Makalah Sanitasi Lingkungan

17,573 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
17,573
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
11
Actions
Shares
0
Downloads
173
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Makalah Sanitasi Lingkungan

  1. 1. BAB I PENDAHULUAN Sanitasi merupakan salah satu komponen dari kesehatan lingkungan. Kondisi sanitasi di Indonesia memang tertinggal cukup jauh dari Negara-negara tetangga. Salah satu contoh dari kondisi sanitasi yang buruk di Indonesia adalah sanitasi lingkungan pasar, khususnya pasar tradisional. adanya upaya perbaikan sanitasi sejak dini kususnya pada pasar tradisional dapat membantu dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat disamping ada perbaikan sanitasi dilingkungan pasar tradisional.
  2. 2.  Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu dilakukan studi observasi untuk membandingkan kondisi sanitasi lingkungan pasar tradisional di wilayah kabupaten dan kotamadya Malang sehingga dapat memberikan kontribusi dibidang kesehatan lingkungan. Adapun tujuan dari makalah ini adalah memberikan informasi tentang potret sanitasi lingkungan dari salah satu pasar tradisional yang ada di daerah Singosari Kabupaten Malang.
  3. 3. BAB II TINJAUAN PUSTAKA Sanitasi adalah cara pengawasan masyarakat yang menitikberatkan kepada pengawasan terhadap berbagai faktor lingkungan yang mungkin mempengaruhi derajat kesehatan manusia. Sanitasi tempat penjualan meliputi: Lantai, Dinding, Ventilasi, Air, dan Alat Pengolahan. Sanitasi Peralatan yang digunakan
  4. 4.  Sanitasi lingkungan adalah pencegahan penyakit dengan jalan pengawasan tidak hanya terhadap lingkungan fisik manusia saja tetapi juga pengawasan terhadap lingkungan biologis, sosial dan ekonomi yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Prinsip Sanitasi Makanan meliputi 1. Keadaan Bahan Baku, 2. Penyimpanan Bahan Makanan, 3. Pengolahan Makanan, 4. Pengangkutan Makanan, 5. Penyimpanan Makanan.
  5. 5. Sarat Sanitasi Pasar: Susunan bangunan diatur sedemikian rupa sehingga arus berjalan lancar, Bangunan harus berkelompok tidak terpisah – pisah, Konstruksi bangunan tidak boleh ada sudut – sudut yang sulit di bersihkan dan harus anti tikus, Kontruksi bangunan tidak banyak tiang sehingga tidak menghalangi pandangan orang, Lantai bangunan terbuat dari bahan - bahan tahan lama, kedap air dan tidak retak maupun licin, Permukaan bangunan tempat penjualan halus, sedikit miring dan lebih tinggi dari lantai, Setiap bangunan cukup pencahayaan, Sekeliling bangunan di buat pembuagan air kotor.
  6. 6.  Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar- menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. Pasar Tradisional Singosari Pasar Besar Malang
  7. 7. BAB III PEMBAHASAN Pasar Tradisional Singosari
  8. 8. Pasar Besar Malang
  9. 9. Pasar Tradisional Singosari
  10. 10. Pasar Besar Malang
  11. 11. BAB IV PENUTUP Berdasarkan Hasil Observasi dan Pembahasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kondisi Sanitasi Lingkungan Pasar Tradisional di Singosari Kabupaten Malang lebih buruk dan rawan memicu berbagai macam penyakit dibandingkan Pasar Besar di Kotamadya Malang. Hal demikian bisa mengindikasikan bahwa Peranan Pemkot Malang dalam mengelolah Sanitasi Lingkungan Pasar lebih baik dibandingkan Pemkab Malang, sehingga diperlukan upaya serius bagi Pemkab Malang untuk membenahi Tata Kelola dan Sanitasi Lingkungan Pasar Tradisional kususnya yang ada di wilayah Kabupaten Malang. Jika hal demikian dapat terwujud, maka Kualitas Kesehtan Masyrakat Malang juga akan ikut meningkat.

×