Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
KOMPONEN Abiotik
Kelompok 4
Abiotik
 Abiotik adalah istilah yang biasanya digunakan
untuk menyebut sesuatu yang tidak hidup (bendabenda mati). Kompon...
Komponen Abiotik
AIR

TANAH

UDARA

TOPOGRAFI

CAHAYA
MATAHARI

IKLIM
AIR
 Hampir semua makhluk hidup
membutuhkan air. Karena itu,air
merupakan komponen yang
sangat vital bagi kehidupan. Seba...
UDARA
 Udara sangat penting bagi kehidupan di bumi
ini. Oksigen diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas
atau karbondi...
CAHAYA MATAHARI
 Keadaan udara di suatu tepat dipengaruhi oleh cahaya
matahari, kelembapan, dan juga temperatur (suhu). I...
TANAH
 Keberadaan suatu ekosistem juga dipengaruhi
oleh kondisi tanah. Bila bumi hanya
berisi batu dan logam, tanpa ada t...
TOPOGRAFI
 Topografi adalah letak suatu tempat dipandang dari
ketinggian di atas permukaan air laut atau
dipandang dari g...
Iklim
 iklim merupakan keadaan cuaca rata-rata di suatu tempat
yang luas dalam waktu yang lama (30 tahun), terbentuk
oleh...
Lingkungan abiotik
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Lingkungan abiotik

ini merupakan presentasi pelajaran IPA kelas XII SMK (lingkungan Abiotik)

Related Books

Free with a 30 day trial from Scribd

See all
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Lingkungan abiotik

  1. 1. KOMPONEN Abiotik Kelompok 4
  2. 2. Abiotik  Abiotik adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menyebut sesuatu yang tidak hidup (bendabenda mati). Komponen abiotik merupakan komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda tak hidup. Secara terperinci, komponen abiotik merupakan keadaan fisik dan kimia di sekitar organisme yang menjadi medium dan substrat untuk menunjang berlangsungnya kehidupan organisme tersebut.
  3. 3. Komponen Abiotik AIR TANAH UDARA TOPOGRAFI CAHAYA MATAHARI IKLIM
  4. 4. AIR  Hampir semua makhluk hidup membutuhkan air. Karena itu,air merupakan komponen yang sangat vital bagi kehidupan. Sebagian besar tubuh makhluk hidup tersusun oleh air dan tidak ada satupun makhluk hidup yang tidak membutuhkan air.  Air akan mempengaruhi cara hidup organisme yang ada. Misalnya hewan yang hidup di daerah gurun akan memiliki kapasitas penggunaan air yang relatif sedikit sebagai penyesuaian terhadap lingkungan hidupnya yang miskin air.
  5. 5. UDARA  Udara sangat penting bagi kehidupan di bumi ini. Oksigen diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas atau karbondioksida yang diperlukan tumbuhan untuk berfotosintesis juga berasal dari udara. Bahkan bumi pun dilindungi oleh atmosfer yang merupakan lapisan-lapisan udara.
  6. 6. CAHAYA MATAHARI  Keadaan udara di suatu tepat dipengaruhi oleh cahaya matahari, kelembapan, dan juga temperatur (suhu). Intensitas cahaya matahari yang diterima oleh suatu daerah akan mempengaruhi kelembaban atau kadar uap air di udara. Selain itu, cahaya matahari juga menyebabkan peningkatan suhu atau temperatur udara. Cahaya matahari merupakan sumber energi utama semua makhluk hidup, karena dengannya tumbuhan dapat berfotosintesis. Sedangkan keberadaan uap air di udara akan mempengaruhi kecepatan penguapan air dari permukaan tubuh organisme.
  7. 7. TANAH  Keberadaan suatu ekosistem juga dipengaruhi oleh kondisi tanah. Bila bumi hanya berisi batu dan logam, tanpa ada tanah maka tidak akan ada berbagai jenis tumbuhan dan organisme lainnya. Tanah merupakan tempat hidup bagi berbagai jenis organisme, terutama tumbuhan. Adanya tumbuhan akan menjadikan suatu daerah memiliki berbagai organisme pemakan tumbuhan dan organisme lain yang memakan pemakan tumbuhan tersebut. Sebagai perbandingan adalah tanah yang subur dengan tanah yang tandus. Kualitas tanah bisa dilihat dari derajat keasaman (pH),tekstur (komposisi partikel tanah), dan kandungan garam mineral atau unsur hara.
  8. 8. TOPOGRAFI  Topografi adalah letak suatu tempat dipandang dari ketinggian di atas permukaan air laut atau dipandang dari garis bujur dan garis lintang. Topografi yang berbeda menyebabkan perbedaan penerimaan intensitas cahaya, kelembaban, tekanan udara, dan suhu udara, sehingga topografi dapat menggambarkan distribusi makhluk hidup.
  9. 9. Iklim  iklim merupakan keadaan cuaca rata-rata di suatu tempat yang luas dalam waktu yang lama (30 tahun), terbentuk oleh interaksi berbagai komponen abiotik seperti kelembaban udara,suhu, curah hujan, cahaya matahari, dan lain sebagainya.Iklim mempunyai hubungan yang erat dengan komunitas tumbuhan dan kesuburan tanah.

×