MODUL WORKSHOP
Komunitas Cah UNP Kediri

16 Maret 2013
By Aris Saputra a.k.a Kuro Maru
Materi
Goal
Durasi

: Membuat model “Dog House”
: Peserta dapat memahami
dasar modeling hingga texturing
: 120 Menit

Chap...
Klik di area mana saja sampai splash screen hilang. Kamu akan
melihat di viewport terdapat 3 buah object default yaitu CUB...
Tekan CTRL+R dan arahkan pointer mouse pada salah satu garis
yang dimiliki CUBE hingga muncul garis berwarna magenta tepat...
Seleksi 2 titik tengah bagian atas dengan Shift+RMB. Maka akan
ada 2 titik yang berwarna orange.

Tekan G dilanjut tekan Z...
Tekan CTRL+TAB kemudian akan muncul dialog Mesh Select
Mode, pilih yang FACE. Maka setiap sisi/ FACE akan muncul titik
sel...
MAKE THE ROOF...
Pilih salah satu FACE dengan RMB persis seperti pada gambar.

Tekan E untuk perintah extrude, kemudian ke...
Orbit vewport agar object tampak ¾ dari bawah. Seleksi salah
satu sisi yang menghadap ke bawah kemudian tekan E dan
dilanj...
Close the TOP SIDE
Tekan A untuk deselect. Lalu orbit vewport agar object tampak ¾
dari atas. Seleksi salah 2 sisi bagian ...
THE DOOR. . .
Gunakan loopcut seperti pada langkah pertama (CTRL+R) bagi
bagian depan sehingga tampak seperti pada gambar ...
Tahap Modeling telah selesai sampai disini. Jangan lupa
kembalikan lagi pada Object Mode (TAB).

GO TO THE NEXT CHAPTER. ....
Chapter II
“Coloring your dog house”
Pastikan CUBE masih terseleksi, sekarang mata fokus pada
panel properties. Masuk ke s...
Ganti nama Material
menjadi Dinding
sehingga tampak
seperti pada pada
gambar disamping.
Tekan ENTER untuk
konfirmasi.

Tam...
Ubah warna material dengan cara klik kotak dibawah tulisan
diffuce. Lalu pilih warna sembarang. Untuk konfirmasi arahkan
p...
Apply your color . . .
Pilih beberapa FACE dengan Shift+RMB persis seperti pada
gambar dibawah ini. Kemudian klik Assign p...
Chapter III
“Texture Setting”

Sebelum memulai texturing pindah Mesh Select Mode ke Edge
(CTRL+TAB). Setelah itu kita akan...
Seleksi garis yang mengelilingi material Atap. Jika berhasil maka
akan tampak seperti pada gambar. Kemudian tekan CTRL+E
u...
Kembali lagi ke Face Select Mode, arahkan pointer mouse ke sisi
atap kemudian tekan L. Maka area yang dibatasi oleh mark s...
Jika berhasil maka akan muncul gambar texture yang sudah
dibuka. Agar texture tampil pada viewport maka harus diubah
viewp...
Apply UV to Material. . .
Kembali ke layout default. Sekarang fokus kembali ke panel
kanan (Properties Panel). Kita kembal...
“FINISH”

Tekan F12 untuk proses
rendering

Supported by :
Modul workshop Blender di UNP Kediri [2013 03.16]
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Modul workshop Blender di UNP Kediri [2013 03.16]

1,858 views

Published on

Modul pelatihan blender di UNP Kediri
Tutorial Step by Step membuat Dog House

Published in: Education
0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,858
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
269
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Modul workshop Blender di UNP Kediri [2013 03.16]

  1. 1. MODUL WORKSHOP Komunitas Cah UNP Kediri 16 Maret 2013 By Aris Saputra a.k.a Kuro Maru
  2. 2. Materi Goal Durasi : Membuat model “Dog House” : Peserta dapat memahami dasar modeling hingga texturing : 120 Menit Chapter I “Modeling the dog house” Langkah mutlak! Hahaha... Buka software blender. Jika sudah maka akan tampak seperti pada gambar dibawah ini Perintah yang paling sering digunakan LMB (Klik kiri) MMB (Klik tengah) RMB (Klik kanan) Scroll Shift+MMB R key G key S key A key Memindah 3D Cursor/ OK Orbit (Rotate arround) Pilih object/ elemen Zoom in / out Panning Rotate object Grab object Scale object Select All / Deselect All Tips : Di blender kita akan sering menggunakan RMB (Klik Kanan) untuk select object. Jika ingin merubah pengaturannya masuk ke File → User Preferencers
  3. 3. Klik di area mana saja sampai splash screen hilang. Kamu akan melihat di viewport terdapat 3 buah object default yaitu CUBE, CAMERA, dan LAMP. Pastikan yang terseleksi adalah CUBE tandanya garis luar berwarna orange. Kemudian tekan TAB, untuk masuk ke dalam edit mode. Jika sudah, CUBE akan tampak setiap sudutnya terdapat titik-titik (vertices/ vertex). Tips : Vertex = Titik Edge = Garis Face = Sisi
  4. 4. Tekan CTRL+R dan arahkan pointer mouse pada salah satu garis yang dimiliki CUBE hingga muncul garis berwarna magenta tepat ditengahnya. Klik LMB, maka akan ada pilihan balance antara kiri dan kanan garis yang dibagi tadi. Cancel saja dengan RMB agar pembagi berada tepat ditengah garis itu. Tekan A untuk Deselect sehingga tidak ada vertex yang terseleksi (warna orange hilang)
  5. 5. Seleksi 2 titik tengah bagian atas dengan Shift+RMB. Maka akan ada 2 titik yang berwarna orange. Tekan G dilanjut tekan Z, untuk melakukan GRAB kedua titik ke arah sumbu Z (atas/bawah). Ketik 0.9 agar kedua titik tersebut berpindah 0.9 unit searah sumbu Z. LMB atau Enter untuk konfirmasi. Tips : Sebagian besar perintah di blender mempunyai beberapa tahap perintah. PERINTAH → OPTION1 → OPTION2 → OPTION-N → Cancel/ Konfimasi.
  6. 6. Tekan CTRL+TAB kemudian akan muncul dialog Mesh Select Mode, pilih yang FACE. Maka setiap sisi/ FACE akan muncul titik seleksi ditengahnya. Object mesh terdiri dari 3 elemen yaitu titik(vertex), garis(edge), face(sisi) sama halnya dengan konsep unsur visual. ● Vertex (titik) adalah elemen paling dasar dari semua elemen ● Edge (garis) tersusun minimal 2 vertex ● Face (sisi/ bidang/ polygon) tersusun minimal 3 vertex dan memiliki fill
  7. 7. MAKE THE ROOF... Pilih salah satu FACE dengan RMB persis seperti pada gambar. Tekan E untuk perintah extrude, kemudian ketik angka 0.2 dan akhiri dengan Enter. Lakukan perintah yang sama terhadap sisi sebelahnya. Tips : Melakukan navigasi (zoom, pan, orbit) adalah wajib. Karena kita tidak akan bisa mengakses sisi yang berlawanan dari pengamat untuk diedit. Dan juga bagian gambar yang terhalah oleh gambar lain ataupun batas viewport.
  8. 8. Orbit vewport agar object tampak ¾ dari bawah. Seleksi salah satu sisi yang menghadap ke bawah kemudian tekan E dan dilanjut ketik 0.7, lakukan perintah yang sama pada sisi berlawanan sehingga tampak seperti pada gambar nomer 3.
  9. 9. Close the TOP SIDE Tekan A untuk deselect. Lalu orbit vewport agar object tampak ¾ dari atas. Seleksi salah 2 sisi bagian atas persis seperti pada gambar. Kemudian tekan X untuk memunculkan perintah delete. Pilih Delete Face. Jika sudah berlubang, sekarang tekan CTRL+TAB pilih Edge. Setelah itu kita akan siap menutup bagian atas atap dengan sempurna. Tips : Select All dan Deselect All (A) akan sangat sering dilakukan. Dilakukan untuk mencegah multiple selection yang berkelanjutan. Akan sangat amat mengganggu jika bagian yang seharusnya tidak terseleksi ikut terseleksi.
  10. 10. THE DOOR. . . Gunakan loopcut seperti pada langkah pertama (CTRL+R) bagi bagian depan sehingga tampak seperti pada gambar dibawah. Jika sudah dibagi sebanyak 3x, langkah terakhir seleksi bagian tengah bawah yang tegak lurus. Tekan X kemudian pilih Delete Edges.
  11. 11. Tahap Modeling telah selesai sampai disini. Jangan lupa kembalikan lagi pada Object Mode (TAB). GO TO THE NEXT CHAPTER. . . .
  12. 12. Chapter II “Coloring your dog house” Pastikan CUBE masih terseleksi, sekarang mata fokus pada panel properties. Masuk ke setting material seperti pada gambar. Tampak beberapa parameter material yang dapat diubah dan hasi dari perubahan parameter akan terlihat dalam preview.
  13. 13. Ganti nama Material menjadi Dinding sehingga tampak seperti pada pada gambar disamping. Tekan ENTER untuk konfirmasi. Tambahkan slot material baru, klik tombol + (nomor 1) setelah itu klik New untuk memberikan sifat material pada slot 2 tersebut. Lakukan seperti langkah pertama, ganti nama slot 2 menjadi Atap. Sekarang seharusnya sudah ada 2 slot material masing-masing benama Dinding dan Atap.
  14. 14. Ubah warna material dengan cara klik kotak dibawah tulisan diffuce. Lalu pilih warna sembarang. Untuk konfirmasi arahkan pointer diluar pilihan warna. Ubah juga warna slot material lainnya sehingga masing-masing material mempunyai warna DIFFUSE yang berbeda.
  15. 15. Apply your color . . . Pilih beberapa FACE dengan Shift+RMB persis seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian klik Assign pada material setting untuk menerapkan material ATAP pada FACE yang terseleksi Langkahnya selanjutnya assign daerah yang didefinisikan sebagai dinding. Langkah ini dapat diabaikan karena slot pertama secara default adalah material dasar dari object CUBE tersebut. Tips : Material disini bukan berarti memberikan sifat material secara fisik seperti massa, ketahanan material dsb. Melainkan sifat visual seperti transparent, mirror, shading, dsb. Dengan cara menyeting tiap parameter yang telah disediakan di material setting.
  16. 16. Chapter III “Texture Setting” Sebelum memulai texturing pindah Mesh Select Mode ke Edge (CTRL+TAB). Setelah itu kita akan berpindah ke layout UV Editing tampak seperti gambar dibawah.
  17. 17. Seleksi garis yang mengelilingi material Atap. Jika berhasil maka akan tampak seperti pada gambar. Kemudian tekan CTRL+E untuk membuka menu special edges, pilih Mark Seam. Jika di Deselect All (A) maka akan tampak daerah yang sudah di mark seam garisnya berwarna merah.
  18. 18. Kembali lagi ke Face Select Mode, arahkan pointer mouse ke sisi atap kemudian tekan L. Maka area yang dibatasi oleh mark seam akan terseleksi. Tekan U untuk memunculkan menu UV Mapping. Pilih Smart UV Project. Maka pada panel kiri akan muncul hasil Proyeksi 2D dari bagian Atap. Buka gambar texture dengan memilih menu Image di panel kiri. Cari gambar yang akan dijadikan texture dan Enter.
  19. 19. Jika berhasil maka akan muncul gambar texture yang sudah dibuka. Agar texture tampil pada viewport maka harus diubah viewport shading-nyake Texture seperti pada gambar dibawah ini. Langkah selanjutnya hampir sama dengan langkah sebelumnya. Jika berhasil maka akan tampak seperti dibawah ini
  20. 20. Apply UV to Material. . . Kembali ke layout default. Sekarang fokus kembali ke panel kanan (Properties Panel). Kita kembali ke setting material dan texture. Pilih material dinding, kemudian masuk texture setting. Lokasinya tepat disebelah kanan material setting. (1) Namai texture, (2) kemudian buka gambar gambar texture yang sesuai dengan material, (3) dan ubah mappingnya ke UV. Setting material dinding telah selesai. Setting texture untuk material Atap kurang lebih caranya sama dengan langkah ini.
  21. 21. “FINISH” Tekan F12 untuk proses rendering Supported by :

×