Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
L/O/G/O
GGL dan Tegangan Terminal
MahdaLina M. Abdullah (421412043)
Kelas Fisika PGBI
www.themegallery.com
www.themegallery.com
Bahan Pembahasan
GGL dan Tegangan
Terminal
BateraiSumber Gaya Gerak
Listrik
Rangkaian Seri
dan Parale...
www.themegallery.com
A. Sumber Arus Listrik
Suatu komponen yang berfungsi sebagai
tempat untuk mengubah satu jenis
energi,...
www.themegallery.com
B. Baterai
Batang
carbon
Amonium
clorida
seng
Mangan
dioksida+
Serbuk karbon
Baterai adalah
elemen ke...
www.themegallery.com
GGL Pada Baterai
Pada gambar diatas ada 2
terminal baterai yaitu pada
titik a dan titik b. Yang kita
...
www.themegallery.com
Pertanyaan ??
Mengapa Baterai dan
akumulator dikatakan
sebagai sumber dari
Gaya Gerak Listrik ??
www.themegallery.com
Jawaban
• Baterai, akumulator dan sumber energi listrik
lainnya mampu menciptakan dan
mempertahankan ...
www.themegallery.com
Gaya gerak listrik
Jika sakelar(sk)ditutup,elektron
di kutub negatif baterai akan
bergerak melalui pe...
www.themegallery.com
Gaya Gerak Listrik
Jika saklar ditutup, elektron di
kutub negatif baterai akan
bergerak melalui pengh...
www.themegallery.com
C. GGL Dan
Tegangan Terminal
Yang dimaksud dari:
beda potensial antara ujung-ujung
penghantar sebelum...
www.themegallery.com
GGL DAN TEGANGN TERMINAL
Bila arus I mengalir dari
baterai,terjadi penurunan
tegangan terminal.tegang...
www.themegallery.com
hubungan antara ggl dengan
tegangan Terminal adalah
atau untuk mencari I tanpa tegangan jepit adalah
www.themegallery.com
mengingat bahwa Vab = IR,maka akan memperoleh
hubungan : Vab = Ɛ – Ir
www.themegallery.com
Dimana :
VAB = tegangan jepit pada terminal AB (V)
ε = gaya gerak listrik pada baterai (V)
I = kuat a...
www.themegallery.com
 Rangkaian seri tegangan listrik
D. Rangkaian Seri dan Paralel
www.themegallery.com
Rangkaian paralel tegangan listrik
www.themegallery.com
GGL & Tegangan Jepit
GGL dan Tegangan jepit
dapat diukur dengan
menggunakan voltmeter.
www.themegallery.com
Alat pengukuran Tegangan Jepit
• Voltmeter adalah alat
untuk megukur
tegangan listrik.
• Voltmeter di...
L/O/G/O
www.themegallery.com
Thank You!
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Ppt gaya gerak listri dan tegangan terminal

3,146 views

Published on

Ppt gaya gerak listri dan tegangan terminal

  1. 1. L/O/G/O GGL dan Tegangan Terminal MahdaLina M. Abdullah (421412043) Kelas Fisika PGBI www.themegallery.com
  2. 2. www.themegallery.com Bahan Pembahasan GGL dan Tegangan Terminal BateraiSumber Gaya Gerak Listrik Rangkaian Seri dan Paralel Pembahasan 2 Pembahasan 1 Materi
  3. 3. www.themegallery.com A. Sumber Arus Listrik Suatu komponen yang berfungsi sebagai tempat untuk mengubah satu jenis energi,misalnya energi kimia dan energi gerak,menjadi energi listrik disebut sumber arus listrik. Contohnya baterai, akumulator,dan generator.Komponen inilah yangi menjadi tempat atau sumber gaya gerak listrik atau GGL.
  4. 4. www.themegallery.com B. Baterai Batang carbon Amonium clorida seng Mangan dioksida+ Serbuk karbon Baterai adalah elemen kering yang disusun sedemikian rupa sehingga mudah di pakai dan dibawa.
  5. 5. www.themegallery.com GGL Pada Baterai Pada gambar diatas ada 2 terminal baterai yaitu pada titik a dan titik b. Yang kita ukur adalah tegangan terminal Vab Anda mungkin pernah mengalami bahwa ketika arus ditarik dari baterai, tegangan pada terminal turun dibawah GGLnya. Sebagai contoh ketika anda menstrater mesin mobil, dengan lampu depan masih menyala, lampu mejadi redup sesaat. Ini terjadi karena strater menarik arus besar sehingga tegangan baterai menjadi turun. Penurunan tegangan ini terjadi karena reaksi kimia dalam baterai tidak cukup menyuplai muatan untuk mempertahankan GGLmya menjadi penuh. Di satu, sisi muatan harus mengalir ( di dalam elektrolit) antara elektroda-elektroda bateraidan selalu ada halangan untuk aliran bebas. Jadi, baterai itu sendiri memiliki hambatan, yang di sebut sebagai hambatan dalam (r)
  6. 6. www.themegallery.com Pertanyaan ?? Mengapa Baterai dan akumulator dikatakan sebagai sumber dari Gaya Gerak Listrik ??
  7. 7. www.themegallery.com Jawaban • Baterai, akumulator dan sumber energi listrik lainnya mampu menciptakan dan mempertahankan perbedaan potensial diantara dua tempat. Sumber Tegangan atau gaya gerak listrik tersebut mampu menciptakan dan mempertahankan pengkutuban muatan positif dan muatan negatif. Suatu sumber ggl harus mampu menggerakan muatan-muatan listriknya, yaitu muatan negatif (elektron) mengalir dari potensial rendah (kutub negatif) dan potensial tinggi (kutub positif).
  8. 8. www.themegallery.com Gaya gerak listrik Jika sakelar(sk)ditutup,elektron di kutub negatif baterai akan bergerak melalui penghantar menuju kutub positif. Selama dalam perjalanannya,elektron mendapat tambahan energi dari gaya tarik kutub positif. Energi yg diperlukan untuk memindah elektron di dalam sumber arus itulah yg disebut Gaya gerak listrik.
  9. 9. www.themegallery.com Gaya Gerak Listrik Jika saklar ditutup, elektron di kutub negatif baterai akan bergerak melalui penghantar menuju kutub positif. Selama dalam perjalannya. Elektron mendapat tambahan energy dari gaya tarik kutub positif. Namun energi itu akan habis karena adanya tumbukan antar elektron. Tumbukan antar elekktorn inilah yang mengakibatkan filament pada lampu akan berpijar dan memancarkan cahaya. Sesampainya dikutub positif elektron tetap cenderung bergerak manuju kutub negatif kembali. Namun, hal itu sulit jika tidak ada bantuan energi luar (-) (+) Energi luar tersebut berupa energi kimia dari baterai. Energi yang diperlukan untuk memindahkan elektorn dalam sumber arus listrik inilah yang disebut gaya gerak listrik (GGL))
  10. 10. www.themegallery.com C. GGL Dan Tegangan Terminal Yang dimaksud dari: beda potensial antara ujung-ujung penghantar sebelum dialiri arus listrik. Beda potensial antara kedua ujung saat sumber arus itu mengalirkan arus dlm rangkain listrik Gaya Gerak Listrik Tegangan Terminal
  11. 11. www.themegallery.com GGL DAN TEGANGN TERMINAL Bila arus I mengalir dari baterai,terjadi penurunan tegangan terminal.tegangan terminal yang diberikan Tegangan terminal menurun secara linier terhadap arus. Vab = Ɛ – Ir Tegangan jepit selalu lebih kecil dari ggl
  12. 12. www.themegallery.com hubungan antara ggl dengan tegangan Terminal adalah atau untuk mencari I tanpa tegangan jepit adalah
  13. 13. www.themegallery.com mengingat bahwa Vab = IR,maka akan memperoleh hubungan : Vab = Ɛ – Ir
  14. 14. www.themegallery.com Dimana : VAB = tegangan jepit pada terminal AB (V) ε = gaya gerak listrik pada baterai (V) I = kuat aruslistrik (A) r = hambatan dalambaterai (Ω) R = hambatan luar (Ω)
  15. 15. www.themegallery.com  Rangkaian seri tegangan listrik D. Rangkaian Seri dan Paralel
  16. 16. www.themegallery.com Rangkaian paralel tegangan listrik
  17. 17. www.themegallery.com GGL & Tegangan Jepit GGL dan Tegangan jepit dapat diukur dengan menggunakan voltmeter.
  18. 18. www.themegallery.com Alat pengukuran Tegangan Jepit • Voltmeter adalah alat untuk megukur tegangan listrik. • Voltmeter dipasang paralel dengan komponen yang akan diukur.
  19. 19. L/O/G/O www.themegallery.com Thank You!

×