38441420 skripsi-aplikasi-penjualan-bab-1-5

31,691 views

Published on

skripsi pembuatan aplikasi penjualan

2 Comments
12 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
31,691
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
16
Actions
Shares
0
Downloads
1,583
Comments
2
Likes
12
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

38441420 skripsi-aplikasi-penjualan-bab-1-5

  1. 1. BAB I PENDAHULUAN1.1. Latar Belakang Dewasa ini persaingan semakin ketat dan berkembang sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi serta dunia informasi. Ketiga hal tersebut telah banyak mempengaruhi kehidupan masyarakat dunia internasional pada umumnya. Hampir setiap kegiatan dan aktifitas kehidupan tidak terlepas dari peralatan canggih, mutakhir dan serba modern contohnya adalah komputer. Dalam dunia bisnis perlunya komputer nampaknya tidak dapat dihindarkan lagi. Sebut saja dalam bidang perdagangan dan perbankan dimana sisterm informasi dan pengolahan data yang cepat dan efisien harus segera diwujudkan. Hal ini tentunya untuk meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan. Komputer merupakan alat canggih tepat waktu dan tepat guna di dalam membantu proses pelayanan transaksi, membuat laporan serta untuk mempermudah dan mempercepat proses kerja. Sebagaimana penulis ketahui bahwa masih ada perusahaan-perusahaan kecil di dalam negeri yang melakukan pencatatan transaksi penjualan masih belum memanfaatkan komputer sebagai alat bantu. Seiring terjadinya hambatan yang ditemui dibagian administrasi penjualan dalam menerangkan item-item serta kode-kode barang yang akan dijual dalam jumlah yang banyak sehingga apabila informasi yang dibutuhkan mengenai nama barang dan harganya masih memerlukan waktu yang relatif cukup lama untuk mendapatkannya. 1
  2. 2. 2 Disini diperlukan kecermatan pengolahan data kode barang, nama barang dan harganya serta hal-hal pendukung yang dibutuhkan. Sehingga pada saat dibutuhkan informasi tersebut sudah tersedia. Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk menguraikan masalah tersebut di dalam skripsi ini dengan mengambil judul : “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENJUALAN CD DAN DVD TUTORIAL PADA CV. IBNU YUSUF EFFORT”1.2. Maksud dan Tujuan Maksud dari penulisan skripsi ini adalah : 1. Menarapkan ilmu pengetahuan yang telah di dapat di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Respati Indonesia. 2. Untuk dapat menyajikan informasi penjualan CD Dan DVD Tutorial yang tersedia pada CV. Ibnu Yusuf Effort. 3. Mempermudah proses pencatatan dan pelaporan penjualan CD Dan DVD Tutorial. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk memenuhi satu syarat kelulusan strata satu ( S1 ) di Fakultas Teknologi Informasi Program Studi Teknik Informatika Universitas Respati Indonesia . 1.3. Ruang Lingkup Ruang lingkup masalah yang akan dibahas dalam penulisan skripsi ini adalah kegiatan yang terjadi pada CV. Ibnu Yusuf Effort dimulai dari proses input data barang, transaksi penjualan tunai sampai dengan laporan data transaksi secara periodik.
  3. 3. 3 1.4. Metode Penelitian Dalam rangka mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam penyusunan skripsi ini, yang dilakukan penulis antara lain : 1. Metode Pengamatan Langsung (Observasi) Penulis mengamatai langsung ke beberapa CD Dan DVD Tutorial terhadap kegiatan yang dilakukan yang berhubungan dengan masalah yang hendak dibahas.2. Wawancara (Interview) Penulis Bertanya langsung kepada pemilik dan orang yang berhubungan langsung dengan kegiatan tersebut.3. Studi Pustaka Penulis mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan dengan memperlajari buku-buku yang berhubungan dengan penulisan skripsi dan sebagai pengambilan referensi. 1.5. Sistematika Penulisan Agar penulisan data terarah dan mudah dimengerti, maka sistematika penulisan dibagi dalam beberapa bab sebagai berikut:
  4. 4. 4BAB I PENDAHULUANDalam bab ini berisi gambaran secara umum tentang latar belakang masalah, maksuddan tujuan, metode penelitian, ruang lingkup dan sistematika penulisan.BAB II LANDASAN TEORIBab ini berisikan tentang konsep dasar sistem informasi yang berkaitan denganpermasalahan yang dibahas struktur sistem informasi, komponen sistem informasimanajemen, peralatan pendukung (Tools System) yang berkaitan dengan ruang lingkuppenulisan.BAB III ANALISA SISTEM BERJALANMembahas secara umum yang berkaitan sistem berjalan yang meliputi umum,prosedur sistem berjalan, diagram alir data sistem berjalan, kamus data, spesifikasisistem berjalan, spesifikasi sistem kompoter, permasalahan pokok dan alternatifpemecahan masalah.BAB IV SISTEM YANG DIUSULKANBab ini berisi tentang sistem flow usulan, spesifikasi file, stuktur kode, spesifikasi file,stuktur kode, spesifikasi bentuk masukan, spesifikasi bentuk keluaran, spesifikasiprogram.BAB V PENUTUPSebagai Penutup dari Penulisan skripsi ini akan dikemukakan kesimpulan dan saran.
  5. 5. 5 BAB II LANDASAN TEORI2.1 Konsep Dasar Pemrograman Menurut Tata Sutabri (2005:148) “Progam adalah suatu kumpulan instruksi-instruksi atau kode yang disusun secara logis dan sistematis sehingga merupakan suatuprosedur yang lengkap yang akhirnya dapat digunakan oleh pemakai dalam pengoprasianaplikasi”. Bahasa komputer juga merupakan sarana komunikasi yang menjembatani antaramanusia dengan komputer. Bahasa-bahasa yang dipakai oleh programer untuk menuliskankumpulan instruksi atau program disebut “bahasa pemrograman”. Terdapat dua jenis bahasapemrograman yang terdiri dari: 1. Bahasa Tingkat Tinggi (High Level Language) Agar instruksi tersebut menjadi suatu program yang dapat dimengerti oleh komputer, maka instruksi tersebut harus dituliskan kedalam bahasa pemrograman yang dapat diterjemahkan oleh kompilator yang disebut dengan bahasa tingkat tinggi. Yang merupakan bahasa tingkat tinggi, diantaranya : BASIC, COBOL, FORTRAN, ALGOL, dan sebagainya. 2. Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language) Bahasa yang dimengerti oleh mesin komputer adalah instruksi dalam bahasa mesin (Machine Language) yang merupakan bahasa tingkat rendah. Salah satu jenis bahasa komputer yang termasuk dalam bahasa tingkat rendah ini disebut dengan Assembler. Instruksi-instruksi yang dibuat dalam bahasa pemrograman disebut program sumber (Source Program), sedangkan program yang sudah diterjemahkan 5
  6. 6. 6 kedalam bahasa mesin disebut program object (Object Program). Ciri bahasa tingkat rendah adalah bahwa cara penulisan instruksinya sangat mendekati bentuk instruksi-instruksi dalam bahasa mesin. Setelah permasalahan dan kebutuhan input dan output telah didefinisikan dengan jelas, maka untuk keperluan penulisan programnya harus ditentukan terlebih dahulu bahasa pemrograman yang akan digunakan. Sebagai contoh adalah program “Visual Basic 6.0”. Didalam Visual Basic anda diberi kemudahan dalam penggunannya karena dengan program ini anda tidak akan lagi menulis instruksi pemrograman dalam betuk kode-kode baris, tetapi secara mudah anda akan melakukan drag and drop pada obyek yang akan anda gunakan. Visul Basic tegolong dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) yang berasal dari BASIC (Beginner All Purpose Symbolic Instruction Code) yang dalam sejarahnya sudah banyak digunakan oleh programmer untuk menyusun aplikasinya.3. HIPO (Hierarcy Plus Input-Process-Output) Menurut Jogiyanto HM (2001:787) ”HIPO (Hierarcy Plus Input-Process- Output) merupakan metodologi yang dikembangkan oleh IBM. HIPO sebenarnya adalah alat dokumentasi program”. HIPO juga banyak digunakan sebagai alat desain dan teknik dokumentasi dalam siklus pengembangan sistem. HIPO berbasis pada fungsi, yaitu tiap-tiap modul didalam sistem digambarkan oleh fungsi utamanya. HIPO dapat digunakan sebagai alat pengembangan sistem dan teknik dokumentasi program. Fungsi-fungsi dari sistem digambarkan oleh HIPO dalam tiga tingkatan. Untuk masing-masing tingkatan digambarkan dalam bentuk diagram sendiri.
  7. 7. 7 Dengan demikian HIPO menggunakan tiga macam diagram untuk masing-masing tingkatannya. Adapun tingkatan-tingkatan tersebut adalah sebagai berikut: a. VTOC (Visual Table Of Contents) Diagram ini menggambarkan hubungan dari fungsi-fungsi di sistem secara berjenjang. b. Overview Diagram Diagram ini menunjukan secara garis besar hubungan dari input, proses dan output. Bagian input menunjukan item-item yang akan digunakan oleh bagian proses. Bagian proses berisi sejumlah langkah-langkah yang menggambarkan kerja dari fungsi. Bagian output berisi item-item data yang dihasilkan atau modifikasi oleh langkah-langkah proses. c. Detail Program Detail Diagram merupakan diagram tingkat yang paling rendah di diagram HIPO. Diagram ini berisi dengan elemen-elemen dasar dari paket yang menggambarkan secara rinci kerja dari fungsi.4. Flowchart Menurut Jogiyanto HM (2001:766) “Diagram Alur (Flowchart), merupakan simbol-simbol yang digunakan untuk menggambarkan urutan proses yang terjadi didalam suatu program komputer secara sistematis dan logis”. Diagram alir terdiri dari simbol-simbol yang mewakili fungsi langkah program dan garis alir (flow lines) menunjukan urutan dari simbol-simbol yang akan dikerjakan. Berikut ini adalah bentuk dasar struktur logika yang diwakili oleh bagan alir:
  8. 8. 8a. Struktur urut sederhana (simple sequence structure) Struktur ini hanya berisi langkah-langkah yang urut saja, satu diikuti yang lainnya.b. Struktur Bercabang (branch structure) Struktur ini suatu loncatan ke proses tertentu oleh statemen GOTO atau statemen IF.c. Struktur seleksi (selection structure) Struktur ini merupakan penyelesaian kondisi yang menggunakan statemen IF- THEN-ELSE.d. Stuktur perulangan FOR (FOR loop structure) Struktur ini merupakan perulangan beberapa blok statemen yang dibentuk dengan statemen FOR.e. Struktur perulangan DO-WHILE (DO-WHILE structure) Struktur ini menunjukan suatu blok statemen akan dikerjakan (DO) berulang- ulang selama (WHILE) kondisi yang diseleksi masih terpenuhi dan akan keluar dari lingkungan loop bola kondisi sudah tidak terpenuhi.f. Struktur perulangan DO-UNTIL (DO-UNTIL loop structure) Struktur ini menunjukan suatu blok statemen akan dikerjakan (DO) sampai (UNTIL) kondisi yang diseleksi tidak terpenuhi.g. Struktur CASE (CASE structure) Stukrut ini akan memproses sebuah blok statemen pada salah satu kondisi case yang terpenuhi dari sejumlah case yang ada.
  9. 9. 92.2. Konsep Normalisasi Menurut Tata Sutabri (2005:232) ”Untuk dapat melakukan langkah-langkah sesuai yang diberikan oleh metodologi pengembangan sistem yang tersetruktur, maka dibutuhkan suatu alat dan teknik untuk dapat melaksanakannya”. Alat-alat yang digunakan dalam suatu metodologi umumnya berupa gambar, tabel, diagram atau kode. Menurut Linda Marinda (2004:118) “Normalisasi adalah proses pengelompokkan elemen data menjadi tabel-tabel yang menunjukkaan entity dan relasinya”. Dimana kondisi yang diuji untuk membantu mengurangi atau mencegah timbulnya masalah yang berhubungan dengan pengolahan data di dalam database. Terdapat beberapa macam kunci (key function) biasa digunakan di dalam pengolahan database sebagai berikut: a. Primary key Kunci utama pada suatu tabel yang berguna sebagai pengenal yang befungsi untuk menangani field yang nilainya tidak boleh sama. b. Candidate key Sama dengan halnya primary key, nilai setiap field tidak boleh sama, bedanya jumlah index candidate boleh lebih dari satu dalam satu tabel. c. Alternate key Kunci kandidat yang tidak dipakai sebagai Primary key. d. Foreign key Satu atribut yang melengkapi satu relationship. Pada proses normalisasi ini perlu dikenal definisi dari tahapan normalisasi yaitu sebagai berikut:
  10. 10. 10a. Bentuk Tidak Normal (Unnormalized Form) Bentuk ini merupakan kumpulan data yang akan direkam, tidak ada keharusan mengikuti suatu format tertentu, data dapat saja tidak lengkap atau terduplikasi. Data dikumpulkan apa adanya sesuai kedatangannya. b. Bentuk Normal Kesatu (1NF / First Normal Form) Bentuk normal kesatu mempunyai ciri yaitu setiap data dibentuk dalam flat file (file data Rata-rata), data dibentuk dalam satu record demi record dan nilai dari field berupa “atomic value”. Tidak ada set atribut yang berulang atau atribut bernilai ganda (multivalue). c. Bentuk Normal Kedua (2NF / Second Normal Form) Bentuk normal kedua mempunyai syarat yaitu bentuk data telah memenuhi kreteria bentuk normal kesatu. Atribut bukan kunci haruslah bergantung secara fungsi pada kunci utama atau primary key. d. Bentuk Normal Ketiga (3NF / Third Normal Form) Untuk menjadikan bentuk normal ketiga maka relasi haruslah dalam bentuk normal kedua dan semua atribut bukan primer tidak mempunyai hubungan yang transitif. Dengan kata lain, setiap atribut bukan kunci haruslah bergantung hanya pada primary key dan pada primary key secara menyeluruh. e. Boyce-Codd Normal Form (BCNF) Untuk menjadi Boyce-Codd Normal Form, relasi harus dalam bentuk normal kesatu dan setiap atribut harus bergantung fungsi pada atribut super key.
  11. 11. 112.3. Konsep Data Flowchart Diagram Penjualan adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapat kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Pendefinisian ini berdasarkan pada konsep kebutuhan, keinginan, dan permintaan dari produk, nilai, biaya dan kepuasan dalam pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran, serta penjualan. Di dalam penjualan terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan dan keinginan tertentu, serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan itu. Perusahaan atau organisasi harus melakukan usaha pernjualan dan promosi yang agresif. Dalam hal ini konsep tersebut beranggapan bahwa jika konsumen tidak mau membeli maka konsumen harus didorong supaya membeli dengan berbagai cara promosi dan usaha penjualan yang efektif untuk merangsang pembeli. Dalam melakukan penjualan suatu perusahaan harus memusatkan pada kebutuhan menjual yaitu menukar produknya menjadi nilai uang. a. Persyaratan DFD Ada persyaratan yang harus dipatuhi dalam penggunaan diagram alir data untuk membuat model sistem adalah sebagai berikut: 1. Di dalam diagram alir data, Extenal entity tidak dapat bertemu dengan data store. 2. Di dalam diagram alir data, Data store tidak dapat bertemu dengan external entity.
  12. 12. 12 3. Setiap proses harus ada data flow yang masuk dan juga ada data flow yang keluar. 4. Di dalam diagram alir data, tidak diperkenankan External entity bertemu dengan external entity.b. Simbol yang digunakan Data Alir Diagram Beberapa simbol yang digunakan DFD untuk maksud mewakili sebagai berikut: 1. Kesatuan Luar (External Entity) atau Batas Sistem (Boundary). Sistem akan menerima input dan menghasilkan output kepada lingkungan luarnya. Kesatuan luar merupakan kesatuan dilingkungan luar sistem yang dapat berupa orang, organisasi atau sistem lainnya yang berada dilingkungan luarnya yang akan memberikan input atau menerima output dari sistem. 2. Arus Data (Data Flow). Arus data (Data Flow) di DFD diberi simbol suatu anak panah. Arus data ini mengalir diantara proses (Process), simpanan data (Data Store) dan kesatuan luar (External Entity). Arus ini merupakan arus dari data yang dapat berupa masukkan untuk sistem atau hasil dari proses sistem. Arus data sebaiknya diberi nama yang jelas dan mempunyai arti.3. Proses (Process) Suatu Proses merupakan kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin komputer dari hasil suatu arus data yang masuk kedalam proses untuk menghasilkan arus data yang keluar dari proses. Proses dapat ditunjukan dengan simbol lingkaran atau dengan segi empat persegi panjang tegak dengan sudut-sudutnya tumpul.
  13. 13. 13 4. Simpanan Data (Data Store) Merupakan simpanan dari data yang dapat disimbolkan dengan sepasang garis horizontal paralel yang tertutup disalah satu ujungnya.2.4. Konsep Sistem Sistem Informasi Manajemen atau sering disebut dengan SIM terpadu merupakan penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi-informasi oleh semua tingkatan manajemen. Sistem Informasi Manajemen (SIM) didefmisikan oleh George M. Scott sebagai berikut "suatu SIM adalah kumpulan dari interaksi sistem informasi yang menyediakan informasi baik untuk kebutuhan manajerial maupun kebutuhan informasi". Menurut Barry E. Gushing sebagai betikut "Suatu Sistem Informasi adalah kumpulan-kumpulan dari manusia dan sumber daya modal dalam suatu organisasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi semua tingkatan manajemen dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian". Menurut Frederich H. Wu sebagai berikut "Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan-kumpulan dari sistem-sistem yang menyediakan informasi untuk mendukung manajemen ". Menurut Gordon B. Davis. SIM adalah sistem manusia atau mesin yang menyediakan informasi untuk mendukung operasi manajemen dan fungsi pengambilan keputusan dari suatu organisasi.
  14. 14. 14 Sistem Informasi Manajemen merupakan suatu sistem yang melakukan rungsi- fungsi untuk menyediakan semua informasi yang mempengaruhi semua operasi organisasi.a. Karateristik Sistem Suatu sistem memiliki karateristik atau sifat yang tertentu, yaitu antara lain1. Komponen Sistem (Components) Suatu sistem yang terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Setiap sistem betapapun kecilnya selalu mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem dan setiap subsistem memiliki suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi secara keseluruhan.2. Batasan Sistem (Boundary) Merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lain atau lingkungan luarnya. Batas Sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan. Batasan suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut. Merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lain atau lingkungan luarnya. Batas Sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan. Batasan suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.3. Lingkungan Luar Sistem (environment)
  15. 15. 15 Lingkungan Luar (environment) dari suatu sistem adalah apapun yang diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan merupakan energi dari sistem yang harus tepat dijaga dan dipelihara. Sedangkan yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan, jika tidak dikendalikan akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem tersebut.4. Penghubung Sistem (Interface) Interface atau Penghubung merupakan media yang menghubungkan antara satu sistem dengan subsistem yang lain. Melalui penghubung inilah yang memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem yang lainnya. Keluaran (output) dari satu subsistem akan menjadi (input) untuk subsistem yang lainnya dengan melalui penghubung. Dengan penghubung satu subsistem dapat berinteraksi dengan subsistem yang lainnya hingga membentuk satu kesatuan.5. Masukkan Sistem (Input) Masukan (Input) merupakan suatu energi yang dimasukkan ke dalam sistem yang dapat berupa masukkan perawatan (Maintenance Input) dan masukan sinyal (Signal Input). Maintanance input adalah energi yang dimasukan supaya sistem tersebut dapat beroperasi sedangkan signal input merupakan energi yang diproses untuk didapatkan keluaran.6. Keluaran Sistem (Output) Keluaran (Output) adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan.7. Pengolahan Sistem (Process)
  16. 16. 16 Sistem dapat memiliki suatu bagian pengolahan yang akan merubah masukan menjadi keluaran.8. Tujuan Sistem (Objective Goal) Suatu sistem pasti mempunyai tujuan (Goal) atau sasaran (Objectives). Jika suatu sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya. Sasaran dari sistem sangatlah menentukan sekali masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. Karena suatu sistem akan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuannya. a. Klasifikasi Sistem Sistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dengan komponen yang lainnya, karena sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi di dalam sistem tersebut. sistem dapat di klasifikasi sistem dari beberapa sudut padang, di antaranya adalah sebagai berikut. 1. Sistem Abstrak dan Sistem Fisik Sistem abstrak adalah sistem yang berupa suatu pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik, sedangkan sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik.
  17. 17. 17 2. Sistem Alamiah Dan Sistem Buatan manusia Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, sedangkan sistem buatan manusia merupakan sistem yang melibatkan interaksi manusia dengan mesin.Sistem Deterministik Dan Sistem Probabilistik Sistem deterministik adalah sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yang dapat di prediksi, misalnya sistem komputer. Sedangkan sistem probabilistik adalah sistem yang kondisi masa depannya tidak dapat di prediksi.Sistem Terbuka Dan Sistem Tertutup Sistem terbuka merupakan sistem yang berhubungan dan mempengaruhi lingkungan luarnya, sedangkan sistem tertutup merupakan sistem yang tidak terpengaruh oleh lingkungan luarnya.
  18. 18. 18 BAB III ANALISA SISTEM YANG SEDANG BERJALAN3.1. Tinjauan Perusahaan Kepesatan Kemajuan ilmu Pengetahuan dan teknologi telah meningkatkankomunikasi secara mengesankan. Informasi menyebar secara mengagumkan hampir tanpahambatan batas antara negara. Pada zaman globalisasai seperti ini menyebabkan perubahanyang besar dan drastis pada masyarakat dan lingkungan usaha di seluruh dunia. Arus lalu lintas perubahan memukul perusahaan-perusahaan dan menyebabkansebagian jatuh, sebagian lagi terjerat dalam gelombang ketidak pastian antara selamat dantenggelam. Namun banyak juga yang tetap bertahan dan berkembang dengan pesat, Karenaperusahaan-perusahaan tersebut telah merekayasa ulang bisnisnya serta memperbaikikualitas sistem manajemen dan korapetisi personil. Selama masa yang masih menyulitkan ini CV. Ibnu Yusuf Effort, masih dapatmelaksanakan operasionalnya yang menguntungkan. Hal ini dapat tercapai melaluikombinasi-kombinasi antara strategi manajemen yang baik, tenaga kerja yang
  19. 19. 19berpengalaman dan kemampuan perusahaan dalam melaksanakan Pekerjaan-pekerjaandengan hasil yang baik. Dengan sistem manajemen yang dinamis dan profesional serta kompetisi sumberdaya manusia. Didukung dengan penuh keyakinan setiap perubahan lingkungan perusahaandimasa datang menjadi mitra andalan dari CV. Ibnu Yusuf Effot, yang sampai sekarangbenar-benar dipegang teguh. 18 3.1.1. Sejarah Perusahaan CV. Ibnu Yusuf Effort didirikan berdasarkan Akta No.03 tanggal 18 Maret 2003yang telah mendapatkan Pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia denganKeputusan no. 03 / PD / 2003 / PN Bks tanggal 21 Maret 2003 dan telah didaftarkan dikantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Kota Bekasi. No. TDP102658233913 dan No. SIUP 510 / 202 - PERINDAG - PK - II -2003. CV. Ibnu Yusuf Effort merupakan disributor yang memusatkan perhatiannya padaproduk-produk pendidikan terutama yang berkaitan dengan pembelajaran software danaplikasi komputer berupa CD Dan DVD Turorial Interaktive yaitu CD Dan DVD yangberisi tentang materi pelajaran yang berkaitan dengan penggunaan aplikasi komputer secarainteraktive antara komputer itu sendiri dengan Pemakai. CV. Ibnu Yusuf Effort telah memasarkan produk-poduknya di JABODETABEK(Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), produk-produk tersebut adalah : CD Dan DVDBelajar Windows & Word, Microsoft Exel, Microsoft Power Point, Penggunaan Internet,Microsoft Access, Adobe Photoshop, Corel DRAW12, Auto Cad 2 Dimensi, Page Maker,MYOB Accounting, Al-Quran Player, Animasi Vektor Flash MX, Jaringan Komputer,
  20. 20. 20Visual Basic, Perakitan Komputer, Adobe Premiere, Adobe Alter Effects, Transalator, danMacromedia Freehand MX. Setelah perusahaan berdiri dengan surat-surat perizinan yang lengkap maka CV.Ibnu Yusuf Effort memulai menjalankan strategi-strategi baru untuk meningkatkanpenjualan yang berakibat pada naiknya omset perusahaan, diantaranya menawarkan produk-produk yang ada kepada toko-toko yang mempunyai banyak cabang seprti: 1. Toko Buku Gunung Agung 2. Toko Buku TISERA 3. Toko Buku Salemba 4. Toko Buku TRI MEDIA Book Store (Kelompok Gramedia) Selain itu langkah perluasan distribusi juga dilakukan di mall-mall di seluruh JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) antara lain: 1. Mall Mangga dua 2. Mall Ambasador 3. Mall Plaza Pinangsia 4. Mall Ratu Plaza 5. Mega Mall Bekasl 6. Depok Town Square 7. MargoCity CV. Ibnu Yusuf Effort telah menjalin kerja sama dengan PT. Proactive Multi Media sebagai penerbit CD Dan DVD Belajar komputer dan berusaha untuk menjalin kerja sama dengan Produsen barang-barang yang berkaitan dengan alat-alat
  21. 21. 21 pendidikan namun untuk saat ini CV. Ibnu Yusuf Effort masih memaksimalkan pemasaran pada produk CD Dan DVD Belajar Komputer. 3.1.2. Struktur Organisasi dan Fungsi Dalam suatu perusahaan atau organisasi, manajemen merupakan hal yangsangat penting dalam mendukung tercapainya visi dan misi yang telah ditentukan olehperusahaan itu sendiri. Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut, perusahaanharus memiliki manajemen yang baik. Oleh karena itu, didalam suatu perusahaan harusterjalin kerjasama yang baik antara pimpinan dengan bawahan agar dapat menciptakaniklim organisasi yang baik sehingga segala kegiatan perusahaan atau organisasi dapatberjalan baik dan lancar. Disini penulis memberi gambaran mengenai bagan struktur dariorganisasi Ibnu Yusut Effort beserta fungsi dan tugas karyawan yang terlibat didalamnya STRUKTUR ORGANISASI CV. Ibnu Yusuf Effort Pemilik Manager Bagian Keuangan Bagian Gudang Bagian Pemasaran Gambar II.1 Struktur Organisasi CV. Ibnu Yusuf Effort
  22. 22. 22Wewenang dan tanggung jawab masing-masing bagian dalam CV. Ibnu Yusuf Effort adalahsebagi berikut: 1. PemilikMemberikan wewenang kepada Manager untuk mengelola laju perusahaan dengan arahan-arahan yang bersifat strategis. 2. ManagerMemberi tanggung jawab kepada bawahannya dan mengukur prosedur tata-tertib pekerjaanyang dibawahi, serta bertanggungjawab kepada masing-masing bagian yang adadibawahnya.3. Bagian KeuanganBertugas mencatat semua transaksi keuangan baik dana masuk atau dana keluar danmenyajikan laporan keuangan yang dibutuhkan, bagian keuangan juga bertanggung jawabatas penyimpanan dokumen-dokumen penting yang berkaitan dengan kegiatan usaha. 4. Bagian GudangBagian ini bertanggung jawab atas keluar masuknya barang, menjaga kesetabilan stockbarang yang ada di gudang. Bagian gudang juga bertugas memesan barang yang dibutuhkansetelah melalui persetujuan Manager. 5. Bagian PemasaranBagian ini bertanggung jawab melayani agen-agen yang memesan barang, menawarkanproduk kepada agen-agen baru dan menjaga hubungan baik dengan mitra usaha yang telahada
  23. 23. 233.3. Data Flowchart Diagram Sistem Berjalan SPB, Faktur SJ Penerbit SJ Gudang Sistem Pemesanan PO PO, Faktur SJ Barang pada CV. Ibnu Yusuf Effort LSB Pimpinan Gambar II.2. Diagram Konteks Sistem Berjalan
  24. 24. 24keterangan :SPB : Surat Penawaran BarangPO : Purchase OrderLSB : Laporan Stok Barang PO PO 1.0 Penerbit SPB Pemesanan SPB Gudang Barang PO Arsip PO SJ 2.0 PO Penerimaan Barang Faktur SJ Faktur Arsip Faktur 3.0 Faktur Pengecekan Barang 4.0 SJ Faktur, SJ Laporan LSB Pimpinan
  25. 25. 25 Gambar III.3. Diagram Nol Sistem Berjalan3.4. Kamus Data Kamus data merupakan katalog fakta tentang data dan kebutuhan informasidari sistem informasi, data yang di gunakan dalam kamus data ini adalah dokumen masukandan keluaran PURCHASE ORDER ( SURAT PESANAN )KODE JENIS NAMA HARGA STOK BARANG Mengetahui Di terima Oleh(................................) (...................................)
  26. 26. 26Kamus data dari purchase order di atas adalah :PURCHASE = ISI* Purchase order yang valid*ISIKODE+JENIS+NAMA_BARANG+HARGA+STOKNO = *Nomor unit dari barang yang di order*maksimun 1 macam setiap order formulir*KODE_BARANG =*15 digit*HARGA =*dalam rupiah FAKTURNomor Faktur :Tanggal Faktur :Kode Barang :Nama Barang :Harga Jual :Stok Barang :Sub Total :KODE NAMA HARGA JUMLAH SUBTOTAL BARANG
  27. 27. 27 Total Harga = Cash = Kembali =Kamus data dari Faktur di atas adalah :FAKTUR = TOP HEADER+ISI+FOOTER*Faktur yang valid*TOP HEADERNOMOR+TANGGAL_FAKTUR+KODE_BARANG+HARGA_JUAL+STOK_BARANG+SUB_TOTALISINOMOR_FAKTUR+KODE+NAMA_BARANG+HARGA+JUMLAH+SUBTOTALNO = *Nomor unit dari barang yang di faktur*maksimun 1 macam setiap faktur formulirNOMOR_BARANG = *15 digit*Harga = *dalam rupiah*FOOTERTOTAL_HARGA+CASH+KEMBALITOTAL_HARGA = *Total dari jumlah barang yang di faktur*
  28. 28. 28 CASH = *Jumlah yang harus di cash oleh langganan* KEMBALI =*Jumlah yang harus di bayar oleh langganan* 3.5. Spesifikasi Sistem Berjalan Kegiatan yang memerlukan suatu masukkan atau input yang kemudian masukkan tersebut akan melalui suatu pemrosesan sehingga dari hasil pemrosesan tersebut menghasilkan suatu keluaran atau output sesuai dengan yang diharapkan. Begitulah gambaran yang terjadi pada suatu sistem komputerisasi, apabila satu dari ketiga unsur tersebut yaitu Input, Proses, Output tidak ada atau tidak berfungsi maka tidak akan bisa suatu sistem tersebut berjalan. 3.5.1. Rancangan bentuk Masukana. Nama Dokumen : Data Barang Fungsi : Mengetahui data barang yang ada Sumber : Pemilik
  29. 29. 29 Tujuan : Bagian Penjualan Frekuensi : Setiap menambah barang baru Media : Tampilan layar Bentuk : Lampiran C-3b. Nama Dokuemn : Data Kasir Fungsi : Sebagai informasi jumlah kasir yang terdaftar Sumber : Kasir Tujuan : Pemilik Frekuensi : Setiap menambah kasir dan merubah data Media : Tampilan layar Bentuk : Lampiran C-4 c. Nama Dokumen : Data Transaksi Fungsi : Untuk melaporkan transaksi Sumber : Bagian Penjualan Tujuan : Kasir Frekuensi : Setiap ada transaksi pembelian Media : Kertas Bentuk : Lampiran C-5 3.5.2. Rancangan Bentuk Keluarana. Nama Dokumen : Laporan Jumlah Barang Fungsi : Melaporkan barang Penjualan yang sudah dilakukan oleh setiap kasir Sumber : Kasir Tujuan : Pimpinan Perusahaan Frekuensi : Setiap 1 bualn kali
  30. 30. 30 Jumlah : 1 lembar Media : Cetak Bentuk : Lampiran C-6b. Nama Dokumen : Laporan Penjualan Perkasir Fungsi : Melaporkan transaksi penjualan yang sudah dilakukan oleh setiap kasir Sumber : Kasir Tujuan : Pimpinan Perusahaan Frekuensi : Setiap 1 bulan sekali Jumlah : 1 lembar Media : Kertas Bentuk : Lampiran C-7c. Nama Dokumen : Laporan Transaksi Penjualan Tunai Fungsi : Sebagian laporan data penjualan kasir secara ditoko Sumber : Kasir Tujuan : Pimpinan Perusahaan Frekuensi : Setiap satu bulan sekali Jumlah : 1 lembar Media : Kertas Bentuk : Lampiran C-8d. Nama Dokumen : Struk penjualan Fungsi : Sebaai tanda bukti tunai Sumber : Kasir Tujuan : pembeli Frekuensi : Setiap ada transaksi Jumlah : 1 lembar Media : Cetak
  31. 31. 31 Bentuk : Lampiran C-93.6. Normalisasi File a. Bentuk Tidak Normal (Unnormalized Form) Kode_barang Nama_barang Jenis_barang Harga Stok Kode_user Nama_user Password No_faktur Tanggal_faktur Kode_user Nama_user Kode_barang Jumlah_beli Sub_total
  32. 32. 32 b. Bentuk Normal Kesatu (1 NF atau First Normal Form) Kode_barang * Nama_barang Jenis_barang Harga Stok No_faktur * Tanggal_faktur Jumlah_beli Sub_total Kode_user * Nama_user Password Keterangan:• Candidate Key
  33. 33. 33c. Bentuk Normal Kedua (2 NF atau Second Normal Form) Tabel Barang Kode_barang * Tabel User Nama_barang Kode_user * Jenis_barang Nama_user Harga Password Stok Tabel Transaksi No_faktur * Tanggal_faktur Jumlah_beli Sub_total Kode_user ** Kode_barang **
  34. 34. 34Keterangan:* Merupakan Kunci Primer ( Primary Key)** Merupakan Kunci Tamu (Foreign Key) d. Bentuk Normal Ketiga (3 NF atau Third Normal Form) Tabel Barang Tabel User Kode_barang* Nama_barang Kode_user* Jenis_barang Nama_user Harga Password Stok Tabel Transaksi Tabel Faktur Jumlah_beli Sub_total No_faktur* Tanggal_faktur Total_bayar No._faktur** Kode_barang** Kode_user**
  35. 35. 35 Keterangan : * Merupakan Kunci Primer ( Primary Key) ** Merupakan Kunci Tamu (Foreign Key)3.7. Konfigurasi komputer sistem berjalan Keyboard + Mouse Optical Hardisk CPU 120 Gb Pentium IV Drive Monitor Printer LCD Inkjet/Deskjet 17”
  36. 36. 36 Gambar II.4. Konfigurasi komputer system berjalan3.8. Permasalahan Pokok Makin besar suatu perusahaan itu berkembang maka makin banyak pulapermasalahan yang akan timbul. Hal ini pun akan menghambat perkembangan ataupertumbuhan perusahaan tersebut. Apabila permasalahan tersebut tidak segera dicermatiuntuk selanjutnya dicari solusinya lambat laun perusahaan tersebut akan mengalamikerugian pada segala bidang dan kemudian bukan mustahil terjadi kebangkrutan. Haltersebut tentunya tidak diinginkan oleh para pengusaha dimanapun berada. Seiring dengan perkembangannya, CV. Ibnu Yusuf Effort pun juga mengalamibeberapa masalah yang cukup serius dan perlu sekali dicarikan solusinya. Setelahmelakukan observasi atau pengamatan secara langsung dilapangan, Penulis melihatbeberapa masalah. Masalah tersebut diantaranya: pada saat pemesanan barang khususnyadalam pembuatan Surat Pemesanan barang sering sekali terjadi selisih antara stock barangyang ada dengan barang yang akan dipesan (Buffer), maka saal proses terakahir yaitu prosesserah terima barang antara pihak gudang dengan penerbit sering sekali mengalamiketerlambatan informasi data barang yang kurang maupun barang yang sudah melebihistock buffer, maka untuk merevisi problem tersebut diperlukan siklus proses yang cukupmemakan waktu yang sangat bertentangan sekali dengan prosedural perusahaan dalam segiketerlambatan pelayanan yang selalu dikejar oleh dateline.
  37. 37. 37 Disini pihak CV. Ibnu Yusuf Effort ingin menghilangkan tata cara tersebut agarwaktu yang digunakan akan lebih cepat dan efisien dalam proses pemesanan barang dalampenyajian informasi data barang.3.9. Alternatif Pemecahan Masalah Berdasarkan Riset yang telah penilis lakukan, maka penulis akan memberikansuatu alternatif pemecahannya, adapun alternatif tersebut adalah : a. Pakailah sistem komputer yang menerapkan software aplikasi yang konferhensif baik dalam pemesanan maupun pengiriman sampai dengan penerimaan barang dalam hal ini sekaligus merupakan program usulan bagi penulis bagi perusahaan. b. Proses pembuatan laporan pemesanan barang sebaiknya dibuatkan program yang baku sehingga untuk pelaksanaannya tinggal membuka file data barang dan hanya mengisikan beberapa data dan langsung mengirim data tersebut melalui jaringan yang langsung berhubungan dengan pihak CV. Ibnu Yusuf Effort , pihak gudang maupun pihak Penerbit tanpa melalui proses yang berkepanjangan. Demikian alternatif pemecahan masalah yang dapat penulis berikan untuk mengatasipermasalahan yang timbul pada CV. Ibnu Yusuf Effort penulis menyadari bahwa alternatifpemecahan masalah tersebut masih menjadi bahan pertimbangan perusahaan, Namunpenulis berharap agar dapat lebih meningkatkan efisiensi kerja dan dapat mempermudahpelaksanaan tugas yang bersangkutan agar tujuan perusahaan dapat tecapai
  38. 38. 38 BAB IV SISTEM YANG DIUSULKAN4.1 Umum Dengan semakin berkembangnya teknologi komputer dalam menangani berbagaimasalah kehidupan, perlu ditinjau dari segi manfaat apa yang di dapat penggunaankomputer. Karena perlu sekali diadakannya sistem komputerisasi, maka penulis disinimencoba mengusulkan adanya komputerisasi sistem pada CV. Ibnu Yusuf Effort dengantidak menyimpan dari apa yang ada. Sistem yang diusulkan merupakan komputerisasi sistem yang lama atau sistem yangberjalan, di mana cara kerja atau prosedur sistem yang baru tidak jauh berbeda dengan
  39. 39. 39system yang lama. Perubahan dari sistem yang lama ke sistem yang baru diharapkan dapatmembantu serta mengatasi permasalahan yang timbul dari permasalahan yang lama. Adapun tujuan dari sistem yang diusulkan kopmputerisasi secara umum adalah untukmenghasilkan sistem yang mamapu memenuhi kebutuhan-kebutuhan perusahan sertamampu menyelesaikan permasalahan yang ada. Sedang tujuan sistem yang diusulkan komputerisasi secara khusus adalahmeningkatkan efektifitas prosedur kerja, mendayagunakan sumber daya yang berguna baikdari segi brainware, hardware, dan software guna menghasilkan informasi yangberkualitas, akurat, tepat waktu dan terperinci. Sasaran sistem baru diharapkan penyelesaikan permasalahan-permasalahan yangtimbul adalah : 38 1. perkerjaan menjadi lebih efektif dan lebih efisien dengan waktu pelayanan yang singkat. 2. mengurangi segala bentuk kesalahan yang sering timbul.4.2. Prosedur Sistem Usulan 1. Prosedur Penjualan dan Pembayaran Kustomer datang langsung ke CV. Ibnu Yusuf Effort untuk membeli dengan memilih dan melihat barang. Setelah terjadi transaksi maka bagian penjual akan mencatat data- data barang dalam database komputer dan menghitungnya serta membuat print out nota penjualan yang berisi data-data barang yang beli.
  40. 40. 402. Prosedur pengembalian (Retur) Prosedur pengembalian adalah prosedur kembalinya barang dimana pembeli tidak jadi membeli atau kekurangan uang dengan menyerahkan nota penjualan dan diserahkan ke penjual. Selanjutnya penjual melakukan pencatatan data retur pengembalian ke file database dan memberikan print out nota retur kepada Kustomer.3. Prosedur Pembuatan Laporan Bagian penjualan akan membuat laporan penjualan dari database sistem yang baru kemudian hasilnya diserahkan ke bagian administrasi dan disahkan oleh Accouting. 4.3. Data Flowchart Diagram Sistem Usulan SPB, Faktur SJ Gudang Penerbit SJ PO, Faktur SJ Sistem Pemesanan PO Barang pada CV. Ibnu Yusuf Effort LSB Pimpinan
  41. 41. 41 Gambar II.5. Diagram Konteks Sistem Usulanketerangan :PO : Purchase OrderLSB : Laporan Stok BarangSPB : Surat Penawaran BarangSJ : Surat Jalan Penerbit SPB PO 1.0 2.0 PO Proses Proses Pemesanan Penerimaa SPB nBarang Gudang Barang PO Arsip PO Faktur SJ Faktur Arsip Faktur 3.0 Proses Faktur Pengecekan Barang SJ 4.0 SJ Faktur, SJ Proses Laporan LSB Pimpinan
  42. 42. 42 Gambar II.6. Diagram Nol Sistem Usulan4.4. Spesifikasi File 1. File Barang Penulis membuat satu data base dengan nama penjualan1.mdb dengan tabel-tabel sebagai berikut: a.Nama tabel : Tabel barang b. Akronim file : Barang c.Organisasi file : Index sequential d. Akses file : Random e.Tipe file : File master f. Record size : 87 karakter g. Software : Microsoft access
  43. 43. 43 h. Record key : Kode barang i. Media file : Hardisk Table II.1. File Barang No Elemen Data Akronim Tipe Size Keterangan Kode_barang Kode_barang Text 15 Primary Key 1 Nama_barang Nama_barang Text 25 2 Jenis_barang Jenis_barang Text 20 3 Harga Harga Currenc 8 4 Stok Stok y 4 5 Keterangan Keterangan Long 15 6 Text2. File KasirSebagai laporan jumlah kasir yang terdaftar.Spesifikasi file user adalah sebagai berikut: a. Nama tabel : Tabel user b. Akronim file : User c. Organisasi file : Index sequential d. Akses file : Random e. Tipe file : File master f. Record size : 36 karakter g. Software : Microsoft access
  44. 44. 44 h. Record key : Kode user i. Media file : Hardisk Table II.2. File Kasir No Elemen Data Akronim Tipe Size Keterangan 1 User_ID User_id Text 15 Primary Key 2 Password Password Single 6 3 Nama_pemilik Nama_pemilik Text 25 4 Status Status Text 153. File TransaksiBila surat penawaran barang disetujui calon pembeli, maka pihak toko akanmemulai transaksi penjualan barang dengan konsumen.Spesifikasi file transaksi penjualan tunai adalah sebagai berikut: a. Nama tabel : Tabel transaksi penjualan tunai b. Akronim file : Penjualan tunai c. Organisasi file : Index sequential d. Akses file : Random e. Tipe file : File transaksi f. Record size : 52 karakter g. Software : Microsoft access
  45. 45. 45 h. Record key : No_Transaksi i. Media file : Hardisk Table II.3. File Tansaksi Penjualan Tunai No Elemen Data Akronim Tipe Size Keterangan 1 No._transaksi No._transaksi Text 10 Primary Key 2 Kode_barang Kode_barang Text 15 Foreign Key 3 Nama_barang Nama_barang Text 15 4 Hagra_Jual Harga_jual Double 4 5 Stok_barang Stok_barang Long 4 6 Sub_total Sub_total Double 44. Spesifikasi file faktur Spesifikasi fille faktur adalah sebagai berikut: a.Nama tabel : Tabel faktur b. Akronim file : Faktur c.Organisasi file : Index Sequential d. Akses file : Random e.Tipe file : File master f. Recond size : 39 karekter g. Software : Microsoft Acces h. Recond key : No. Transaksi i. Media File : Hardisk
  46. 46. 46 Tabel II.4 File Faktur No Elemen Data Akronim Tipe Size Keterrangan 1 No. transaksi No._faktur Text 10 Primary key 2 Tanggal faktur Tgl_faktur Date 6 3 Total bayar Total_bayar Double 8 4 User_id User_id Text 15 Foreign key4.5. Struktur Kode Menurut Jogiyanto HM (2001:384) “Kode digunakan untuk tujuan mengklasifikasikan data, memasukan data kedalam komputer dan untuk mengambil bermacam-macam informasi yang berhubungan dengannya.” Kode dapat dibentuk dari kumpulan huruf, angka dan karakter-karakter khusu (misalnya %, /, $, #, dan lain sebagainya). Angka merupakan simbol yang paling banyak digunakan dalam sistem kode. Ada beberapa macam tipe dari kode yang dapat digunakan yang diantaranya: a. Kode Mnemonik Kode mnemonik (mnemonic code) digunakan untuk tujuan supaya mudah diingat. Kode mnemonik dibuat dengan dasar singkat atau mengambil sebagaian karakter
  47. 47. 47dari item yang akan diwakilkan dengan kode ini, misalnya “P” untuk mewakiliPria dan kode “W” untuk mewakili Wanita.b. Kode UrutKode urut (sequential code) disebut juga dengan kode seri (seri code) merupakankode yang nilainya urut antara satu kode dengan kode berikutnya.c. Kode BlokKode blok (block code) mengklasifikasikan item kedalam kelompok blok tertentuyang mencerminkan satu kalsifikasi tertentu atas dasar pemakaian maksimumyang diharapkan.d. Kode GroupKode group (group code) merupakan kode yang berdasarkan field-field dan tiapfield kode mempunyai arti.e. Kode DesimalKode desimal (decimal code) mengkalsifikasikan kode dasar sepuluh unit angkadesimal dimulai dari nol sampai dengan angka sembilan atau tergantung daribanyaknya kelompok.f. Bercode (Kode Baris)Kode baris digambarkan dalam bentuk baris hitam tebal dan tipis yang disusunberderet sejajar horisontal. Untuk membantu pembacaan secara manualdicantumkan juga angka-angka dibawah kode baris tersebut. Angka-angka tersebuttidak mendasari pola kode baris yang tercantum.
  48. 48. 48 4.6. Program Flowchart Flowchart program merupakan keterangan yang lebih rinci tentang bagaimana setiap langkah program atau prosedur sesungguhnya dalam proses yang tepat saat terjadi Program flowchart yang di buat di dalam program aplikasi sistem penjualan terdiri dari: A. Program Flowchart Untuk Login B. Program Flowchart Untuk Menu Utama C. Program Flowchart Untuk Menu Master Data Barang D. Program Flowchart Untuk Menu Master Data Per-kasir E. Program Flowchart Untuk Menu Master Data TransaksiF. Program Flowchart Untuk Menu Laporan A. Login Start Masukkan user password dan status Tidak Tidak Ya User dan Tidak Verifikasi Passwor N>=3 Login password benar d salah Ya Keluar
  49. 49. 49 Ya Tidak Menu Utama Ya End Gambar II.7. LoginB. Menu Utama Start Data Lapora n Exit Ya Ya Tidak Tidak Maste Baran Baran Data r g g Ya Ya File File Ya Ya Ya Penjuala Ya Transa Lapora Per ksi File n n User Transak Exit Ya File Ya FileYa si Tidak
  50. 50. 50 Tidak Tidak Tidak Gambar II.8. Menu UtamaC. Menu Master Data Barang Start Ya Tambah Edit Simpan Hapus Exit Ya Ya Ya Tambah Automatic Input Data Kode Barang Pilih Jenis Barang Simpa Tidak n Ya Double Simpan Klik Data Ya
  51. 51. 51 Tampil Data Edit Edit Data Tidak Tidak Ya Edit Update Data Tidak Ya Tidak Hapus Yakin akan Yakin dihapus Ya Hapus Keluar Data Exit Gambar II.9. Menu Master BarangD. Menu Master Data Perkasir Start Ya Tambah Edit Simpan Hapus Exit Ya Ya Ya Input Data Tambah Automatic Automatic User ID Nama Password Pemilik Pilih Status Ya Simpa Tidak n Double Keluar Klik Data Data Hapus Edit Edit Yakin akan Yakin Ya Exit Tampil Data Tidak Ya Tidak Tidak Ya Edit Data dihapus Ya Update Ya Data Hapus Tidak
  52. 52. 52 Simpan Gambar II.10. Menu Master PerkasirE. Menu Master Data Transaksi Start Proses Simpan Keluar Tidak Pros Ya Automatic Ya Data Cari Nomor Barang es Data Transaksi Double Klik Data Ya Masuk Jumlah Input Ya Masuk Tidak Lagi Grid Simp Ceta Automatic Struk Proses an k Kembali Penjualan Penjualan Tidak
  53. 53. 53 Input Cash Simp an Ya Ya Back up Struk Tidak Proses cetak Tidak Ya Tidak Kelu ar Kel Ya Yakin akan Yak uar End keluar in Gambar II.11. Menu Master TransaksiF. Menu Laporan Start Laporan data transaksi Laporan data barang laporan data perkasir Pilih tanggal awal Ya Pilih tanggal akhir Proses laporan Print penjualan Cetak laporan transaksi penjaualan transaksi
  54. 54. Ya Lapora n Data Transa ksi 54 Ya Ya Ya Tidak Tidak Proses Ya Tidak Cetak Ya laporan Cetak laporan Tidak data barang barang Tidak Cetak Ya Cetak laporan Tidak laporan data perkasir perkasir Tidak Exit Gambar II.12. Menu Laporan 4.7. Rancangan bentuk Masukana. Nama Dokumen : Data Barang Fungsi : Mengetahui data barang yang ada Sumber : Pemilik Tujuan : Bagian Penjualan Frekuensi : Setiap menambah barang baru Media : Tampilan layar Bentuk : Lampiran C-3 b. Nama Dokuemn : Data Kasir Fungsi : Sebagai informasi jumlah kasir yang terdaftar
  55. 55. 55 Sumber : Kasir Tujuan : Pemilik Frekuensi : Setiap menambah kasir dan merubah data Media : Tampilan layar Bentuk : Lampiran C-4 c. Nama Dokumen : Data Transaksi Fungsi : Untuk melaporkan transaksi Sumber : Bagian Penjualan Tujuan : Kasir Frekuensi : Setiap ada transaksi pembelian Media : Kertas Bentuk : Lampiran C-5 4.8. Rancangan Bentuk Keluarana. Nama Dokumen : Laporan Jumlah Barang Fungsi : Melaporkan barang Penjualan yang sudah dilakukan oleh setiap kasir Sumber : Kasir Tujuan : Pimpinan Perusahaan Frekuensi : Setiap 1 bualn kali Jumlah : 1 lembar Media : Cetak Bentuk : Lampiran C-6 b. Nama Dokumen : Laporan Penjualan Perkasir
  56. 56. 56 Fungsi : Melaporkan transaksi penjualan yang sudah dilakukan oleh setiap kasir Sumber : Kasir Tujuan : Pimpinan Perusahaan Frekuensi : Setiap 1 bulan sekali Jumlah : 1 lembar Media : Kertas Bentuk : Lampiran C-7c. Nama Dokumen : Laporan Transaksi Penjualan Tunai Fungsi : Sebagian laporan data penjualan kasir secara ditoko Sumber : Kasir Tujuan : Pimpinan Perusahaan Frekuensi : Setiap satu bulan sekali Jumlah : 1 lembar Media : Kertas Bentuk : Lampiran C-8d. Nama Dokumen : Struk penjualan Fungsi : Sebagai tanda bukti tunai Sumber : Kasir Tujuan : pembeli Frekuensi : Setiap ada transaksi Jumlah : 1 lembar Media : Cetak Bentuk : Lampiran C-9
  57. 57. 574.9. Spesifikasi Program 1. Login Nama program : Form_Login Akronim : Form _login.frm Package program : Microsoft Visual Basic 6.0 Fungsi program : Merupakan form yang digunakan untuk membuka form penjualan 1 user tidak memiliki user name ataupun password,maka akses untuk membuka form tersebut tolak Bentuk format : Lampiran C-1 Proses : 1. Jalankan Program Login dengan Mengklik
  58. 58. 58 Input data login. 2. Masukkan data login ID 3. Masukkan data password 4. Pilih Admin 5. Jika ingin pilih login, jika tidak ingin login lagi, maka pilih keluar2. Form Menu UtamaNama program : Form_Menu UtamaAkronim : Form_Menu Utama.frmPackage program : Microsoft Visual Basic 6.0Fungsi program : Menu awal yang befungsi sebagai pengolahan data yang terdiri dari: 1. Data 2. Laporan 3. ExitBentuk format : Lampiran C-2
  59. 59. 59Proses : 1. Jalankan program dengan mengeklik program visual basic 2. Kemudian tampilkan layar utama,maka akan tampil layar menu 3. Jika telah selesai. Pilih exit dan akan kembali tampilan layar utama.
  60. 60. 604. Form Data Barang Didalam menu ini terdapat sub menu yang terdiri dari: 1) Barang Terdiri dari menu master barang dan menu master kasir yang digunakan untuk menginput data. Proses : 1. Jalankan dengan mengklik lnput data barang 2. Masukkan data barang yang akan dibeli 3. Jika tidak ingin menginput lagi, maka pilih exit. Bentuk format : Lampiran C-3
  61. 61. 612) Data Kasir Terdiri dari menu master user dan yang digunakan untuk menginput data. Proses : 1. Jalankan dengan mengklik lnput data user 2. Masukkan data user yang akan dipakai 3. Jika tidak ingin menginput lagi, maka pilih exit. Bentuk format : Lampiran C-4
  62. 62. 623) Data Transaksi Terdiri dari menu transaksi penjualan tunai yang digunakan untuk memproses data. Proses : 1. Jalankan dengan mengklik lnput data barang 2. Masukkan kode yang dicari dan kode barang dengan mengklik tanda cari langsung OK
  63. 63. 63 3. Lalu disimpan dengan mengklik tombol save 4. Jika sudah tekan exit, akan kembali ke menu utama. Bentuk format : Lampiran C-55. Laporan Jumlah Barang Didalam menu ini terdapat sub menu yang terdiri dari 1) Laporan Jumlah barang Proses : 1. Jalankan dengan mengklik menu laporan data barang
  64. 64. 64 2. Jika sudah dilihat tekan close,akan kembali ke menu utama Bentuk format : Lampiran C-62) Laporan penjualan perkasir Proses : 1. Jalankan dengan mengklik input data kasir 2. masukkan kode kasir dan nama kasir dengan mengklik tanda tambah
  65. 65. 65 3. Lalu disimpan dengan mengklik tombol save 4. Jika sudah tekan exit, akan kembali ke menu utama Bentuk format : Lampiran C-73) Laporan transaksi penjualan tunai Proses : 1. Jalankan dengan mengklik menu laporan data transaksi
  66. 66. 66 2. Jika sudah dilihat tekan close, akan kembali ke menu utama Bentuk format : Lampiran C-86. Menu Faktur Cetak Faktur Penjualan Tunai Proses : 1. Jalankan dengan mengklik input penjualan transaksi tunai
  67. 67. 67 2. Masukkan nomor faktur, kode kasir, nama kasir dan kode barang dan jumlah barang 3. Lalu diprint dengan mengklik tombol printer 4. Jika sudah tekan exit, akan kembali ke menu utama Bentuk Format : Lampiran C-97. Menu Exit 1). Exit Digunakan untuk keluar dari lingkungan program menu utama
  68. 68. 68 Proses : 1. Jalankan dengan mengklik input exit 2. Jika sudah dilihat tekan exit, akan keluar8. Diagram Hipo 0.0 2.3 1.2.1 2.2 Login 1.1.1 1.1.2 1.1 1.0 1.2 Transaksi 2.0 3.0 Laporan Master Master Penjualan Laporan Transaksi Barang Master Kasir Data Transaksi Tunai Per Kasir Laporan 0.1 Exit 1.1 1.0 1.1 0.1 1.0 1.2 2.0 0.1 Menu Utama 2.0 0.1
  69. 69. 69 Gambar II.13. Diagram HIPO (Hierarki Input Proses Output) 4.10. Sarana Pendukung Sistem4.10.1. Perangkat Keras
  70. 70. 70 Perangkat keras dapat terdiri dari alat masukan, alat pemroses, alat keluarandan simpanan luar.a. Alat Masukan (input) Alat masukan (input device) adalah alat yang digunakan untuk menerima masukan. Alat masukan selain untuk memasukan data, dapat juga untuk memasukan program. Alat input dapat digolongkan ke dalam dua golongan, yaitu alat input langsung (online input) dan alat input tidak langsung (off line input). Alat input langsung, yaitu input yang dimasukkan dan langsung di proses oleh CPU, tanpa lewat suatu media lainnya lagi. Alat input tidak langsung, yaitu input yang dimasukan tidak langsung di proses oleh CPU, tetapi dalam bentuk media tertentu. Media yang menampung input tersebut adalah simpanan luar yang dapat berupa disk megnetik, pita megnetik maupun kartu.b. Alat Pemroses (process) Alat pemroses adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah data yang dimasukan melalui alat input yang hasilnya akan ditampilkan di alat output. Alat pemroses terdiri dari central processor atau CPU (central processing unit) dan main memory. Dengan adanya penjelasan diatas, maka penulis memberikan suatu spesifikasi perangkat keras yang mungkin dapat digunakan : 1. Processor : Pentium IV (2.00 Ghz) 2. Ram : 1 GB
  71. 71. 71 3. Hardisk : 120 GB 4. Monitor : LCD 17” 5. Keyboard : Standar PS/2 atau USB 6. Mouse : Standar PS/2 atau USB 7. Printer : Deskjet/ Inkjet 8. Optical Drive : DVD – RW4.10.2. Perangkat Lunak Adapun spesifikasi software adalah dalam proses mengaplikasikan sebuahkomputer agar dapat berjalan sesuai yang dikehendaki, maka penulis menggambarkan,mengenai perangkat lunak (software) yang digunakan dalam perancangan programuntuk penyusunan tugas akhir ini. Perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung jalannya program yangdirancang oleh penulis adalah : 1. Microsoft Windows XP : Sebagai sistem operasi 2. Microsoft Visual Basic : Sebagai bahasa pemrograman 3. Microsoft Access 7.0 : Sebagai aplikasi penampung database
  72. 72. 72 4.11. Jabwal Implementasi Bulan I Bulan II Bulan IIINO KEGIATAN I I II III I II III IV I II III IV V1. Observasi2. Wawancara Perumusan3. masalah Studi4. pustaka Desain5. sistem6. Laporan
  73. 73. 73 BAB V PENUTUP5.1 Kesimpulan Berdasarkan uraian pada bab-bab sebelumnya, maka dapat di tarik kesimpulan : a. Sistem yang telah terkomputerisasi dengan program komputer akan sangat membantu sekali dalam menyelesaikan suatu masalah. Dalam hal ini pengolahan transaksi dalam menyelesaikan suatu masalah transaksi penjualan barang, sehingga konsumen tidak dikecewakan oleh perusahaan karena lamanya dalam pemrosesan dan pengolahan data tidak terjamin kebenaran dan ketepatannya. b. Dengan program komputer dapat mempercepat proses pembuatan laporan penjualan barang dalam setiap priode tertentu. c. Agar program aplikasi ini selalu berjalan dengan perkembangan data dan teknologi sebaiknya selalu mengadakan pembaharuan secara berkala terhadap program aplikasi yang ada atau melengkapi kelemahan-kelemahan program ini. 72
  74. 74. 745.2. Saran Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis mencoba memberikan saran adapun saran yang penulis kemukanan adalah sebagai berikut : a. Di dalam progam penjualan barang ini terhadap program seperti entry data barang, program transaksi penjualan, program perubahan data barang dan laporan penjualan barang, sehingga diperlukan tenaga operator yang mengetahui dasar- dasar ilmu komputer untuk mengoperasikannya. Karena operator yang akan menjamin pelayanan yang baik pula kepada perusahaan dan konsumen. b. Sebaiknya diadakan suatu pelatihan terhadap para operator yang akan menjalankan aplikasi ini sehingga tidak menghambat rangkaian kerja yang akan dilakukan dan untuk menjamin kebenarannya, ketepatan, dan kecepatan pemrosesan data. Demikianlah pembahasan penulis tentang program aplikasi yang dibuat, semoga bermanfaat bagi penulis maupun pembaca pada umumnya, tapi penulis menyadari untuk itu segala kritik dan saran yang membangun akan penulis terima dengan senang hati demi kesempurnaan program ini.
  75. 75. 75 DAFTAR PUSTAKAIndriyanna, Indah. Panduan TA: Membuat Aplikasi Penjualan Barang Dengan Visual Basic 6.0, Alif Media, Yogyakarta, 2009Jogiyanto, HM.2001. Analisis & Disain Sistem Informasi.Yogyakarta: Andi OffsetMarinda, Linda. 2004. Sistem Basis Data, Jakarta: Elex Media KomputindoRiyanto Adhi Wibowo. Teknik Pemrograman Visual Basic 6.0. Jakarta: ProactiveRaymond Mcleaod. Dr, George P Sehell. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Selemba EmpatSutabri,Tata. 2005. Sistem Informasi Manajemen.Yogyakarta: Andi Offset
  76. 76. 76 DAFTAR RIWAYAT HIDUPI. Biodata Mahasiswa Npm : 081190014 Nama Lengkap : Aji Satria Tempat dan Tanggal Lahir : Jakarta, 16 Januari 1987 Alamat Lengkap : Jl.Pondok Melati Rt 002/06 No.51 Jatiwarna Pondok Melati Bekasi 17415II. Pendidikan Formal 1. SDN Kecapi 1, Tahun 1999 2. SLTP 192 Lubang Buaya, Tahun 2002 3. SMAN HUTAMA Pondok Gede, Tahun 2005 PengalamanSETIFIKAT Komputer ( Word, Excel ) Jakarta, 20 Juli 2010 Saya yang bersangkutan, Aji Satria
  77. 77. 77CODING SCRIPT PROGRAM APLIKASI PENJUALAN
  78. 78. 78Lampiran C-1 Coding Script Untuk Spesifikasi Program LoginPrivate Sub TbLogin_Click() If txtUser.Text = "" Then MsgBox "USER ID MASIH KOSONG !", _ vbCritical + vbOKOnly, "Error" txtUser.SetFocus ElseIf txtPwd.Text = "" Then MsgBox "PASSWORD MASIH KOSONG !", _ vbCritical + vbOKOnly, "Error" txtPwd.SetFocus Else SQL = "" SQL = "SELECT * FROM Pengguna " _ & "WHERE UserID=" & txtUser.Text & " " _ & " AND PassID=" & txtPwd.Text & "" _ & " AND Status=" & cmbStatus.Text & "" Set Rs_Pengguna = KoneksiDB.Execute(SQL) If Not Rs_Pengguna.BOF Then If Rs_Pengguna!Status = "ADMIN" Then Unload Me FrmMenu.Enabled = True FrmMenu.Show FrmMenu.mnuLaporan.Enabled = True FrmMenu.mnuBarang.Enabled = True
  79. 79. 79 FrmMenu.mnuUser.Enabled = True FrmMenu.mnuTransaksi.Enabled = True FrmMenu.mnuTransJual.Enabled = True FrmMenu.mnuJualPeriode.Enabled = True Else Unload Me FrmMenu.Enabled = True FrmMenu.Show FrmMenu.mnuLaporan.Enabled = True FrmMenu.mnuLapBarang.Enabled = True FrmMenu.mnuTransJual.Enabled = True FrmMenu.mnuJualPeriode.Enabled = True FrmMenu.mnuBarang.Enabled = True FrmMenu.mnuUser.Enabled = True FrmMenu.mnuTransaksi.Enabled = True End If PenggunaID = Rs_Pengguna!UserId PenggunaNm = Rs_Pengguna!Nama Unload MeElse Periksa, login hanya 3 kali 3x gagal pesan error ditampilkan If MaxLogin < 3 Then MsgBox "PASSWORD MASIH SALAH, SILAHKAN ULANGI LAGI!", _
  80. 80. 80 vbCritical + vbOKOnly, "Error" txtPwd.Text = "" txtPwd.SetFocus MaxLogin = MaxLogin + 1 Else MsgBox "ANDA BUKAN USER YANG BERHAK!", _ vbCritical + vbOKOnly, "Error" End End If End If End IfEnd SubPrivate Sub TbTutup_Click() Unload MeEnd Sub
  81. 81. 81Lampiran C-2 Coding Script Untuk Spesifikasi Program Menu UtamaOption ExplicitPrivate Sub mnuJualNota_Click() frmLapJualNota.Show 1End SubPrivate Sub mnuLapJenis_Click() With rptJenis .Sections("Section4").Controls("Label5").Caption = _ Format(Date, "dd MMMM yyyy") .Show 1 End WithEnd SubPrivate Sub Form_Load()End SubPrivate Sub mnuJualPeriode_Click() frmLapJualPeriode.Show 1End SubPrivate Sub mnuJualTgl_Click() frmLapJualTgl.Show 1End SubPrivate Sub mnuLUser_Click() With rptKasir .Sections("Section4").Controls("Label8").Caption = _ Format(Date, "dd MMMM yyyy")
  82. 82. 82 .Show 1 End WithEnd SubPrivate Sub mnuUser_Click() frmUser.Show 1End SubPrivate Sub mnuJenis_Click() frmJenis.Show 1, FrmUtamaEnd SubPrivate Sub mnuKeluar_Click()Dim X As ByteX = MsgBox("Yakin mau keluar ?", vbYesNo, "Konfirmasi")If X = vbYes ThenUnload MeEnd IfEnd SubPrivate Sub mnuLapJual_Click() With rptLapPenjualan .Sections("Section4").Controls("Label5").Caption = _ Format(Date, "dd MMMM yyyy") .Show 1 End WithEnd SubPrivate Sub mnuLapBarang_Click()
  83. 83. 83 With rptBarang .Sections("Section4").Controls("Label5").Caption = _ Format(Date, "dd MMMM yyyy") .Show 1 End WithEnd SubPrivate Sub mnuLogin_Click() If FrmUtama.mnuLogin.Caption = "Login" Then frmLogin.Show 1 Else mnuLaporan.Enabled = False mnuBarang.Enabled = False mnuJenis.Enabled = False mnuUser.Enabled = False mnuTransaksi.Enabled = False Me.mnuLogin.Caption = "Login" End IfEnd SubPrivate Sub mnuBarang_Click() frmBarang.Show 1, FrmMenuEnd SubPrivate Sub mnuBarangJenis_Click() frmLapBarangJenis.Show 1End Sub
  84. 84. 84Private Sub mnuTamStok_Click() frmTambahStok.Show 1End SubPrivate Sub mnuTransJual_Click() frmTransaksi.Show 1, FrmMenuEnd SubPrivate Sub Toolbar1_ButtonClick(ByVal Button As MSComctlLib.Button) On Error Resume Next Select Case Button.Index Case 1: frmJenis.Show 1 Case 2: frmBarang.Show 1 Case 4: frmJual.Show 1 Case 6: frmLogin.Show 1 End SelectEnd Sub
  85. 85. 85Lampiran C-3 Coding Script Untuk Spesifikasi Program Data BarangOption ExplicitDim GridObjIndex As ByteDim Kd_Jenis As StringDim KodeBarang As StringDim KeteranganBarang As StringPrivate Sub Form_Load() Move (Screen.Width - Width) / 2, _ (Screen.Height - Height) / 3 Call BukaDatabase Call TampilGridData Call FormMati TbHapus.Enabled = False TbSimpan.Enabled = False TbUbah.Enabled = False Call CmbJenis_Click Call cmbJenis_DropDownEnd SubSub FormKosong() txtKode.Text = "" cmbJenis.ListIndex = -1 txtNama.Text = "" txtHarga.Text = "0" txtStok.Text = "0"
  86. 86. 86 txtKeterangan.Text = ""End SubSub FormHidup() txtKode.Enabled = True cmbJenis.Enabled = True txtNama.Enabled = True txtHarga.Enabled = True txtStok.Enabled = True txtKeterangan.Enabled = TrueEnd SubSub FormMati() txtKode.Enabled = False cmbJenis.Enabled = False txtNama.Enabled = False txtHarga.Enabled = False txtStok.Enabled = False txtKeterangan.Enabled = FalseEnd SubSub FormNormal() Call FormKosong Call FormMati txtStok.Locked = False TbTambah.Enabled = True TbHapus.Enabled = False

×