Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tik x mail merge

6,059 views

Published on

Published in: Technology, Business
  • Be the first to comment

Tik x mail merge

  1. 1. Membuat Dokumen MAIL MERGEMenggunakan Program Pengolah Kata Labieb Maududi, S.Kom SMA NEGERI 1 KEBOMAS GRESIK
  2. 2. MAILMERGE Kompetensi yang akan dicapai  Standar Kompetensi :  Membuat dokumen menggunakan program pengolahan kata  Kompetensi Dasar : Membuat dokumen mail merge  Pengalaman Belajar :  Membuat Dokumen Induk  Membuat sumber data sesuai contoh.  Melakukan penggabungan sesuai Induk  Mencetak mailmerge dengan benar sesuai peralatan yang ada Indikator  Membuat dokumen induk  Membuat sumber data  Menggabungkan dokumen induk dengan sumber data  Mencetak mail merge
  3. 3. MAILMERGE Problem Salah satu teman anda dua hari lagi akan merayakan Ulang Tahun sweet seventeennya. Dia bermaksud mengundang teman-teman sekelasnya, Karena waktu sangat mendesak dia tidak munkin memesan undangan di percetakan. Karena sebagai teman sekelas sebanyak 250 orang, anda ingin membantu untuk membuatkan undangan melalui microsoft Word pada fasilitas mailmerge
  4. 4. MAIL MERGE1. Membuat Dokumen Induk Mail Merge Mail merge adalah naskah yang dijadikan induk dokumen untuk membuat sura atau surat undangan berjumlah besar. Anda hanya membuat satu dokumen induk dan database, tetapi anda dapat mencetaknya berulang kali sebanyak database yang anda masukkan. Cara membuat mail merge : a. Pilih Menu Tools b. Pilih Mail Merge, word menampilkan kotak dialog mail merge helper. c. Klik Create, maka word menampilkan daftar jenis dokumen mail merge (Form Letter, Mailing Label, Envelopes, dan Katalog. d. Pilih Form Letter e. Klik New, Main Dokumen untuk membuat dokumen mail merge yang baru. f. Ketika muncul kotak dialog Mail Merge Helper, klik Edit lalu Form Letter. g. Ketik surat undangan sebanyak 250 secara praktis dengan menggunakan mailmerge.
  5. 5. Contoh Dokumen Induk
  6. 6. 2. Membuat Sumber Data Cara membuat sumber data MailMerge : a. Klik Menu Tools, pilih Letter and Mailing kemudian pilih Mail Merge b. Pilih letters pada select starting document . • pilih use the current document. • Klik Next : sellect recipients, • Pilih type a new list • Klik create untuk mengisi data source, dan akan muncu kotak dialog New Address List.
  7. 7. c. Anda dapat menggunakan field (variabel) yang sudah tersedia ataudapat menggantinya sesuai dengan keinginan kita. Untuk menggantifield tersebut hapuslah semua field names yang ada dengan mengklikDelete, lalu klik yes.
  8. 8. d. Klik Add untuk mengisi field names yang baru, maka muncul kotak dialog Add Field yang dikehendaki (nama, alamat, kota, tetap) satu persatu.e. Klik Ok, word akan menampilkan kembali kotak dialog, New Address List.f. Isi data pada field name yang telah kita buat, untuk mengisi data kembali, Klik New Entry.
  9. 9. g. Klik close, maka word akan menampilkan kotak dialog Save telah anda Address List, simpan data yang buat dengan cara klik nama file pada kotak dialog Mail Merge Recipients, klik Select All untuk menampilkan semua data, kemudian klik Ok.
  10. 10. h. Posisikan pointer pada tempat yang ingin anda isi dengan data yang telah dibuat, lalu klik Insert Merge, Field pada menu bar, klik field yang anda inginkan, laluklik Insert. (Isikan field dengan cara satu per satu).i. Klik View Merged Data pada menu bar untuk menampilkan data yang telah anda buat.j. Klik Previous Record pada menu bar untuk menampilkan data berikutnya. Menggabungkan Dokumen Induk dengan Sumber Data3. Untuk menggabungkan sumber data dengan dokumen induk menjadi satudokumen baru, lakukan klik Merge to New Document. Jika kita ingin secaralangsung mencetak surat tanpa menggabungkannya terlebih dahulu dalamdokumen baru klik Merge to Print.
  11. 11. Kotak Dialog Penggabungan Dokumen
  12. 12. Hasil mergenya adalah seperti di bawah ini:
  13. 13. 5. Kegiatan a. Membuat sumber data berupa undangan ulang tahun. b. Mengumpulkan nama-nama teman yang akan diundang sebanyak 250. c. Membuat undangan dengan fasilitas MailMerge. d. Mencetak hasil pekerjaaan. e. Mengumpulkan hasil pekerjaan.
  14. 14. EvaluasiJawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar!1. Jelaskan yang dimaksud dengan MailMerge!2. Apa perbedaan dengan dokumen induk dengan sumber data?3. Bagaimanakah langkah-langkah menggabungkan dokumen induk dengan sumber data?4. Bagaimana cara mencetak MailMerge?
  15. 15. LEMBAR PENILAIAN PSIKOMOTORKelas :XNo Nama Skor KeteranganKeterangan : Aspek yang dinilai Skor a. Hasil pekerjaan siswa kurang tepat 0 – 25 26 – 75 b. Hasil pekerjaan siswa tidak lengkap tapi benar 76 - 100 c. Hasil pekerjaan siswa lengkap dan benar
  16. 16. Penilaian Sikap Nilai Pernyataan A B CNo1. Siswa mengikuti pelajaran TIK.2. Siswa merasa tertarik pada pelajaran TIK.3. Siswa berusaha menyerahkan tugas tepat waktu.4. Siswa berusaha memahami pelajaran TIK.5. Siswa bertanya pada guru bila ada yg tidak jelas.6. Siswa selalu mengerjakan soal latihan di rumah. 7. Siswa berusaha memiliki buku8. Siswa berusaha mencari referensi di perpust. JumlahKeterangan : SkorNilai1. A = Baik Sekali 85 - 1002. B = Baik 75 - 843. C = Cukup 0 - 74
  17. 17. 5. Tindak Lanjut  Jika Anda dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan langkah kerja di atas diperbolehkan untuk melanjutkan pada kegiatan berikutnya (sebagai pengayaan), jika belum pelajari kembali (sebagai remedial).6. Pustaka Acuan  ………...(1998). Pengantar komputer dan soal-soal latihan, Jakarta..  Buku Teknologi Informasi an Komunikasi Unuk SMA Kelas X  Pedoman Khusus Teknologi Informasi dan Komunikasi 2003
  18. 18. Terima KasihSampai Jumpa di KD selanjutnya

×