Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Ppt perkembangan masa anak awal

15,772 views

Published on

Psikologi Perkembangan

Published in: Education
  • Login to see the comments

Ppt perkembangan masa anak awal

  1. 1. Oleh: Khumairah
  2. 2. Periode Awal : 2 – 6 Tahun Periode Akhir: 6 – usia remaja Masa kanak-kanak merupakan gambaran awal manusia, tempat dimana kebaikan dan sifat buruk berjalan lambat namun jelas berkembang dan mewujutkan dirinya.
  3. 3. . 1. Usia Mengundang Masalah (usia sulit) 2.Usia Bermain Orang Tua Masa persiapan anak baik fisik maupun mental Pendidik -Usia kelompok - usia meniru -Usia bertanya - Usia KreatifAhli Psikolog
  4. 4. 1. Perkembangan Fisik dan Motorik 2. Perkembangan Inteletual 3. Perkembangan Bahasa 4. Perkembangan Emosi 5. Perkembangan Sosial 6. Perkembangan Bermain 7. Perkembangan Kepribadian 8. Perkembangan Moral 9. Perkembangan Kesadaran Beragama
  5. 5. , Pertumbuhan fisik berlangsung lambat dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan selama masa bayi. Perkembangan fisik pada masa anak-anak ditandai dengan berkembangnya keterampilan motorik, baik kasar maupun halus
  6. 6. Usia Kemampuan Motorik Kasar Kemampuan Motorik Halus 3 – 4 Tahun 1. Naik dan Turun Tangga 2. Meloncat dengan dua kaki 3. Melempar bola 1. Menggunakan Krayon 2. Menggunakan Benda/alat 3. Meniru bentuk (meniru gerakan orang lain) 4 – 6 Tahun 1. Meloncat 2. Mengendarai Sepeda Anak 3. Menangkap Bola 4. Bermain olah raga 1. Menggunakan Pensil 2. Menggambar 3. Memotong dengan gunting
  7. 7. ... Umur 2-4 tahun , dicirikan oleh perkembangan pemikiran simbolis Umur 4-7 tahun , dicirikan oleh perkembangan intuitif
  8. 8.  Fungsi: 1. Alat untuk menyatakan ekspresi 2. Alat untuk mempengaruhi orang lain. 3. Alat untuk memberi nama.  Perkembangan 1. 2-2,6 tahun : anak sudah bisa menyusun kalimat, memahami tentang perbandingan, dll. 2. 2,6 – 6 tahun : sudah dapat menggunakan kalimat majemuk.
  9. 9. ... Emosi yang umum pada awal masa kanak-kanak yaitu: amarah, takut, cemburu, ingin tahu, iri hati, gembira, sedih, kasih sayang, dan phobia. Pada masa kanak-kanak awal emosi anak sangat kuat. Emosi yang meninggi pada awal masa kanak-kanak ditandai oleh ledakan amarah yang kuat, ketakutan yang hebat dan iri hati yang tidak masuk akal.
  10. 10. 1. Anak mulai mengetahui aturan-aturan, baik dilingkungan keluarga maupun lingkungan bermain. 2. Sedikit-demi sedikit anak sudah mulai tunduk pada aturan. 3. Anak mulai dapat bemain bersama anak- anak lain, atau teman sebaya. Perkembangan sosial anak sangat dipengaruhi oleh iklim sosio- psikologis keluarganya. Tanda-tanda perkembangan sosial pada tahap ini adalah:
  11. 11. ... Permainan bagi anak adalah sesuatu bentuk aktivitas yang menyenangkan yang dilakukan semata-mata untuk kaktivitas itu sendiri, bukan karena ingin memperoleh sesuatu yang dihasilkan dari aktivitas tersebut.
  12. 12. .... Pada masa ini anak mulai menemukan bahwa tidak setiap keinginannya dipenuhi orang lain. Pertentangan antara kemauan diri dan dan tuntutan lingkungannya dapat mengakibatkan ketegangan dalam diri anak, sehingga tidak jarang anak meresponnya dengan sikap membandel atau keras kepala.
  13. 13.  Perkembangan moral pada awal masa anak- anak masih dalam tingkat yang rendah. Hal ini disebabkan perkembangan intelektual anak yang belum dapat mempelajari atau menerapkan prinsip-prinsip abstrak tentang benar dan salah.
  14. 14. Sesuai dengan perkembangan intelektualnya yang terungkap melalui kemampuan berbahasanya, maka saat ini tepat sekali jika diajarkan do’a-do’a, surat-surat pendek, bacaan dan gerakan sholat, membaca al-Qur’an.
  15. 15. 1. Aspek kesehatan dan gizi 2. Aspek pengasuhan dan perawatan

×