Dasar dasar kependidikan mipa

7,173 views

Published on

Published in: Education
1 Comment
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
7,173
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
123
Comments
1
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Dasar dasar kependidikan mipa

  1. 1. DASAR-DASARKEPENDIDIKAN MIPA NAMA: SRI HAMBARWATI NIM: 11-231-083 KELAS: KIMIA III B
  2. 2. Hakikat PENDIDIKAN & SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIAPengertian Hakikat Hakikat sesuatu yang bersifat fundamental atau mendasar dalam memaknai sesuatu.Pengertian Pendidikan Pendidikan suatu usaha yang dilakukan secara sadar dan sengaja untuk mengubah tingkah laku manusia baik individu maupun kelompok untuk mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.Pengertian Sistem Sistem satu kesatuan yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya dalam mencapai tujuan yang sama.
  3. 3. A.Hakikat pendidikanUpaya sadar untuk mengembangkan potensi yangdianugerahkan Tuhan kepada manusia dandiarahkan pada tujuan yang diharapkan agarmemanusiakan manusia atau menjadikannya sebagaiinsan kamil, manusia utuh atau kaffah.
  4. 4. B. Sistem pendidikan di IndonesiaSistem pendidikan di Indonesia yang diprogramkan oleh pemerintah adalah semuawarga negara harus melakukan setidaknyasembilan tahun pendidikan wajib, di mulai enamtahun pada tingkat SD dan selanjutnya tiga tahundi bangku SMP.
  5. 5. Hakikat ipa, matematika dan teknologiA. Hakikat IPA Pengertian IPA IPA Suatu pengetahuan yang ilmiah Hakikat IPA IPA a. Suatu produk b. Suatu proses c. Penerapan
  6. 6. B. Hakikat Matematika Pengertian Matematika Ilmu yang mempelajari logika dari kuantitas, bentuk dan susunan (pola). Hakikat Matematika Merupakan suatu ilmu yang cara bernalarnya deduktif, formal dan abstrak.C. Hakikat Teknologi Pengertian Teknologi Produk dari ilmu pengetahuan. Hakikat Teknologi Tangan untuk melaksanakan kekuasaan yang dimiliki ilmu.
  7. 7. HUBUNGAN ANTARA IPA, MATEMATIKA, DAN TEKNOLOGI SERTA PENGARUHNYA TREHADAP MASYARAKATA. Hubungan antara IPA, Matematika dan Teknologi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) merupakan basis bagi pengembangan tekhnologi dan industri.B. Pengaruhnya Terhadap Masyarakat a). Pemenuhan Kebutuhan Primer  Sandang  Pangan
  8. 8. B). Pemenuhan Kebutuhan Sekunder  Bidang Industri  Bidang Transportasi  Bidang KomunikasiC). Ekonomi, Sosial Dan Budaya  Ekonomi  Sosial  Budaya
  9. 9. TUJUAN PENDIDIKAN MIPA SEBAGAI WAHANA PENDIDIKAN UMUM UNTUK SEMUA SISWA GUNA MEMBENTUK MASYARAKAT YANG MELEKS SAINSSains sangat penting dalam segala aspekkehidupan, karena itu perlu dipelajari agarsemua insan Indonesia mencapai literasisains, sehingga membentuk masyarakatyang melek sains namun tetap berkarakterbangsa.
  10. 10. DASAR-DASAR PENDIDIKAN MIPA DAN APLIKASINYA DALAM PENYEDIAAN FASILITAS DAN TENAGAA. DASAR-DASAR PENDIDIKAN MIPA Berdasarkan kedalaman cara mempelajarinyasains (MIPA) memiliki 4 dimensi, yaitu: (1) Sebagai cara berpikir (2) Sebagai cara untuk menyelidiki (3) Sebagai pengetahuan (4) Sains (MIPA) dan interaksinya dengan teknologi dan masyarakat.
  11. 11. B. APLIKASI MIPA DALAM PENYEDIAAN FASILITAS DANTENAGA Saat ini, banyak dari fasilitas yang kitagunakan merupakan produk dari hasil pembelajaranMIPA. Maksudnya bahwa fasilitas yang dapat kitanikmati saat ini kebanyakan dibuat berdasarkanpemahaman terhadap pelajaran MIPA. Contoh :pembuatan sabun pemahaman atau aplikasi ilmukimia pada materi koloid. dengan mempelajari dan memahami MIPA,akan mampu menciptakan peluang kerja (penyediaantenaga).Contoh: sebagai guru, dokter, ilmuan, dll.
  12. 12. PRINSIP-PRINSIP PENGATURAN PENGELOLAAN LABORATURIUM IPA Standar laboraturium IPA ialah Peraturan menteripendidikan nasional no 24 tahun 2007 tanggal 28 juni 2007. Dalam konteks laboratorium, pengelolaannya menyangkut beberapa aspek yaitu: a. Perencanaan, b. Penataan, c. Pengadministrasian, dan d. Pengamanan.
  13. 13. Perkembangan pendidikan mipa di dunia dewasa ini Di dunia dewasa ini, perkembangan pendidikan MIPA sangat pesat.Terbukti dengan adanya teknologi atau mesin-mesin canggih denganberbagai inovasi yang tersebar luas di penjuru dunia. Semua itumerupakan hasil dari pengembangan pendidikan sains (MIPA). Khususnya di indonesia: Perkembangan pendidikan MIPA semakinpesat, terbukti dengan adanya lembaga-lembaga yang didirikan dengantujuan mangaembangkan kreatifitas peserta didik dalam bidang sains.separti Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga IlmuPengetahuan Indonesia (LIPI) dan Direktorat Penelitian dan Pengabdiankepada Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti.

×