Wahyu Pasal 22

1,963 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,963
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
70
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Wahyu Pasal 22

  1. 1. PASAL 22
  2. 2.  Kalau sebelumnya Yohanes ditunjukkan bagian luar kota Yerusalem (21:10), maka sekarang perhatiannya ditujukan kepada benda-benda yang terdapat di bagian dalamnya.
  3. 3.  Wahyu 22:1-5 Sungai air kehidupan disebut sebagai sungai kehidupan karena mengalir langsung dari tahta Allah dan tahta Anak Domba, sumber kehidupan. Pohon Kehidupan adalam lambang kehidupan kekal dari sumber kehidupan (Kej 2:9). Pohon kehidupan tidak hanya ada satu batang di surga, tetapi dua (seberang menyeberang).
  4. 4.  Pohon ini juga menggambarkan pemeliharaan Kristus atas umatNya. Pada waktu Adam dan Hawa memakan buahnya, sebelum dosa, mereka mengakui ketergantungan mereka kepada Tuhan. Pohon ini mempunyai khasiat untuk mengabadikan kehidupan, dan selama mereka memakannya, mereka tidak dapat mati, karena di dalamnya ada zat kehidupan.
  5. 5.  Sesudah dosa masuk ke dalam dunia, maka Tuhan memindahkannya ke taman Firdaus di surga. Berbuah dua belas kali dalam sebulan melukiskan persediaan yang berlimpah untuk mencukupi kebutuhan umat tebusan sepanjang masa. Daunnya mempunyai khasiat untuk memelihara dan melanjutkan kehidupan serta mengabadikannya.
  6. 6.  Manusia kaan bebas dari dosa, dan kesukaan luar biasa karena tidak lagi di bawah kuasa dosa.
  7. 7.  Wahyu 22:6-17 Firman atau wahyu Tuhan itu tepat dan benar dan dapat dipercaya; akan terjadi seperti yang difirmankan, khusunya tentang kedatangan Yesus dan Yerusalam baru. Mengapa? Karena semua tulisanyang ada di Alkitab adalah hasil pekerjaan Roh Kudus melalui hamba-hambanya para nabi dan rasul, termasuk Yohanes.
  8. 8.  Wahyu 22:6-17 Orang yang menuruti perkataan nubuat akan berbahagian di dalam kehidupannya saat ini maupun kehidupan mendatang. Malaikat menolak penyembahan Yohanes. Malaikat, walaupun suci, tidak boleh disembah karena mereka adalah juga ciptaan Tuhan. Wahyu 14:7 Malaikat meminta Yohanes, umat-umat Tuhan untuk menyebarkan pekabaran Wahyu ini kepada semua orang, jangan dimeteraikan.
  9. 9.  Daniel 12:4. Wahyu 22:11 Putusan ini akan dikeluarkan setelah masa penghakiman di sorga selesai. Ini saat ketika Yesus sudah menyelesaikan tugasnya di Bilik Maha Suci di surga (Wahyu 14:7). Putusan ini menyangkut nasib seseorang yang tidak bisa lagi dirubah, selamat atau tidak.
  10. 10.  Ini adalah kegenapan perkataan Yesus dalam Matius 13:30, “Biarlah keduanya tumbuh bersama sampai waktu menuai tiba.” Setiap orang diberikan hak untuk menentukan nasibnya sendiri. Ini ditunjukkan melalui tabiat dan perbuatannya. Yesus, ketika Ia datang kali kedua, akan membawa upah sesuai dengan perbuatan manusia masing-masing.
  11. 11.  Matius 5:12,46; 20:8; 2 Petrus 1:3 Setiap sambutan atau penolakan terhadap anugerah Allah akan diperhitungkan (Yeh 18:22,24). Tiga gelar Yesus: Alpha dan Omega Yang Pertama dan terkemudian Yang Awal dan Yang Akhir.
  12. 12.  Di sini, Alpha dan Omega menunjuk kepada Yesus Kristus (Wahyu 1:17). Tuhan adalah pencipta segala sesuatu. Ia sebagai permulaan dan akhir dari wahyu atau penyataan Tuhan kepada manusia. Semua makhluk hidup berhutang budi kepada Yesus oleh karena Ialah yang memulai segala sesuatu (Kol 1:16,17). Tiga gelar ini menyimpulkan seluruh perkerjaan Yesus sejak penebusan hingga penyelamatan.
  13. 13.  Yang membasuh jubahnya berarti menurut hukum (Wahyu 12:17; 14:12; Yoh 14:15,21; 15:10). Wahyu 7:14 “Mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba. Kita berhak masuk ke dalam surga karena kebenaran Kristus yang diperhitungkan (imputed) kepada kita dan kebenaran Kristus yang dituangkan (imparted) kepada kita.
  14. 14.  Bukti bahwa kebenaran Kristus diperhitungkan dan dituangkan kepada kita adalah melalui kerinduan kita untuk menurut hukum Tuhan. Maka, membasuh jubah dan menurut hukum sangat erat kaitannya. Berkat Tuhan dijanjikan kepada mereka yang menurut hukum dan yang bekerja sama dengan Dia dalam menyiarkan pekabaran malaikat ketiga.
  15. 15.  Pelanggar hukum tidak akan diizinkan masuk sorga, karena kalau mereka sudah biasa menginjak-injaknya di dunia ini, maka mereka pun akan melakukan hal yang sama di surga. Itulah sebabnya orang yang menuruti hukum akan berbahagia (Wahyu 14:12; 22:14). Kasih karunia dan penurutan merupakan dua hal yang tidak terpisah.
  16. 16.  Orang yang menerima kasih karunia Yesus dan menurut hukumNya berhak atas pohon kehidupan dan menikmati hidup baka bersama Yesus. Kesempatan yang lebih luas lagi adalah memasuki Yerusalam baru. Anjing-anjing melambangkan orang-orang cemar dan yang tidak tahu malu (Fil 3:2). Tukang sihir (21:8). Tinggal diluar bukan berarti mereka tetap hidup tetapi tinggal di luar surga, tapi akan dibinasakan (20:9,10).
  17. 17.  Yesus memastikan bahwa isi buku Wahyu adalah dari Dia dan tentang pekerjaanNya. Ia mengutus malaikatNya (1:1). Ialah tunas Yakub (5:5). Bintang Timur yang gilang gemilang. Roh dimaksud adalah Roh Kudus yang membangkitkan kehidupan orang Kristen, yang memberikan mereka kekuatan untuk menghidupkan kehidupan yang menang, mengalahkan si jahat, dan berhasil melampaui masa kepicikan.
  18. 18.  Pengantin perempuan dalah Yerusalem baru (21:9,10). Ia mengundang secara perorangan, tidak kelompok. Manusia diselamatkan perorangan bukan kelompok. Hanya orang yang mendengar dan melakukan pekabaran Tuhan akan masuk ke dalam surga. Setiap orang yang diundang oleh Roh dan pengantin perempuan akan berseru hal yang sama, “Marilah.” Ini melukiskan kerinduan untuk membawa keselamatan kepada orang lain juga.
  19. 19.  Haus akan hal sorgawi diundang untuk datang (21:6). Barang siapa yang mau mengartikan tawaran bersifat universal, tidak dipilih- pilih. Hak memilih diberikan seluasnya kepada manusia. Karena: Yesus adalah juruselamat semua manusia (Yoh 3:16; I Yoh 2:2). Doktrin yang mengajarkan ada orang-orang tertentu yang sudah ditakdirkan binasa atau selamat tidak berdasarkan Alkitab.
  20. 20.  Air kehidupan ditawarkan gratis bagi semua manusia yang mau meminumnya (21:6; Yes 55:1-3).
  21. 21.  Wahyu 22:18-21 Yesus bersaksi tentang suatu peraturan yang berlaku atas firman yang Ia sendiri telah sampaikan. Setiap orang bertanggung jawab atas terang yang ia sudah terima. Yang harus dilakukan adalah mendengar, memahami, dan melakukan firman Tuhan. Ada kecenderungan manusia untuk menambah atau mengurangi nubuatan Tuhan.
  22. 22.  Kalau menambah, maka Allah akan menambahkan malapetaka. Kalau mengurangi, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan, tidak masuk ke dalam kota kudus, dan kehilangan berkat yang dijanjikan dalam Perjanjian Baru. Yesus memastikan kebenaran dan dekatnya kedatanganNya yang kedua kali. Yohanes mengaminkan janji Yesus tersebut karena Ia rindu bukan saja melihat Yesus dalam khayal tapi juga secara nyata.
  23. 23.  Yohanes rindu menerima kasih karunia Yesus. Itu keluar dari dalam hatinya. Ia rindu Roh Tuhan menyertai umatNya hingga kedatangan Tuhan.

×