Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Pengertian dan Fungsi Calibre

8,278 views

Published on

Laporan tentang penggunaan Calibre, mulai dari pengenalan, bagian-bagian Tools, fungsi, Instalasi, mengunduh buku, hingga cara pembuatan Library baru

Published in: Software
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Pengertian dan Fungsi Calibre

  1. 1. 2013 Donny Kurniawan X-TKJ1 11/11/2013 Calibre
  2. 2. A. Tujuan - Mengetahui fungsi dan tujuan software Calibre - Dapat mengoperasikan Calibre B. Alat dan Bahan 1. Alat - PC/Laptop 2. Bahan - C. Keselamatan Kerja. - Berdo’a sebelum memulai praktik. - Memakai seragam praktek. - Berhati-hati dalam bekerja. - Pastikan komputer/PC dalam keadaan baik dan siap pakai. - Setelah selesai, pastikan tempat kerja anda bersih. D. Teori Pendukung. Calibre adalah program yang dikhususkan untuk manajemen ebook di komputer. Seperti perpustakaan, kita dapat mengurutkan ebook menurut judul, pengarang, ukuran, tanggal, dan lain-lain sehingga memudahkan dalam pencarian. Kita juga dapat menambahkan kategori dan komentar untuk ebook. Selain itu Calibre dapat menemukan metadata ebook berdasarkan judul, pengarang, atau informasi ISBN lewat koneksi internet. Dengan Calibre kita juga bisa mengkonversi format ebook supaya dapat dibaca oleh piranti-piranti elektronik yang kadang hanya terbatas pada format tertentu saja. Format yang didukung adalah :  Input : CBZ, CBR, CBC, CHM, EPUB, FB2, HTML, LIT, LRF, MOBI, ODT, PDF, ...........PRC**, PDB, PML, RB, RTF, SNB, TCR, TXT.  Output : EPUB, FB2, OEB, LIT, LRF, MOBI, PDB, PML, RB, PDF, SNB, TCR, TXT. Kelebihan lain dari Calibre adalah mengambil berita dari website atau RSS feed untuk dijadikan ebook. Contoh situs berita yang didukung Calibre adalah Kompas, Jakarta Post, New York Times, ESPN, The Guardian, The Wall Street Journal, Times, dan lain sebagainya. Biasanya akan dikategorikan sesuai dengan negaranya.
  3. 3. Bagian-bagian yang ada di Calibre Tampilan awal Calibre 1. Tool bar - Add Book : Menu untuk menambah buku. - Edit Metadata : Untuk mengedit Metadata suatu ebook. (Rincian buku, ..........................seperti sampul, judul, penerbit, dll) - Convert Books: Untuk mengkonversi sebuah ebook. - View : Opsi yang berisi menu-menu tampilan. - Get Books : Untuk mendownload buku pada website-website tertentu. - Simbol : Di menu ini kita bisa menyumbang/donasi kepada ..........................pengembang software Calibre. - Fetch News : Untuk mendownload berita yang ada di dunia ini, ..........................berdasarkan negara dan penerbitnya. - Help : Menu untuk membaca petunjuk sofrware. - Remove Book : Menghapus buku yang telah dipilih. - Create Library : Membuat/membuka perpustakaan virtual.
  4. 4. - Save to Disk : Menyimpan buku yang sudah di pilih didalam disk. - Connect/share: Connect dengan PC lain dengan wireless, dan sinkron Calibre ..........................dengan website tertentu. - Preferences : Menu untuk men-setting setelan Calibre. 2. Search Engine (dan beberapa tool di sekitarnya) - Virtual Library : Memanajement perpustakaan yang ada di Calibre - Simbol : Untuk mencari sebuah buku, berdasarkan rincian yang ..........................diketahui. (Seperti judul, pengarang, penerbit, dsb) - Search engine-1: Mencari buku berdasarkan judul. - Go! & Simbol : 1 paket dengan Search engine-1. “Go!” untuk mulai .............................mencari, dan tombol sebelahnya adalah tombol .............................delete/clear untuk menghapus tulisan yang sudah ada. - Simbol : Disable/Enable pencarian dengan tampilan Hightlight. 3. Book Search Manager - (Teks box) : Untuk mencari buku - Authors : Mencari buku berdasarkan penulisnya. - Languages : Mencari buku berdasarkan bahasanya. - Series : Mencari buku berdasarkan serinya. - Format : Mencari buku berdasarkan format file nya. - Publishers : Mencari buku berdasarkan penerbitnya.
  5. 5. - Rating : Mencari buku berdasarkan rating yang sudah kita beri. - News : Mencari buku dengan kategori berita - Tags : Mencari buku berdasarkan tag yang sudah kita beri - Identifiers : - 4. Interface 5. Option & Notification - Simbol 1 : Opsi untuk memberi tag/label pada buku. - Simbol 2 : Menyembunyikan/menampilkan Cover Browser. - Simbol 3 : Costumize tampilan pada daftar buku. - Simbol 4 : Menampilkan/menyembunyikan rincian buku. - Simbol 5 : Proses yang masih dikerjakan oleh calibre.
  6. 6. E. Langkah Kerja a. Cara menginstal Calibre 1. Double klik installer Calibre 2. Centang persetujuan lisensinya, dan klik “Instal” 3. Tunggu sampai progress bar-nya selesai
  7. 7. 4. Klik “Finish” 5. Dan Calibre siap untuk di pakai.
  8. 8. b. Cara menambah buku 1. Klik icon “Add Book” yang ada di tool bar. 2. Pilih folder tempat buku yang akan di tambah. 3. Double klik buku yang aka di tambahkan. (Format file harus support dengan software, yaitu yang ada di pojok kanan bawah) 4. Dan buku pun sudah berhasil ditambahkan.
  9. 9. c. Cara membuat Perpustakaan baru 1. Klik ikon panah di samping ikon “Create Library”. Lalu pilih “Switch/create library...” 2. Pilih opsi yang nomor 2, dan klik tombol “browse” di sebelah kanan text box “New Location” 3. Pilih folder yang akan dijadikan library dalam disk, lalu klik “Select Folder”
  10. 10. 4. Dan perpustakaan pun telah selesai dibuat. 5. Inilah buktinya kalau perpustakaan telah selesai dibuat. d. Cara menambah buku di perpustakaan. 1. Klik ikon panah di samping ikon “Create Library”. Lalu pilih “Calibre Library” untuk kembali lagi ke “Home” atau tampilan awal.
  11. 11. 2. Klik kanan buku yang sudah di pilih, lalu pilih Copy to library > (Nama perpustakaan kalian). Jika buku belum ada, pilih menu “Add Book” seperti di poin awal tadi. 3. Dan bukupun sudah bertambah di perpustakaan kalian.
  12. 12. e. Cara meng-convert Buku 1. Pilih “Convert Books” yang ada di tool bar. 2. Pilih output format yang ingin di inginkan. Di sini kita bisa mengedit rincian buku, sampul, dan lain-lain yang akan di outputkan. Setelah itu klik “OK” 3. Tunggu hingga “Jobs” yang ada di pojok kanan bawah selesai. 4. Dan convert-nya pun berhasil. Hasil output muncul dalam buku tersebut yang ada dalam disk. Jika kalian meng- convertnya di perpustakaan kalian, maka output akan muncul di dalam folder perpustakaan/library yang ada di dalam disk.
  13. 13. f. Mengedit Metadata Buku.  Mengedit Rincian Buku. 1. Klik icon “Edit metadata” yang ada dalam tool bar. 2. Tulis kolom-kolom tersebut sesuai keinginan. (Lebih baik, buku yang kalian edit adalah buku buatan kalian sendiri. Karena setiap buku yang di download dari internet rata-rata mempunyai hak cipta) Lalu klik “ok” 3. Dan rincian bukupun telah berhasil diubah.
  14. 14.  Mengganti cover/sampul buku 1. Klik icon “Edit metadata” yang ada dalam tool bar. 2. Lalu pada kolom “Change Cover”, pilih Browse. 3. Pilih gambar sesuai keinginan.
  15. 15. 4. Dan sampul pun telah berhasil berubah. F. Kesimpulan Dengan software Calibre, kita bisa dengan mudah memanajement flie-flie yang berbasis e-book dalam PC. Fitur yang disediakan oleh Calibre juga sangat lengkap, yang membuat calibre menjadi software yang sangat dicari untuk memanajement dan mengoptimalkan perpustakaan virtual mereka.

×