Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Sistem Pendiginan Pada Mobil

17,687 views

Published on

Sistem Pendiginan Pada Mobil: Radiator, Kipas Pendingin.

Published in: Automotive
  • Be the first to comment

Sistem Pendiginan Pada Mobil

  1. 1. Oleh: Joko Prasetiyo, S.Pd
  2. 2. Kompetensi Dasar: 1. Menyebutkan dan menjabarkan fungsi danmacam-macam sistem pendingin pada mesin. 2. Menuliskan komponen-komponen sistem pendingin.
  3. 3. 1. Siswa dapat mengetahui fungsi dan jenis- jenis sistem pendingin pada mesin. 2. Siswa dapat menyebutkan dan menuliskan perlunya sistem pendingin pada mesin. 3. Siswa dapat menyebutkan dan menuliskanakibat yang ditimbulkan pada mesin jika mesin terlalu panas. 4. Siswa dapat menuliskan komponen- komponen sistem pendingin.
  4. 4. Motor Bakar :Energi Kimia Bahan Bakar  Energi panas Energi Mekanik (Gerak). Dari panas yang dihasilkan, 25% digunakan sebagai tenaga penggerak, 45% hilang terbawa gas buang dan hilang akibat gesekan – gesekan , 30% diserap oleh bagian-bagian motor itu sendiri.Panas yang diserap ini harus segera dibuanguntuk menghindari panas yang berlebihan (overheating) yang dapat mengakibatkan mesinmenjadi rusak.
  5. 5.  Mengurangi panas pada motor. Mempertahankan temperatur motor agar selalu pada temperatur kerja yang paling efisien. Mempercepat motor mencapai temperatur kerjanya
  6. 6.  Radiator Alat untuk mendinginkan air pendingin dengan memanfaatkan udara luar yang mengalir di sela- sela radiator.
  7. 7. Keterangan Gambar: 1. Tangki air atas 2. Tangki air bawah 3. Sambungan slang atas4. Sambungan slang bawah 5. Inti Radiator 6. Sirip-sirip 7. Tutup radiator 8. Kran pembuang
  8. 8.  Berfungsi untuk mensirkulasi air pendingin dari radiator ke silinder mesin.
  9. 9. 53
  10. 10.  Untuk mempercepat temperatur kerja air pendingin, saat motor masih dingin (baru hidup) Mengatur peredaran/sirkulasi air pendingin.
  11. 11.  Pada saat air pendingin panas lilin atau Wax Pellet yang ada didalam thermostat akan memuai dan mendorong katup untuk membuka (1). Hal ini disebabkan karena pemuaian lilin tersebut mampu menekan tahanan pegas (3), thermostat pada saat temperatur air pendingin telah dingin, maka lilin di dalam thermostat akan menyusut, sehingga pegas di dalam thermostat akan mendorong katup thermostat untuk menutup kembali (2).
  12. 12. Fungsi: Mempercepat pendinginan air di dalam radiator Untuk mengalirkan udara melalui radiator supaya pendinginan tidak tergantung pada kecepatan kendaraan.
  13. 13. Keterangan :1. Kipas2. Sabuk3. Pully poros engkol
  14. 14.  Sistem pendingin sangat penting pada kendaraan bermotor, karena berfungsi untuk mengurangi panas motor. Jenis-jenis sistem pendingin adalah sistem pendinginan air dan udara. Komponen-komponen utama sistem pendingin air: Radiator, Water pump, Thermostat, Kipas pendingin.
  15. 15. 1. Apa fungsi sistem pendingin pada mesin !,2. Tuliskan alasan utama diperlukan sistem pendingin pada mesin !3. Tuliskan secara ringkas 3 dampak yang ditimbulkan pada mesin jika mesin terlalu panas !4. Tuliskan komponen-komponen sistem pendingin air (minimal 3) dan fungsinya!
  16. 16.  Pengujian Radiator

×