Successfully reported this slideshow.

Facebook

584 views

Published on

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Facebook

  1. 1. By: Joan Patricia Facebook
  2. 2. Facebook acebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc.
  3. 3. Facebook Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard : 1. Eduardo Saverin, 2. Andrew McCollum, 3. Dustin Moskovitz 4. Chris Hughes.
  4. 4. Sejarah Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Zuckerberg membuat facebook dikamarnya.
  5. 5. Sejarah Facebook • Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.
  6. 6. Sebagian besar pendapatan Facebook berasal dari periklanan. Microsoft adalah rekan eksklusif Facebook untuk melayani iklan spanduk dan Facebook hanya melayani iklan yang masuk dalam inventaris iklan Microsoft.
  7. 7. Situs Web • Pengguna Facebook dapat membuat profil dilengkapi foto, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain. • Pengguna dapat berkomunikasi dengan teman dan pengguna lain melalui pesan pribadi atau umum dan fitur obrolan. • Facebook juga dapat membuat dan bergabung dengan grup
  8. 8.  Ketertarikan dan "halaman kesukaan" (dulu disebut "halaman penggemar" hingga 19 April 2010), beberapa di antaranya diurus oleh banyak organisasi dengan maksud beriklan.  Untuk mencegah keluhan tentang privasi, Facebook mengizinkan pengguna mengatur privasi mereka dan memilih siapa saja yang dapat melihat bagian-bagian tertentu dari profil mereka.
  9. 9.  Situs web ini gratis untuk pengguna dan mengambil keuntungan melalui iklan seperti iklan spanduk.  Facebook membutuhkan nama pengguna dan foto profil (jika ada) agar dapat diakses oleh setiap orang.  Pengguna dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi yang mereka bagikan, juga menemukannya melalui pencarian dengan memanfaatkan pengaturan privasi.
  10. 10.  Media sering memperbandingkan Facebook dengan MySpace, namun satu perbedaan utama di antara kedua situs tersebut adalah tingkat kustomisasinya.  Perbedaan lainnya adalah persyaratan Facebook agar pengguna dapat mengatur identitas asli mereka, dan langkah tersebut tidak diterapkan di MySpace.  MySpace mengizinkan pengguna mendekorasi profil mereka menggun akan HTML.
  11. 11.  Menurut comScore, Facebook adalah situs jaringan sosial terdepan berdasarkan jumlah pengunjung bulanan dan mengalahkan pesaing utamanya, MySpace pada April 2008.  ComScore melaporkan bahwa Facebook menarik 130 juta pengunjung pada Mei 2010, sebuah peningkatan sebesar 8,6 juta orang.
  12. 12. Facebook adalah salah satu situs jaringan sosial paling populer di sejumlah negara penutur bahasa Inggris, termasuk Kanada, Britania Raya, dan Amerika Serikat.
  13. 13. Pada pasar Internet regional, penetrasi Facebook tertinggi ada di  Amerika Utara (69%),  diikuti Timur Tengah-Afrika (67%),  Amerika Latin (58%),  Eropa (57%), dan  Asia-Pasifik (17%).
  14. 14. Dampak Politik  Peran Facebook pada proses politik Amerika Serikat muncul pada Januari 2008 sesaat sebelum Pendahuluan New Hampshire,  ketika Facebook bersama ABC dan Saint Anselm College bekerjasama untuk mengizinkan pengguna memberi umpan balik langsung mengenai debat antara Partai Repbulik dan Demokrat tanggal 5 Januari.
  15. 15. Dampak Politik • Charles Gibson menjadi moderator debat yang diadakan di Dana Center for the Humanities di Saint Anselm College. • Pengguna Facebook turut berpartisipasi dalam grup debat yang diatur berdasarkan topik tertentu, mendaftar untuk memilih, dan mengirim pertanyaan.
  16. 16. Kritik  Facebook telah menghadapi berbagai kontroversi.  Situs ini telah diblokir di beberapa negara termasuk Republik Rakyat Cina, Vietnam, Iran, Uzbekistan, Pakistan Suriah, dan Bangladesh atas alasan yang berbeda-beda.  Misalnya karena anti-Islam dan konten diskriminasi agama yang diizinkan oleh Facebook, situs ini dilarang di banyak negara di dunia.
  17. 17. Kritik • Selain itu, Facebook juga dilarang di beberapa perkantoran untuk mencegah karyawan membuang-buang waktu. • Privasi pengguna Facebook juga dipermasalahkan dan keamanan akun pengguna telah ditembus beberapa kali.
  18. 18. DAFTAR PUSTAKA http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook

×