Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Bab 7 manajemen strategis perusahaan (pengantar manajemen)

5,754 views

Published on

Pengantar Manajemen

Published in: Education
  • Follow the link, new dating source: ♥♥♥ http://bit.ly/369VOVb ♥♥♥
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
  • Sex in your area is here: ❶❶❶ http://bit.ly/369VOVb ❶❶❶
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here

Bab 7 manajemen strategis perusahaan (pengantar manajemen)

  1. 1. MANAJEMEN STRATEGIS PERUSAHAAN BAB 7
  2. 2. A. KONSEP DASAR MANAJEMEN STRATEGIS  Topik yang membahas mengenai cara bagaimana perusahaan dapat memelihara keberlangsungan operasinya dalam jangka panjang, yaitu manajemen strategis.
  3. 3. 1. Pengertian Strategi  Rencana komprehensif untuk mencapai tujuan.  Untuk mempertahankan keberlangsungan organisasi di lingkungan di mana organisasi tersebut menjalankan aktivitasnya.  Bagi organisasi bisnis, strategi dimaksudkan untuk mempertahankan keberlangsungan bisnis perusahaan dibandingkan para pesaingnya dalam memenuhi kebutuhan konsumen.
  4. 4. 2. Komponen Strategi  Kompetensi yang berbeda  kelebihan perusahaan dibandingkan perusahaan lainnya.  Ruang lingkup  lingkungan di mana organisasi atau perusahaan tersebut beraktivitas.  Distribusi sumber daya  bagaimana sebuah perusahaan memanfaatkan dan mendistribusikan sumber daya yang dimilikinya dalam menerapkan strategi perusahaan.
  5. 5. 3. Jenis Strategi  Pertama, strategi pada tingkat perusahaan  Kedua, strategi pada tingkat bisnis  Ketiga, strategi pada tingkat fungsional
  6. 6. B. MELAKUKAN MANAJEMEN STRATEGIS  Penyusunan strategi Proses penyusunan strategi Penilaian keperluan penyusunan strategi Analisis situasi internal dan eksternal (analisis SWOT) Pemilihan strategi (strategi menyerang, strategi bertahan, turn- around strategy)
  7. 7. B. MELAKUKAN MANAJEMEN STRATEGIS Pilihan strategi berdasarkan analisa swot turn-around strategy strategi menyerang Strategi bertahan turn-around strategy Kekuatan Kelemahan PeluangTantangan
  8. 8.  Proses manajemen strategis: 1. Perencanaan strategi: penentuan tujuan  penyusunan strategi 2. Implementasi strategi: implementasi yang dijalankan berdasarkan strategi yang dipilih dan pengendalian atas implementasi yang dilakukan.
  9. 9. C. LEBIH LANJUT MENGENAI TINGKATAN STRATEGI STRATEGI MANAKAH YANG HARUS DIPILIH UNTUK SETIAP KEGIATAN STRATEGI?
  10. 10. 1. Strategi di Tingkat Korporat  Strategi yang dilakukan perusahaan untuk menjawab pertanyaan seperti, “bisnis apakah yang sebaiknya dilakukan oleh perusahaan?”  Pendekatan dalam melaukan strategi: a. Strategi portofolio (untuk meminimalkan risiko bisnis yang dijalankannya dengan melakukan investasi di berbagai sektor bisnis). Beberapa cara yang dapat dilakukan pada strategi portofolio:
  11. 11. 1) Pengambilalihan perusahaan tertentu 2) Diversifikasi yang tidak berhubungan 3) Penentuan strategi berdasarkan analisis matriks BCG (untuk mengetahui bagaimana posisi perusahaan dalam sektor bisnis yang sedang dijalankan)
  12. 12. b. Strategi utama (untuk mempertahankan kegiatan perusahaan dalam jangka panjang). Jenis strategi utama: 1) Strategi pertumbuhan  dalam rangka pengembangan kegiatan bisnis perusahaan dari bisnis yang sedang dijalankan dengan maksud untuk meningkatan pangsa pasar, pendapadatan, ataupun peningkatan jumlah cabang dari perusahaan. 2) Strategi kestabilan  untuk mempertahankan keadaan perusahaan di pasar. 3) Strategi penghematan  untuk memulihkan posisi perusahaan di pasar dari kondisi yang buruk
  13. 13. 2. Strategi di Tingkat Bisnis  Dalam rangka mempertahankan kemampuan kompetisi  Untuk mengetahui posisi perusahaan, dilakukan analisis lingkungan mikro.  Salah satu model yang dapat membantu perusahaan dalam melakukan analisis lingkungan mikro: model 5 faktor pendorong kompetisi dari Michael Porter (Five Forces Factor Model)  1) Pelanggan 2) Persaingan dalam bisnis yang sama 3) Potensi pendatang baru 4) Pemasok faktor input 5) Perusahaan subtitusi
  14. 14.  Strategi yang dapat dilakukan pada tingkat bisnis: 1) Strategi pemosisian  untuk memenangkan persaingan. Terdapat 3 jenis: a. Strategi keunggulan biaya b. Strategi diferensiasi c. Strategi fokus 2) Strategi penyesuaian  untuk memilih strategi yang paling sesuai ketika perusahaan berhadapan dengan berbagai perubahan yang terjadi di lingkungan bisnis yang dijalankan.
  15. 15. 4 jenis strategi penyesuaian: a. Strategi deefenders: untuk mempertahankan perusahaan agar tetap bertahan dalam bisnis yang sedang dijalankan, daripada harus gulung tikar. b. Strategi prostectors: untuk mengejar pertumbuhan secara lebih agresif. Mengembangkan bisnis ke arah yang lebih luas lagi. c. Strategi analyzers: gabungan antara strategi deefenders dan strategi prostectors. Tujuan yang ingin dicapai adalah pertumbuhan pada bisnis yang sedang dijalankan sambil melakukan minimalisasi risiko. d. Strategi reactors: cenderung bersifat reaktif dan menungu peluang yang ada dan bagaimana perusahaan lain menjawab perusahaan tersebut.
  16. 16. 3. Strategi di Tingkat Fungsional  Hal ini disebabkan perusahaan cenderung melakukan persaingan pada jenis bisnis tertentu yang sedang dijalankan, dan tidak pada tingkat perusahaan maupun sektor bisnis diperdagangkan.  Terdapat 2 faktor yang menentukan bagaimana strategi di tingkat fungsional perlu dilakukan: 1) Kesamaan pasar 2) Kesamaan sumber
  17. 17. SEKIAN TERIMAKASIH

×