Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pengertian bahasa

715 views

Published on

Bahasa Indonesia

Published in: Education
  • Login to see the comments

Pengertian bahasa

  1. 1. Anggota Kelompok : • Agung Prayudha . L • Daniel • M. Iqbal . Mansyur
  2. 2. Pengertian Bahasa Bahasa adalah sistem lambang bunyi ujaran yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarakat pemakainya. Bahasa yang baik berkembang berdasarkan suatu sistem, yaitu seperangkat aturan yang dipatuhi oleh pemakainya.
  3. 3. Pengertian bahasa menurut para ahli : Menurut Keraf : Dalam Smarapradhipa memberikan dua pengertian bahasa. Yang pertama menyatakan bahasa sebagai alat komunikasi antar masyarakat dalam rupa bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap suara manusia dan yang kedua bahasa adalah sistem komunikasi yang menggunakan simbol.
  4. 4.  Menurut Owen : Bahasa dapat didefenisikan sebagai kode yang diterima secara sosial atau sistem konvensional untuk menyampaikan konsep melalui kegunaan simbol-simbol yang dikehendaki dan kombinasi simbol-simbol yang diatur oleh ketentuan.
  5. 5.  Menurut Wibowo : Bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi (dihasilkan oleh alat ucap) yang bersifat arbitrer dan konvensional, yang dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran.
  6. 6. Fungsi Bahasa Dalam komunikasi sehari-hari alat yang sering digunakan untuk berkomunikasi adalah bahasa, baik berupa bahasa tulis maupun bahasa lisan. Bahasa sebagai sarana komunikasi mempunyai fungsi berdasarkan kebutuhan seseorang secara sadar atau tidak sadar yang digunakannya. Bahasa merupakan alat untuk mengekspresikan diri, alat komunikasi, dan sarana untuk kontrol sosial.
  7. 7. JENIS – JENIS BAHASA
  8. 8. 1. Bahasa Lisan Adalah suatu komunikasi antar manusia untuk mengutarakan maksud dan tujuan melalui kata-kata yang terucap dari mulut.
  9. 9. 2. Bahasa Tulisan Merupakan suatu bentuk komunikasi yang terbentuk dari berbagai kosa kata yang disusun sehingga terbentuk suatu kalimat yang memiliki arti dan dituangkan kedalam bentuk tulisan.
  10. 10. 3. Bahasa Isyarat Merupakan suatu bentuk komunikasi dengan menggunakan gerakan anggota tubuh seperti gerakan tangan dan bibir. Biasanya yang menggunakan ini adalah kaum tunarungu yang mengkombinasikan hal tersebut agar lawan bicaranya dapatb mengerti apa ayng ia maksud.
  11. 11. 4. Bahasa Pemrograman Yaitu suatu bahasa yang digunakan untuk memerintah komputer dengan menggunakan syntax syntax yang telah diatur oleh bahasa pemrograman itu sendiri, tujuannya agar komputer mampu menjalankan apa yang kita perintahkan.
  12. 12. 5. Bahasa Batin Merupakan suatu interaksi mental secara langsung menggunakan isi hati kita, bahasa batin tidak memerlukan sarana kata kata seperti jenis bahasa yang lainnya. Istilah yang lebih mirip dengan komunikasi bahasa batin yaitu telepati.
  13. 13. JENIS – JENIS BAHASA secara Sosiolinguistik
  14. 14. 1. Bahasa berdasarkan sosiologis Yaitu standar terhadap penerimaan suatu bahasa akan seperangkat kaidah atau norma yang menentukan pemakaian bahasa yang benar.
  15. 15. Jenis Bahasa berdasarkan sikap politik Berdasarkan sikap politik dapat dibedakan adanya bahasa nasional, bahasa resmi, bahasa Negara, bahasa persatuan. Perbedaan ini dikatakan berdasarkan sikap politik karena sangat erat sekali hubungannya dengan kebangsaan. 2.
  16. 16. 3. Bahasa Resmi Adalah sebuah sebuah sistem linguistik yang ditetapkan untuk digunakan dalam suatu pertemuan sepertiseminar konferensi, rapat, dan sebagainya.
  17. 17. Jenis Bahasa berdasarkan Tahap Pemerolehan Berdasarkan tahap pemerolehannya dapat dibedakan adanya bahasa ibu , bahasa pertama, bahasa kedua dan seterusnya. Bahasa ibu lazim juga disebut sebagai bahasa pertama karenabahasa itu yang pertama dipelajarinya. Kalau si anak mempelajari bahasa lainnya maka lazim disebut bahasa kedua.

×