Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Green computer (andry,carlo,joshua,faiz,william)

  • Login to see the comments

  • Be the first to like this

Green computer (andry,carlo,joshua,faiz,william)

  1. 1. Topik Topik Lanjut Sistem Informasi (GREEN COMPUTER ) Anggota Kelompok : Antonius Andry Carlo Timothy Joshua Jonathan halim Muhammad Faiz Raganggah William Sulivan Kelas : 06 PMM 1501157202 1501144931 1501161603 1501144906 1501152656
  2. 2. Green Computer  Green computing adalah perilaku menggunakan sumber daya komputasi secara efisien, dengan cara memaksimalkan efisiensi energi, memperpanjang masa pakai perangkat keras, meminimalkan penggunaan kertas, dan beberapa hal teknis lainnya.
  3. 3.  Di dunia semakin terjadi krisis energi. Hal ini disebabkan oleh ketergantungan manusia pada minyak yang sangat tinggi, yaitu skala 37%. Padahal minyak ini bersifat polutan, yaitu tidak bisa diperbaharui. Diperparah dengan kondisi hutan yang semakin menyempit (deforestasi) dan global warming, maka kondisi dunia semakin kritis. Hal ini harus menjadi perhatian masyarakat dunia, sebelum semuanya terlambat.
  4. 4. Sejarah Green Computer  Green computing mulai muncul tahun 1992, awal mulainya adalah dengan munculnya teknologi sleep Mode pada kebanyakan perangkat Komputer.  Teknologi Sleep mode Berfungsi untuk meminimalkan energi yang terpakai oleh komputer ketika komputer sedang tidak digunakan.
  5. 5. Green Revolution  IT vendor juga menerapkan standar hijau untuk operasi mereka sendiri. Alasannya :: * Peluang pendapatan baru * Takut reaksi pelanggan * Keinginan untuk bertindak seperti warga perusahaan yang baik Program kesadaran mungkin termasuk yang berikut isuisu utama: * Green komputasi meminimalkan konsumsi energi dari organisasi yaitu meminimalkan tagihan listrik. * Penggunaan bahan non-toksik dalam peralatan membuat pekerja aman dari masalah kesehatan dan kecelakaan kerja. * Menghemat sumber daya negara secara keseluruhan. * Dalam jangka panjang ini peralatan hijau akan lebih murah tanpa biaya tersembunyi limbah dan konsumsi sumber daya ditingkatkan tanpa efek merugikan akurasi, kinerja dan umur panjang.
  6. 6. Siklus Revolusi Green Computing
  7. 7. Green Computing: Aplikasi yang Gunakan  Blackle  Blackle adalah situs search-engine yang didukung oleh Google Search. Blackle datang ke yang berbasis pada konsep bahwa ketika layar komputer putih, menyajikan halaman kata kosong atau home page Google, komputer Anda mengkonsumsi 74W
  8. 8. Zonbu Computer: ◦ The Zonbu sangat hemat energi PC. The Zonbu mengkonsumsi hanya sepertiga dari kekuatan bola lampu khas. Perangkat menjalankan sistem operasi Linux menggunakan prosesor 1,2 gigahertz dan 512 meg RAM. Hal ini juga berisi bagian yang bergerak, dan bahkan mengandung penggemar. Anda bisa mendapatkan satu untuk hanya US $ 99, tapi itu tidak mengharuskan Anda untuk mendaftar untuk berlangganan dua tahun. "
  9. 9. Asus Eee PC and other ultra portables:  "ultra-portable" kelas komputer pribadi ditandai dengan ukuran kecil, daya CPU cukup rendah, layar kompak, biaya rendah dan inovasi seperti menggunakan flash memory untuk penyimpanan daripada hard drive dengan piring berputar. Faktorfaktor ini menggabungkan untuk memungkinkan mereka untuk berjalan lebih efisien dan menggunakan daya kurang dari faktor bentuk laptop standar. Asus Eee PC merupakan salah satu contoh dari ultraportable. Ini adalah ukuran novel, berat kurang dari satu kilogram, memiliki built-in Wi-Fi dan menggunakan flash memory daripada hard drive. Ini berjalan Linux juga.
  10. 10. Developing a Green Machine  Mengaktifkan fitur manajemen daya pada komputer Anda menghemat energi dan uang sambil membantu lingkungan. SLEEP dan HIBERNATE pengaturan komputer Anda adalah dua cara yang paling efektif bagi Anda untuk membuat komputer Anda lebih ramah lingkungan. Anda dapat mengaktifkan fungsi-fungsi ini secara manual atau melalui pre-set pengaturan manajemen daya sistem operasi Anda.
  11. 11. Sleep Mode  * Sleep Mode: Modus tidur atau siaga menghemat energi dengan memotong kekuatan untuk tampilan Anda, hard drive, dan peripheral. Setelah masa pre-set tidak aktif, komputer Anda beralih ke keadaan daya rendah. Ketika Anda menggerakkan mouse atau menekan tombol komputer, Anda keluar dari mode sleep dan komputer Anda membawa Anda kembali ke kondisi pengoperasian sebelumnya. Modus tidur adalah cara yang sangat efektif untuk menghemat daya baterai dalam komputer laptop. Namun, jika komputer Anda kehilangan kekuasaan untuk alasan apapun sementara dalam mode tidur, Anda mungkin kehilangan pekerjaan yang belum disimpan.
  12. 12. Contoh model Sleep
  13. 13. Hibernate Mode  * Hibernate Mode: mode Hibernate menghemat energi dan melindungi pekerjaan Anda dengan menyalin data sistem ke area reserved pada hard drive Anda dan kemudian benar-benar mematikan komputer Anda. Hal ini juga mengurangi keausan pada komponen Anda. Ketika Anda menghidupkan daya kembali, file dan dokumen Anda muncul di desktop Anda seperti yang Anda meninggalkan mereka. Pastikan untuk mengatur sistem anda untuk secara otomatis masuk ke mode hibernate setiap saat daya baterai Anda mencapai tingkat kritis rendah.
  14. 14. Contoh Hibernate Mode
  15. 15. Elemen-elemen green computing  Sebagai manusia IT kita bisa lebih peduli pada kondisi dunia dengan cara IT, maka muncullah fenomena baru dalam dunia komputasi, yaitu green computing ini.  Elemen-elemen green computing adalah: 1. Sustainability, yaitu daur ulang. 2. Ramah lingkungan 3. Penggunaan energi secara efisien 4. Penggunaan sumber daya secara efisien 5. Mengurangi pekerjaan yang tidak berguna
  16. 16. Green Computing dari diri sendiri  1. Tidak harus selalu membeli komputer baru, gunakan: komputer sewaan, bekas/refurbished, atau komputer lama yang masih dapat di-upgrade.  2. Selalu mencari solusi software terlebih dahulu.  3. Teliti dalam membeli perangkat, pastikan lulus uji hemat energi dan lingkungan.  4. Gunakan layar monitor sesuai dengan kebutuhan.  5. Gunakan monitor LCD daripada CRT, karena lebih hemat energi.
  17. 17. Green Computing di Lingkungan Kerja  Ada tiga jenis solusi: 1. Skype, solusi voip (dengan Asterisk) 2. Solusi IM (instant messaging) 3. Solusi unified communication (voip + IM)  Keuntungan: 1. Konvergensi data dan suara dalam 1 jaringan berbasis IP 2. Hemat biaya maintenance 3. Hemat biaya operational 4. Hemat biaya energi 5. Hemat space ruang kerja
  18. 18. Green Computing di Workstation  Sebaran konsumsi PC paling besar di monitor. Workstation adalah penyedot energi terbesar di perkantoran. Solusi: 1. Teknologi power management, yang terdapat pada BIOS. Melalui ACPI (Advanced Configuration & Power Interface) akan memotong rata-rata 25% konsumsi energi. 2. Tim klien: hanya menggunakan 50% konsumsi energi 3. Ganti dengan laptop, karena konsumsi energi jauh lebih kecil.
  19. 19. Green Computing di Data Cente membutuhkan biaya yang besar. Biaya ini Data center  dibutuhkan untuk operasional dan maintenance. Permasalah utama adalah untuk: konsumsi listrik, pendingin, dan ruangan. Solusi: 1. Teknologi server hemat energi Yaitu pengaturan clock processor, jika task tidak banyak, maka clock processor dikurangi. Hal ini berguna untuk efisiensi kinerja processor. Teknologi ini ada pada Intel (speedstep), AMD (coolnow), Sun Microsystem (coolthread). Keuntungan dengan teknologi adalah: hemat energi, karena panas rendah. Dengan panas rendah, maka energi pendingin yang dibutuhkan juga rendah. 2. Teknologi virtualization Yaitu: dari satu mesin bisa ada tiga mesin, secara virtual. Keuntungannya adalah: hemat ruang, energi, kabel, dan optimalisasi mesin.
  20. 20. TERIMAKASIH

×