Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Berbagi pengalaman pemasaran internet sejak 2006

143 views

Published on

Saat ini menjual melalui internet tidak seperti di awal-awal internet masuk & mulai berkembang di Indonesia pada tahun 1997-2010, untuk memperkenalkan situs Anda harus pasang iklan di situs-situs lain atau tukar banner mau pun tukar link sehingga diketahui pengunjung situs lainnya.

Sekarang memperkenalkan situs lebih terarah karena ada search engine seperti Google, tetapi ada tantangan yang berbeda. Silakan download makalah ini.

Published in: Internet
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Berbagi pengalaman pemasaran internet sejak 2006

  1. 1. JeffWinm Makalah berbagi pengalaman seminar internet marketing di Salemba Jakarta. BERBAGI PENGALAMAN PEMASARAN INTERNET SEJAK 2006
  2. 2. Saya mengenal internet sejak tahun 1997-1998. Belajar HTML & PHP secara otodidak, lalu memulai coba-coba buat situs web sederhana tahun 2003 dan akhirnya sejak tahun 2006 mulai menjual jasa interior kantor dengan situs interiorkantor.com. Mengalami kesulitan- kesulitan seperti akses internet yang lemot yang kecepatan maksimal hanya 56kb. Saat ini menjual melalui internet tidak seperti di awal-awal internet masuk & mulai berkembang di Indonesia pada tahun 1997-2010. Untuk memperkenalkan situs Anda harus pasang iklan di situs-situs lain atau tukar banner mau pun tukar link agar diketahui pengunjung situs lainnya. Tahun 2006, kata kunci interior kantor belum muncul di Yahoo mau pun Google. Di waktu itu, ketika Anda mencari untuk kata kunci “interior kantor” di mesin pencarian Yahoo & Google maka yang muncul adalah nama orang dengan marga “Kantor” atau kantor departemen pemerintahan Amerika Serikat sana.
  3. 3. Tetapi ketika itu mempunyai situs web sudah meningkatkan citra Anda, belum lagi menggunakan nama web yang generik semacam interiorkantor.com akan mudah menarik pengunjung ke situs Anda, peminat akan telpon & Anda buat penawaran lalu “deal”. Sekarang memperkenalkan situs lebih terarah karena ada search engine seperti Google, tetapi ada tantangan yang berbeda. Saat ini semakin banyak situs web bermunculan dan memanfaatkan internet sehingga semua orang ketika mencari sesuatu perlu bantuan mesin pencari karena semakin banyak situs internet dan semakin bergantung terhadap mesin pencari Google sedangkan Yahoo & Bing kurang lengkap. KEAHLIAN SEARCH ENGINE OPTIMATION Ketergantungan terhadap mesin pencarian Google yang begitu menguasai jagad internet sehingga mau tak mau Anda harus mengerti bagaimana algoritma Google dalam memetakan situs-situs web dari nomor satu – nomor sejuta lebih. Karena hal itulah mengapa saya pun akhirnya mempelajari SEO, walau pun bukannya yang paling top tetapi dibandingkan pendatang-pendatang baru maka saya bisa dibilang ahlinya, itu karena saya mengamati sejak awal hingga tahun 2017 ini. Di bawah ini screenshoot search engine Google pada tanggal 23 Juni 2015, saat itu posisi situs interiorkantor.com nomor 1 di halaman 1, tetapi saat ini sulit untuk kembali berada di posisi tersebut bila tidak fokus dan kurang memperhatikan persaingan keyword situs Anda.
  4. 4. PENGALAMAN PEMASARAN DI INTERNET SELAMA INI Berdasarkan pengalaman yang saya amati sejak 1998 hingga saat ini, boleh dibilang bahwa mesin pencarian Google ini (dimulai sejak tahun 20016) pada akhirnya “tak ada gunanya” untuk bisnis saya mau pun Anda. Hal itu karena Google semakin lama semakin detil menyusun algoritma pencariannya sehingga semakin pintar & mempermudah bagi orang-orang yang mencari kata kunci di internet, sedangkan penyedia informasi yaitu situs-situs web berlomba-lomba memperebutkan agar tampil di halaman awal Google yang mana hal itu adalah kesempatan bagi Google untuk menawarkan pemasangan informasi / iklan situs Anda di halaman awal Google tersebut, artinya pemasukan uang bagi Google. TINJAUAN MESIN PENCARIAN GOOGLE, BUKAN LADANG BISNIS ANDA Apa bila Anda mengikuti perkembangan penghasilan Google dari iklan sebesar Rp5 Trilliun / tahun di Indonesia berdasarkan analisa tax amnesty. Berdasarkan tinjauan bisnis Google tersebut maka Anda akan sangat mudah untuk mengambil kesimpulan bahwa biar bagaimana pun mesin pencarian Google adalah mesin bisnis pencetak uang bagi pendiri Google Sergey Bryn & Lary Page. Hal ini yang harus sangat-sangat Anda pahami dan ketahui. Karena itu maka eforia internet yang memberikan gratisan dan segala macam kemudahan- kemudahan sebenarnya jaman itu sudah berakhir sejak tahun 2015 lalu. Sekarang adalah jamannya untuk usaha dan bekerja nyata, jangan mau dibohongin pake gratisan dsbnya.
  5. 5. Setelah Anda & kita semua memahami apa dan bagaimana mesin pencarian Google, yang semakin hari akan semakin hebat, tetapi Anda dan saya akan semakin sulit untuk menguasai halaman 1 untuk banyak keyword apalagi kalau persaingan semakin tinggi, karena banyak yang ingin menjadi nomor satu semua, sehingga untuk nangkring di halaman satu semakin singkat karena hanya 1-2 minggu saja dan akhirnya melorot. Coba anda bayangkan jika Anda hendak maintain 10 keyword di posisi halaman satu, betapa repotnya untuk adu taktik & strategi yang harus Anda jalankan, belum bersaing untuk naik peringkat ke posisi satu di halaman satu, tetapi ada cara yang mudah yaitu pasang iklan melalui Google Adwords, artinya pemasukan uang untuk Google. JALAN KELUAR TERBAIK DALAM PEMASARAN INTERNET Anda tentu sering menemukan pakar-pakar SEO di internet yang banyak bertebaran, yang memberikan bukti-bukti kepada Anda serta mudahnya menapaki penempatan di halaman awal Google bahkan di posisi nomor satu Google. Anda jangan terbawa dengan konsep halaman satu atau bahkan posisi nomor satu di Google, sebab menjadi nomor satu di Google dan mendapatkan banyak lalu lintas pengunjung sebenarnya bukanlah acuan keberhasilan usaha Anda. Acuan atau tolak ukur yang benar adalah tutup penjualan produk / jasa anda (closing sales). Mengapa bisa terjadi penjualan Anda memble padahal situs web Anda bagus & banyak pengunjungnya tetapi closing sales Anda jeblok? Tentunya semuanya sia-sia belaka, bahkan menghambur-hamburkan sumber daya Anda seperti waktu, tenaga, pikiran dan uang Anda. Hal di atas bisa terjadi karena Anda tidak mempunyai dasar pijakan dalam pemasaran produk / jasa Anda. Terdapat satu atau beberapa poin yang tidak atau belum Anda persiapkan dengan baik untuk pemasaran produk / jasa Anda seperti yang saya jelaskan di paragraf di bawah ini. Ketahui poin-poin kekurangan Anda dan persiapkan sebelum bertempur menuju rimba belantara pemasaran sehingga tahu cara menghadapinya.
  6. 6. Cara yang terbaik dalam memanfaatkan internet adalah dengan menyusun “rencana pemasaran / marketing plan” usaha Anda terlebih dahulu. Anda harus menyusun hal-hal berikut ini: • Strategi bisnis & pemasaran • Segmentasi, Targeting & Positioning • Product, Price, Place & Promotion (bauran pemasaran) Setelah Anda menyusun rencana pemasaran usaha Anda, barulah Anda masuk dan lebih fokus menyusun bauran promosi usaha Anda. Pada poin promotion mix inilah Anda menyusun strategi informasi produk / jasa Anda di situs web. Banyak situs web yang berhasil di internet tanpa menyusun “rencana pemasaran” yang njelimet? Berdasarkan pengalaman saya dan pengamatan selama lebih dari 15+ tahun, bila Anda tidak mempunyai rencana pemasaran yang benar & jelas arahnya maka Anda akan kembali ke poin sebelumnya dan akan mulai untuk menyusunnya. Pada saat Anda kembali ke poin sebelumnya itu maka sumber daya Anda yang terbatas itu akan habis termakan walau pun awalnya Anda berhasil. Ambil dari pengalaman Yahoo Baca di sini Jika Anda menyusun strategi situs web Anda tanpa arahan dari “rencana pemasaran” maka situs web Anda memang banyak pengunjungnya tetapi tanpa tujuan akan dimanfaatkan untuk apa pengunjung tersebut? Dengan adanya “marketing plan” maka Anda akan mengetahui ramuan marketing mix untuk usaha Anda serta lebih jauh lagi Anda tahu secara detil apa saja promotion mix untuk diterapkan di situs web Anda sehingga situs web menjadi lebih menarik karena mempunyai diferensiasi & positioning yang jelas sehingga pengunjung memahami dan melihat citra produk / jasa Anda secara utuh. Jeff Winm --------- 085103-889537 https://interiorkantor.com

×