumbuh dalam satu gerombolan, ada juga yang tumbuh menyendiri. Sebagianbesar tanah ditumbuhi oleh semak dan tumbuhan herbal, terutama rumput, sehingga savanadisamakan dengan padang rumput. Savana terutama ditemukan diwilayah yang memiliki sedikitcurah hujan, tanah yang tidak subur, sering timbul kebakaran, atau hal lain yang menghambattumbuhnya pohon.
  4. 4. Manfaat HutanHutan memiliki banyak manfaat untuk kita semua. Hutan merupakan paru-paru dunia (planetbumi) sehingga perlu kita jaga karena jika tidak maka hanya akan membawa dampak yang burukbagi kita di masa kini dan masa yang akan datang. Pengelolaan hutan bagi kesejahteraanmasyarakat merupakan hal yang perlu menjadi perhatian bersama, baik oleh pemerintah,masyarakat maupun dunia usaha. Pemanfaatan nilai ekonomis hutan harus seimbang denganupaya pelestarian lingkungan hidup sehingga hutan tetap dapat dimanfaatkan secara adil danberkelanjutan. Adapun fungsi hutan antara lain:1. Manfaat/Fungsi Ekonomi - Hasil hutan dapat dijual langsung atau diolah menjadi berbagai barang yang bernilai tinggi. - Membuka lapangan pekerjaan bagi pembalak hutan legal. - Menyumbang devisa negara dari hasil penjualan produk hasil hutan ke luar negeri.2. Manfaat/Fungsi Klimatologis - Hutan dapat mengatur iklim - Hutan berfungsi sebagai paru-paru dunia yang menghasilkan oksigen bagi kehidupan.3. Manfaat/Fungsi Hidrolis - Dapat menampung air hujan di dalam tanah - Mencegah intrusi air laut yang asin - Menjadi pengatur tata air tanah4. Manfaat/Fungsi Ekologis - Mencegah erosi dan banjir - Menjaga dan mempertahankan kesuburan tanah - sebagai wilayah untuk melestarikan kenaekaragaman hayatiHutan dibagi berdasarkan fungsinya, yaitu :1. Hutan WisataHutan wisata adalah hutan yang dijadikan suaka alam yang ditujukan untuk melindungi tumbuh-tumbuhan serta hewan / binatang langka agar tidak musnah / punah di masa depan. Hutan suakaalam dilarang untuk ditebang dan diganggu dialih fungsi sebagai buka hutan. Biasanya hutanwisata menjadi tempat rekreasi orang dan tempat penelitian.2. Hutan CadanganHutan cadangan merupakan hutan yang dijadikan sebagai lahan pertanian dan pemukimanpenduduk. Di pulau jawa terdapat sekitar 20 juta hektar hutan cadangan.
  5. 5. 3. Hutan LindungHutan lindung adalah hutan yang difungsikan sebagai penjaga ketaraturan air dalam tanah(fungsi hidrolisis), menjaga tanah agar tidak terjadi erosi serta untuk mengatur iklim (fungsiklimatologis) sebagai penanggulang pencematan udara seperti C02 (karbon dioksida) dan C0(karbon monoksida). Hutan lindung sangat dilindungi dari perusakan penebangan hutanmembabibuta yang umumnya terdapat di sekitar lereng dan bibir pantai.4. Hutan Produksi / Hutan IndustriHutan produksi yaitu adalah hutan yang dapat dikelola untuk menghasilkan sesuatu yang bernilaiekonomi. Hutan produksi dapat dikategorikan menjadi dua golongan yakni hutan rimba danhutan budidaya. Hutan rimba adalah hutan yang alami sedangkan hutan budidaya adalah hutanyang sengaja dikelola manusia yang biasanya terdiri dari satu jenis tanaman saja. Hutan rimbayang diusahakan manusia harus menebang pohon denga sistem tebang pilih dengan memilihpohon yang cukup umur dan ukuran saja agar yang masih kecil tidak ikut rusak.

×