Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
PRINSIP BIMBINGAN DAN
KONSELING
PENGERTIAN PRINSIP
Prinsip berarti pokok, penting,
permulaan, fundamen, aturan
pokok. Berdasrkan hal tersebut
maka prinsip...
• Memahami prinsip Bimbingan
konseling berarti memahamai hal
yang bersifat mendasar dan pokok
dalam melakukan layanan
Bimb...
• Sumber dari prinsip-prinsip yang
digunakan dalam layanan
Bimbingan Konseling adalah kajian
filosofis, hasil penelitian, ...
Syamsu Yusuf LN: 2008
a. bimbingan merupakan bagian integral dari
pendidikan
b. Guidance for all
c. Berorientasi pada peng...
Prayitno
a. Berkenaan dengan sasaran pelayanan
(konseli)
b. Berkenaan dengan masalah individu
c. Berkenaan dengan program ...
BERKENAAN DENGAN SASARAN PELAYANAN
(KONSELI)
1). Bimbingan Konseling melayani semua
individu
2). Bimbingan Konseling terka...
BERKENAAN DENGAN MASALAH INDIVIDU
1).Bahwa penanganan maslah pada Bimbingan
Konseling terbatas. Tidak semua masalah
dapat ...
BERKENAAN DENGAN PROGRAM LAYANAN
1). Bimbingan Konseling merupakan bagian
terintegral dari proses pendidikan.
2). Program ...
BERKENAAN DENGAN PELAKSANAAN LAYANAN
(PROSES) ATAU ADA YANG MENAMBAHKAN
DENGAN TUJUAN
1). Tujuan akhir Bimbingan Konseling...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

4. prinsip bimbingan dan konseling

6,943 views

Published on

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

4. prinsip bimbingan dan konseling

  1. 1. PRINSIP BIMBINGAN DAN KONSELING
  2. 2. PENGERTIAN PRINSIP Prinsip berarti pokok, penting, permulaan, fundamen, aturan pokok. Berdasrkan hal tersebut maka prinsip dapat dimaknai sebagai sesuatu yang bersifat pokok, penting dan menjadi hal yang mendasar.
  3. 3. • Memahami prinsip Bimbingan konseling berarti memahamai hal yang bersifat mendasar dan pokok dalam melakukan layanan Bimbingan Konseling. Prinsip digunakan sebagai pedoman dari sesuatu yang dimaksudkan. Dalam hal ini prinsip layanan Bimbingan Konseling digunakan berdasarkan pedoman yang telah dipadukan dari teori serta pengalaman lapangan.
  4. 4. • Sumber dari prinsip-prinsip yang digunakan dalam layanan Bimbingan Konseling adalah kajian filosofis, hasil penelitian, tujuan, fungsi, pengertian, proses penyelenggaraan serta kehidupan dan perkembangan manusia.
  5. 5. Syamsu Yusuf LN: 2008 a. bimbingan merupakan bagian integral dari pendidikan b. Guidance for all c. Berorientasi pada pengembagan potensi individu d. Guidance as Team work process e. Bimbingan sepanjang hayat f. Bimbingan sejagat hayat
  6. 6. Prayitno a. Berkenaan dengan sasaran pelayanan (konseli) b. Berkenaan dengan masalah individu c. Berkenaan dengan program layanan d. Berkenaan dengan pelaksanaan layanan (proses) atau ada yang menambahkan dengan tujuan
  7. 7. BERKENAAN DENGAN SASARAN PELAYANAN (KONSELI) 1). Bimbingan Konseling melayani semua individu 2). Bimbingan Konseling terkait dengan sikap dan tingkah laku individu yang terbentuk dari berbagai aspek kepribadian yang kompleks. 3). Terdapat perbedaan individu yang harus dipahami serta dipertimbangkan dalam melakukan layanan.
  8. 8. BERKENAAN DENGAN MASALAH INDIVIDU 1).Bahwa penanganan maslah pada Bimbingan Konseling terbatas. Tidak semua masalah dapat diselesaikan melalui Bimbingan Konseling (kita BUKAN “Dewa”) 2).Permasalahan yang menjadi layanan dapat dipahamai melalui bidang bimbingan.
  9. 9. BERKENAAN DENGAN PROGRAM LAYANAN 1). Bimbingan Konseling merupakan bagian terintegral dari proses pendidikan. 2). Program Bimbingan Konseling harus fleksibel 3) Program Bimbingan Konseling harus dilaksanakan secara berkesinambungan 4). Program layanan Bimbingan Konsleing harus diadakan penilaian yang terintegral (sejauh mana keberhasilan program, kesesuaian program dengan pelaksanaannya).
  10. 10. BERKENAAN DENGAN PELAKSANAAN LAYANAN (PROSES) ATAU ADA YANG MENAMBAHKAN DENGAN TUJUAN 1). Tujuan akhir Bimbingan Konseling adalah kemandirian individu 2). Keputusan yang dimabil oleh konseli harus berasal dari diri sendiri 3).Penanganan masalah individu harus dilakukan oleh orang yang berwewenang. 4).Bimbingan Konseling merupakan pekerjaan profesional 5).Guru dan konselor harus saling melengkapi. 6).Organisasi layanan Bimbingan Konseling harus fleksibel. 7).Guru dan orang tua memiliki tanggung jawab yang berkaitan dengan Bimbingan Konseling.

×