Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Daftar list persyaratan

891 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Daftar list persyaratan

  1. 1. No. : 059/SK/JRKY/II/2011Hal. : Jejak PendapatLamp. : 1 LembarKepada Yth.Pengelola Radio KomunitasAnggota JRKYdiTempatSalam Komunitas.Menindaklanjuti perkembangan dan dinamisasi organisasi Jaringan Radio KomunitasYogyakarta (JRKY) sebagai wadah radio komunitas di Daerah Istimewa Yogyakarta dalammemasuki usia yang ke 9 tahun ( 6 Mei 2011), maka di pandang perlu untuk mendapatkanpersetujuan dan masukan serta aspirasi dari anggota terhadap wacana pembentukan BadanHukum.Untuk maksud tersebut, selaku pengurus dan pelaksana mandat maka disampaikan kepadapengelola radio komunitas anggota JRKY untuk memberikan aspirasinya berupa pendapat danalasan .Tiga opsi yang harus di pilih untuk anggota JRKY adalah :1. Setuju2. Tidak Setuju3. AbstaindDemikian surat jejak pendapat ini di sampaikan atas tanggapan dan partisipasinya di ucapkanterimakasih.Yogyakarta, 11 Februari 2011Hormat kami,TtdMardiyonoKetuaBaca Selanjutnya...Pendaftaran NIA PENGUMUMANDi beritahukan kepada seluruh pengelola Radio Komunitas di Daerah Istimewa Yogyakarta, menindaklanjuti amanat MUSANGIII JRKY 2009 tentang Rekomendasi penataan radio komunitas anggota JRKY untuk diterbitkan Nomer Induk Anggota (NIA).
  2. 2. Pengurus JRKY periode 2009-2012 melalui divisi pendataan dan jaringan melaksanakan program tersebut di atas danselanjutnya sejak Bulan September 2009 sampai Desember 2011 (atau 2 bulan menjelang Musang IV JRKY 2012) di bukaregistrasi bagi radio komunitas di DIY untuk mendapatkan Nomer induk Anggota (NIA).Adapun persyaratan yang harus di penuhi untuk mendapat Nomer Induk Anggota adalah :CONTOH :1. Foto Copy Akte Badan hukum pendirian radio komunitas2. Profil radio komunitasA. Profil Rasida FMNama Radio : Radio Siaran Dakwah (RASIDA FM)Tanggal berdiri : 12 Maret 2002Status : Radio KomunitasFrekuensi : 107.7 FMCoverage Area : Jalan kusumanegara, jalan solo, janti.Alamat : Gedung Multi Purpose Lantai 2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta B. Biografi Radio Gagasan didirikannya Radio Siaran Dakwah bermula dari adanya kebutuhahan mahasiswa dan dosenfakultas dakwah dalam mendukung proses kegitan belajar mengajar .Dengan berbekal semangat dan harapan yangtinggi , maka dibentuklah radio laboratorium dakwah .
  3. 3. Radio laboratorium Dakwah dimanfaatkan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalambidang kepenyiaran . Dengan kemampuan tersebut mahasiswa diharapkan dapat mengemas cara berdakwah yangsesuai dengan bidang kepenyiaran. Selanjutnya radio laboratorium Dakwah dapat On Air dan dikenal Mahasiswa UIN dengan nama RasidaFM. Rasida FM dikelola oleh mahasiswa fakultas dakwah dibawah koordinasi Pusat Pengembangan TeknologiDakwah (PPTD)C. Visi : Unggul dan terkemuka dalam siaran radio yang islami dan modernD. Misi : 1. Memajukan dan mengembangkan kemampuan akademik Mahasiswa Fakultas Dakwah dalam bidang kepenyiaran dan manajemen radio 2. Mengembangkan dan mengelola radio lab dakwah menjadi radio komunitas , dengan mengintegrasikan nilai-nilai islami dan umum 3. Membangun kepercayaan dan kerja sama dengan berbagai pihak dan meningkatkan kualitas manajemen radio dan kepenyiaranE. Fungsi dan tujuan : 1. Menghasilkan sarjana fakultas Dakwah yang unggul dalam bidang kepenyiaran yang intergratif dan interconective. 2. Menjadikan Rasida FM sebagai pusat informasi, pendidikan, hiburan dan sebagai ajang kreativitas Mahasiswa. 3. Terbangunnya jaringan yang kokoh dan fungsional dengan pihak-pihak terkait.
  4. 4. JAM Senin Selasa Rabu Kamis Jum’at Special Sabtu (islamic clock zone) 09.00- RASIDA DOUBLE HITS Pop Islami 09.00-10.00 Do You Know 11.00 11.00- OMAH Ceramah 10.00-11.00 Sportivitas 13.00 Dan (Obrolan Mahasiswa) Murotal 13.00- ISLAMIC ZONE Talk 11.00-13.00 Buku Harian 15.00 Show 13.00-15.00 Alternative.Com 15.00- INDONESIA SAJA Nasyid 15.00-17.00 Dj Challenge 17.00G. Deskripsi Program Acara Daily program Rasida double hits Acara ini memutarkan dua lagu dengan artis yang sama dengan diselingi info-info ringan. Insan muda juga bisa request lagu dengan mengemukakan alasan mengapa ia memilih lagu tersebut. Produser acara : Budi Omah (obrolan mahasiswa) Acara ini dikemas dengan obrolan santai yakni talkshow dengan teman-teman Mahasiswa atau Dosen seputar kampus dan juga yang terjadi dalam tingkatan nasional dengan topik-topik yang up to date. Di acara ini juga memberi kesempatan kepada mahasiswa atau pendengar untuk memeberikan opininya baik secara sms ataupun phone live. Producer acara: Roni Islamic zone Acara ini paling pas untuk menemani istirahat siang dengan menyajikan informasi,tips ringan seputar keislaman dan lagu-lagu nasyid. Producer acara : recha Indonesia saja Bagi pecinta musik Indonesia, anda bisa menikmati sajian 100% musik Indonesia, baik baru ataupun lama. Di acara ini juga membicarakan topic ringan seputar kehidupan insan muda. Producer acara : arie Weekly program Do you know Program yang disajikan dalam bentuk feature, akan mengupas tentang berbagai topic. Misalkan sejarah, profile kampus, profil orang-orang ternama, dan lain sebagainya. Produser acara: Rony yahya Sportivitas Program yang dikhususkan bagi pecinta olah raga, hadir dalam Sportivitas dengan dipandu oleh penyiar yang energik dan diprogram ini insan muda akan dimanjakan dengan berbagai informasi olah raga. Produser acara: Djuri Buku Harian Tidak ketinggalan program yang dikhususkan bagi insan muda yang ingin mencurahkan isi hati, baik pengalaman, permasalahan, dan cita-cita. Produser acara: Richa Alternative.com Dengan banyaknya permintaan dari pendengar tentang musik alternative dan rasa peduli Rasida FM dengan insan muda yang mencintai musik alternative, maka dibuatlah program special dengan musik alternative.
  5. 5. Produser acara: Budi Dj Challenge Program yang full up dengan kreatifitas mahasiswa dan pelajar, dan untuk insan muda yang ingin siaran bersama penyiar rasida fm, dalam program ini insan muda dituntut untuk showcase. Produser acara: Abe NasutionH. STRUKTUR ORGANISASI DAN JOB DISCRIPTION RASIDA FM 1. General Manager Bertanggung jawab atas keseluruhan jalannya stasiun Rasida FM pada ketua PPTD. Bertanggung jawab atas seluruh perencanaan kerja global yang dapat dijadikan pijakan perencanaan dan operasional bagi tiap divisi atau departement. Bertanggung jawab atas keseluruhan aspek operasional maupun program baik internal maupun eksternal. Melakukan fungsi koordinasi dan supervise, minimal sebulan sekali untuk seluruh divisi / bagian. Membuat laporan pertanggungjawaban tertulis pada Ketua PPTD. 2. Administrasi Dan Keuangan Bertanggung jawab atas sistem administrasi RASIDA FM. Bertanggung jawab atas seluruh inventarisasi peralatan kantor. Mengurusi pemagangan. Administrasi keluar masuk surat. Bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan Fund Rising. Bertanggung jawab atas seluruh pengeluaran keuangan Radio. Menangani standarisasi kesejahteraan personalia. Membuat perencanaan anggaran pendapatan dan belanja radio. Bertanggung jawab kepada General Manager.
  6. 6. 3. Program Director / Departement Program Bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan program dan acara radio. Bertanggung jawab atas pembentukan dan kerja tim kreatif (produser acara). Bertanggung jawab atas peningkatan kualitas program dan kualitas siar. Melakukan koordinasi dengan seluruh bagian yang terkait untuk pemantapan dan evaluasi program 3 bulan sekali dan evaluasi penyiar minimal 2 minggu sekali. Bertanggung jawab atas peningkatan SDM, dan siar. Supervisi perencanaan dan pelaksanaan rekrutmen SDM. Supervisi atas pelaksanaan seluruh mekanisme dan administrasi siar. Mencari dan menghubungi Narasumber atau guest star pengisi acara yang bersifat on air. Membuat perguliran jadwal materi siar dan jadwal penyiar harian. Bertanggung jawab kepada General Manager.4. Music Director Menyeleksi kelayakan lagu akan disiarkan sesuai standard dan aturan yang ada. Mengatur koleksi lagu secara sistematis.5. News Director Bertanggung jawab atas ketersediaan bahan siar dan sumber-sumber informasi berita. Bertanggung jawab atas inventarisasi dan dokumentasi bahan dan hasil siar, baik lewat recording atau tertulis Melakukan seleksi atas muatan materi sehingga layak disiarkan dan tidak menimbulkan masalah. Bertanggung jawab kepada Program Director.
  7. 7. 6. Departement Event And Promotion ( the-ivenpora) Terselenggaranya Event off air minimal 1x dalam satu semester. Mencari dan menghubungi Narasumber atau guest star pengisi acara yang bersifat off air. Bertanggung jawab atas ketersediaan sarana-sarana promosi, sosialisasi dan publikasi radio. Bertanggung jawab atas pencarian sponsorship event. Bertanggung jawab kepada General Manager.7. Marketing Public Relation Bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan pencitraan radio di masyarakat. Bertanggung jawab atas perintisan dan penjagaan good relationship dengan pihak eksternal. Bertanggung jawab atas pencarian iklan, penjualan merchandise RASIDA FM, dan tergalinya donatur dakwah untuk optimalisasi pendapatan atau pendanaan operasional radio. Bertanggung jawab kepada General Manager.8. Kepala Produksi Membuat promo acara, jingle, iklan dan lain-lain9. Penyiar Bertanggung jawab atas terselenggaranya siaran sesuai jadwal dan acara dengan baik. Membuat rencana siar dan mengisi log book. Bertanggung jawab atas tersiarkannya semua elemen siar pada waktu yang telah ditentukan; seperti iklan, , insert, ma’lumat dan lain-lain. Bertanggung jawab kepada Program Director.
  8. 8. SURAT PERNYATAANYang bertanda tangan di bawah iniNama:Alamat :Telephon/HP/Email :Jabatan :Bertindak untuk dan atas namaRadio Komunitas :Alamat :Telephon :dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa radio komunitas kami :1. Masih bersedia / tidak bersedia menjadi anggota Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta (JRKY) ;2. Tetap mendukung keberadaan Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta (JRKY) sebagai wadah radio komunitas;3. Akan mentaati AD/ART, MKO, Kode Etik Jaringan Radio Komunitas Yogyakarta (JRKY) sebagai ketentuan yang telah di tetapkan dalam Musyawarah Anggota ;Demikian pernyataan ini kami buat dengan sesungguhnya dan tanpa paksaan, sebagai rasatanggungjawab atas berdirinya wadah Jaringan Radio Komunitas sebagai gerakan pemberdayaan radiokomunitas di Daerah Istimewa Yogyakarta.Yogyakarta, 2011Yang membuat Pernyataan,Stempel,ttd,nama terang( )
  9. 9. 4. Logo RakomDemikian pengumuman ini di sampaikan sebagai pemberitahuan. Atas perhatian dan kerjasamanya di ucapkan terimakasih.Yogyakarta, Januari 2010Hormat kami,MardiyonoKetua

×