Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Investor relations

3,251 views

Published on

  • Be the first to comment

Investor relations

  1. 1.  Pada Era komunikasiPada tahun 195-1970 komunikasi belum begitu berpengaruh dalam hubungan dengan investor. Pada Era keuanganlebih (1970-2000), dimana terjadi pergeseran dari pemegang saham individual kepada investor profesional. Pasar finansial mulai memiliki lembaga- lembaga k fokus pada penyediaan informasi keuangan kepada para investornya.Kini Hubungan Investor memasuki Era Terintegrasi (setelah 2000) dimana hubungan investor professional modern menyadari bahwa investor tidak tertarik melihat sebuah perusahaan dengan nilai tinggi atau saham fantastis,
  2. 2. DefinisiHubungan Investor (IR) adalah tanggung jawab manajemen strategis yang mengintegrasikan keuangan, komunikasi, pemasaran, dan kepatuhan hukum sekuritas yang paling efektif memungkinkan komunikasi dua arah antara perusahaan, masyarakat keuangan, dan konstituen lain, yang akhirnya memberikan kontribusi untuk perusahaan sekuritas mencapai penilaian adil. Istilah menggambarkan departemen sebuah perusahaan yang ditujukan untuk menangani pertanyaan- pertanyaan dari pemegang saham dan investor, serta yang lain yang mungkin tertarik dalam saham perusahaan atau stabilitas keuangan.
  3. 3.  Fungsi hubungan investor harus menyadari saat ini dan isu-isu mendatang bahwa sebuah organisasi atau penerbit yang mungkin dihadapi, khususnya yang berhubungan dengan kewajiban fidusia dan dampak organisasi. tujuan dari hubungan investor adalah untuk memaksimalkan harga saham – semakin tinggi harga saham, semakin baik
  4. 4.  Membantu pucuk pemimpin perusahaan dalam menyusun strategi bisnis, terutama yang berhubungan dengan permodalan. Menyusun program dan anggran investor relations. Memberikan layanan informasi dan mengembangkan hubungan yang baik dengan para pihak yang berkepentingan dengan investor daham, broker institusi maupun ritel, pejabat-pejabat bursa efek dan Bapepam , para wartawan pasar modal, serta masyarakat yang terikat pada kinerja dan prosepek perusahaan. Bertindak sebagai juru bisaca perusahaan dihadapin masyarakat pasar modal. Mengevaluasihasil-hasil yang dicapai, menyesuaikan program untuk mencapai maksud dan tujuan yang telah dicapai.
  5. 5. Perusahaan Bioteknologi yang memiliki saham 10 juta masing-masing senilai $20 perlembar, namun dengan bantuannya seorang Public Relations atau Investor relations maka sahamnya naik menjadi $25 perlembar.Kenaikan saham ini salah satunya karena perana seoarang Investor Relations yang bekerja dengan baik. Unutk meningkatkan saham perusahaan.

×