Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.
MDGS
TUJUAN 7:
MEMASTIKAN KELESTARIAN
LINGKUNGAN
MEMASTIKAN KELESTARIAN
LINGKUNGAN
 Pembangunan di Indonesia telah banyak

mengorbankan lingkungan alam.
seperti : meneban...
Kasus tertinggi ....
 Menurunnya proporsi luas kawasan hutan terhadap

luas daratan.
 Luas kawasan hutan tetap di Indone...
 Berdasarkan data Statistik Kehutanan

Indonesia tahun 1993 dan 2001, kondisi luas
hutan Indonesia telah menyusut dari 13...
Penyusutan luas hutan disebabkan
1. Kebakaran
2. perubahan (konversi) untuk kegiatan

pembangunan lain di luar kehutanan s...
Kebijakan pemerintah...??
1. Mengelola sumber daya alam, baik yang dapat
diperbarui maupun yang tidak dapat diperbarui
mel...
4. Memberdayakan masyarakat dan kekuatan
ekonomi dalam pengelolaan sumber daya alam
dan lingkungan hidup untuk meningkatka...
Program-program pemerintah
1. Program pengembangan dan peningkatan akses
2.
3.
4.
5.

informasi sumber daya alam dan lingk...
TERIMAKASIH .....
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

7. kelestarian lingkungan

Tujuan ke 7 MDG's

  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

7. kelestarian lingkungan

  1. 1. MDGS TUJUAN 7: MEMASTIKAN KELESTARIAN LINGKUNGAN
  2. 2. MEMASTIKAN KELESTARIAN LINGKUNGAN  Pembangunan di Indonesia telah banyak mengorbankan lingkungan alam. seperti : menebang pohon, merusak lahan dll  Kita memiliki banyak sumber daya alam lain yang dengannya penduduk miskin bisa bertahan hidup, khususnya lautan yang menjadi lapangan pekerjaan bagi 3 juta orang.
  3. 3. Kasus tertinggi ....  Menurunnya proporsi luas kawasan hutan terhadap luas daratan.  Luas kawasan hutan tetap di Indonesia berdasarkan Penunjukan Kawasan Hutan dan Perairan tahun 2002 adalah 91,22 juta ha, tidak termasuk tiga provinsi yang masih dalam proses penunjukan (Provinsi Sumatera Utara, Riau, KalimantanTengah)  Berdasarkan penafsiran liputan tahun 1999/2000 kawasan hutan tetap seluruh Indonesia adalah seluas 110 juta ha dengan luas kawasan yang masih berhutan adalah 72 juta ha, sedangkan areal yang lain berupa non-hutan dan tidak ada data (tertutup awan).
  4. 4.  Berdasarkan data Statistik Kehutanan Indonesia tahun 1993 dan 2001, kondisi luas hutan Indonesia telah menyusut dari 130,1 juta ha menjadi 123,4 juta ha,  proporsi luas kawasan hutan terhadap luas daratan di Indonesia menurun dari 67,7 persen pada 1993 menjadi 64,2 persen pada 2001
  5. 5. Penyusutan luas hutan disebabkan 1. Kebakaran 2. perubahan (konversi) untuk kegiatan pembangunan lain di luar kehutanan seperti untuk pertambangan dan pembangunan jalan, permukiman, dan sebagainya. penurunan fungsi dan peran ekologis hutan terhadap lingkungan yang akan berakibat pada terjadinya krisis air di masa depan
  6. 6. Kebijakan pemerintah...?? 1. Mengelola sumber daya alam, baik yang dapat diperbarui maupun yang tidak dapat diperbarui melalui penerapan teknologi ramah lingkungan dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampungnya. 2. menegakkan hukum secara adil dan konsisten untuk menghindari perusakan sumber daya alam dan pencemaran lingkungan 3. Mendelegasikan kewenangan dan tanggung jawab pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup secara bertahap kepada pemerintah daerah;
  7. 7. 4. Memberdayakan masyarakat dan kekuatan ekonomi dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat 5. menerapkan secara efektif penggunaan indikator-indikator untuk mengetahui keberhasilan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup; 6. memelihara kawasan konservasi yang sudah ada dan menetapkan kawasan konservasi baru di wilayah tertentu 7. mengikutsertakan masyarakat untuk menanggulangi masalah lingkungan global.
  8. 8. Program-program pemerintah 1. Program pengembangan dan peningkatan akses 2. 3. 4. 5. informasi sumber daya alam dan lingkungan hidup. Program peningkatan efektivitas pengelolaan konservasi, dan rehabilitasi sumber daya alam. Program pencegahan dan pengendalian kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup. Program penataan kelembagaan dan penegakan hukum pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian lingkungan hidup. Program peningkatan peranan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian lingkungan hidup.
  9. 9. TERIMAKASIH .....

×