Koloid

401 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
401
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
21
Actions
Shares
0
Downloads
5
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Koloid

  1. 1.  Busa sabun, atau biasa juga disebut sebagaigelembung sabun, adalah sebuah gelembung-gelembung yang berbentuk bulat yang bisaterbentuk saat kita meminum minuman soda,mencuci dengan sabun, deterjen, dan bahkan bisaterjadi karena hal kecil lainnya, seperti pada saat kitamengaduk air pun kita bisa menemukan busa sabun busa sabun atau gelembung sabun adalah sesuatuhal yang terbentuk karena hal-hal yang khusus, danjika kita berpikir secara perlahan-lahan kita akanmendapat sebuah logika dimana logika itu adalah airatau cairan yang mengikat udara di dalamnyasehingga bisa membektuk sabun itu sendiri.
  2. 2.  Secara logika, membentuk benda yang bulat memang lebih mudahuntuk alam dari pada membentuk benda yg mempunyai bentuk fixseperti kotak atau tabung. Coba anda berpikir, benda-benda alami darialam yang mempunyai bentuk yang fix tidak lain adalah benda yangtertimbun di tanah dalam waktu yang sangat lama atau prosespembuatannya lama seperti berlian atau mineral yang membatulainnya, oleh sebab itu lah mengapa busa sabun berbentuk bulat. Ituadalah logika yang kita dapat secara sekilas, namun sebenarnya busasabun berbentuk bulat tidak lah dikarenakan oleh yang sesimpel itu. Saya pun kaget dimana busa sabun berbentuk bulat di karenakan olehsebuah gaya tarik yang disebut tegangan permukaan dimana gaya tarikini akan menarik molekul-molekul air pembentuk sabun sekuat tenagasehingga membentuk sebuah bangun yang luasnya sangat kecil. Secaramatematis, bisa semua luas permukaan bangun yang memungkinkan dibentuk oleh alam, luas bola lah yang paling kecil dari bangun lainnya,karena gaya tarik yang begitu hebat yang menarik molekul air untukmembuat luas permukaan yang sangat kecil itu lah yang memebuatnyaberbentuk bulat.
  3. 3.  Dan dalam pembentukan busa sabun ini, ternyata tidak dikarenakanoleh gaya tarik tadi itu saja, tenrnyata udara yang mengisi busa sabunjuga ikut berperan dalam pembentukannya. Saat anda kecil dulu, tentuanda sering bermain dengan gelembung sabun ini, dengan sengajamaupun tidak sengaja, nah saat anda meniup larutan sabun yang andabuat saat kecil, terkadang gelembung itu membentuk gelembung yangbesar namun kadang kecil, saat anda menginginkan gelembung yangukurannya besar, anda akan meniupkan udara yang lebih banyak bukanketimbang waktu anda membuat yang kecil.Ternyata untuk mebuatukuran besar kecil tersebut tidaklah sangat mudah, udara yang sifatmolekulnya selalu membentur apapun itu memberikan tekanan daridalam ke luar dan menahan selaput wadahnya yang terdiri dari air tadi.
  4. 4.  Nah disinilah letak penting ketika suatu gelembung sabun terbentuk,gaya tekanan udara yang mengarah keluar harus seimbang dengantekanan dari selaput itu sendiri yang mengarah kedalam. Suatuperbedaan yang sangat kecil akan membuat gelembung itu terusmengembang atau sebaliknya, terus menyusut, oleh karena ini lahterkadang saat kita bermain dengan gelembung sabun, tepatnya saatkita baru akan membuatnya, gelembung itu langsung pecah. Dansemakin besar gelembung itu, air yang membungkusnya sebernarnyasemakin tipis, karena udara yang banyak membuatnya membutuhkantekanan yang banyak pula dari selaputnya, dan saat cabang selaput airitu habis, saat itulah gelembung sabun akan pecah atau meletus.Setelah mengathui bahwa proses pembentuk gelembung sabun itutidaklah gampang, kini kita tau bagaimana cara mebuat yang sesuaidengan keinginan kita.
  5. 5.  Gelembung kecil mempunyai tekanan yang lebih besar dari pada gelembung yangbesar. Dan jika tiga gelembung bergabung, mereka akan menotoh diri mereka agarhanya bagian yang menjadi dinding saja yang bersentuhan, dan mereka akanmembentuk sudut tepat 120o. Dan ada suatu fakta dimana hanya empat gelembungsabun yang dapat bersatu di satu posisi, ini di karena suatu aturan fisika yang disebutsebagai Plateaus laws, aturan yang menetukan cara terbentuknya gelembung sabuntersebut yang di temukan oleh ilmuwan fisika bernama. Itu adalah gelembung yang terbuat dari larutan yang biasa kita pakai untuk bermain,lantas bagaimana dengan gelembung yang terbentuk dari deterjen atau sabuntangan? Sebenarnya prosesnya hampir sama seperti yang tadi saya jelaskan, namunperbedaannya adalah cara terbentuknya. Bila gelembung yang kita mainkanterbentuk dengan memberikan udara di dalamnya, sedangkan gelembung yangterbentuk dari sabun tangan tau deterjen dikarenakan oleh struktur molekulnya.Sabun terbuat dari berbagai bahan kimia dan salah satunya carboxyl radikal danhydrocarbon lainnya. Nah saat kedua zat ini tercampur oleh air, mereka akan berpisahkea rah yang mereka sukai. Hydrocarbon akan mengarah kearah minyak atau udarasedangkan carboxyl radikal akan kearah air. Nah molekul tadi akan berbaris di permukaan sabun yang disebut struktur Micelle. StrukturMicelle ini akan membuat selpaut tipis yang lemah dan halus di permukaan sabunyang dikarenakan oleh gaya tarik akibat molekul-molekul itu sendiri, dan saat kitaakan menggosok sabun itu, udara akan terselip akan masuk kedalam lapisan itu danakan membuat gelembung-gelembung kecil.
  6. 6. APA SAJA BENDA DI DUNIA INI YANG BISAMEMECAHKAN GELEMBUNG SABUN? Kita tak akan menyangka bahwa pecahnya gelembungsabun selain dapat di pecahkan oleh benda yang kasar atauhalus dan bahkan yang kasat mata sekalipun seperti debu,gelembung sabun dapat pecah karena gaya gravitasi danpenguapan pada air bahwa selaput gelembung sabun sangatlah tipis dan halus,singga perbedaan satu mili atau lebih kecil dari itu saja bisamembuatnya pecah, ya gaya gravitasi dapat membuatmolekul selaput bergeser satu mili saja dan membuatgelembung sabungnya pecah. Sedangkan
  7. 7. BAGAIMANA DENGAN PENGUAPAN? Ini juga bila di pikir secara sederhana sepertitadi juga sangat memungkinkan. Selaputyang terbuat dari air ini akan menguap,membuat molekul air yang tadinyamenempel satu sama lain terlepas sehinggamembuat gelembungnya pecah.
  8. 8.  Busa adalah sebuah substansi yang terbentuk dengan menjebak banyak sekaligelembung gas dalam benda cair atau padat. Busa bisa pula merujuk ke busakuantum.Sering pula istilah ini dikaitkan dengan busa poliuretan (karet busa),gabus sintetis maupun busa manufaktur lainnya. Busa bisa pula dianggapsebagai sejenis koloid. Busa, dalam kasus ini berarti “cairan bergelembung”, juga dihasilkan sebagaiproduk sampingan yang seringkali tidak diinginkan dalam pembuatan berbagaisubtansi. Sebagai contoh, busa merupakan permasalah serius industri kimia,khususnya untuk proses biokimia. Kebanyakan substansi biologis, sepertiprotein, dengan mudah menghasilkan busa pada proset agitasi dan/atau aerasi.Busa bermasalah sebab mengubah aliran cairan dan menghalangi perpindahanoksigen dari udara (dengan begitu mencegah respirasi mikrobial dalam prosesfermentasi aerobik). Untuk alasan inilah, beberapa senyawa bahan antibusa,seperti minyak silikone, ditambahkan untuk mengatasi permasalahan ini. Pembusaan di sekitar mulut bisa jadi merupakan gejala rabies pada hewan.Istilah busa laut digunakan untuk mendeskripsikan busa yang terbentuk dipuncak air laut akibat aksi gelombang laut. Roti khamir termasuk busa, karenaragi menyebabkan roti mengembang dengan memproduksi gelembung-gelembung gas yang sangat kecil di dalam adonan.

×