Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Tugas Mandiri Kanvas Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Ala Guru Ataya

270 views

Published on

Tugas Mandiri Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Ala Guru Ataya

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Tugas Mandiri Kanvas Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Ala Guru Ataya

  1. 1. KANVAS STRATEGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH SEKOLAH LAWAN KORONA Oleh: Iwan Sumantri SMPN 3 Cibadak Kab.Sukabumi Kondisi darurat :  Pandemi Covid-19 merupakan keadaan darurat yang berpengaruh pada seluruh kehidupan di Indonesia termasuk di dunia pendidikan. Kondisi pembelajaran seperti dipaksa untuk melakukan perubahan. Berbagai aktivitas yang yang biasanya bisa dilakukan sebelum pandemi Covid-19 tidak bisa lagi dilakukan demi mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19.  Memperhatikan perkembangan kondisi terkini penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Sukabumi dan adanya Surat Edaran Bupati Sukabumi nomor 420/4523-disdik tentang Kegiatan Belajar Mengajar pada semester 1 tahun pelajaran 2020/2021, maka perlu dilaksanakan penyesuaian Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada satuan pendidikan.  Satuan Pendidikan (SMPN 3 Cibadak) Memilih BDR dengna PJJ Daring Profil Siswa dan Orang Tua SMPN 3 Cibadak: - Orangtua siswa SMPN 3 Cibadak 90% memiliki HP android dan WFH - Siswa sudah tahu dan mengenal website sekolah - Minat dan gaya belajar siswa SMPN 3 Cibadak cukup tinggi Tujuan Pembelajaran: Tujuan Minimal yang diharapkan dengan PJJ ini: - Mendorong kerjasama orangtua, siswa dan guru mata pelajaran untuk berdaya belajar dalam menghadapi situasi darurat akibat virus korona - Memastikan siswa mendapatkan pengalaman belajar sesuai mata pelajaran yang dipelajarinya bermakna, menantang dan sesuai kemampuan serta kebutuhan siswa (Masuk dalam Grup WA Kelas dan Grup Google Classroom)
  2. 2. Bukti dan Assesment Darurat: Bukti : - Ada komentar di kolom komentar ketika sesi Tanya jawab dan diskusi di grup GC - Ada Tugas di Kantong Tugas dalam kurun waktu yang telah disepakati sesuai dengan kemampuan dan kebisaan siswa Assesmen: Sikap : keaktifan siswa dalam pembelajaran ( pada sesi tanya jawab dan diskusi sesuai dengan kemampuan siswa) Pengetahuan : Mengerjakan soal terbuka sekitar materi yang disampaikan misalnya melalui video pembelajaran yang telah dibuatkan oleh guru mata pelajaran Keterampilan : laporan dalam bentuk tulisan/video laporan presentasi siswa/ foto siswa atau hal lainnya yang bisa siswa kerjakan sesuai dengan minat dan kemampuannya Strategi Pembelajaran Darurat: Tahapan dan Aktiftas Yang dilakukan Para siswa a. Persiapan - Menyiapkan aktivitas dan tugas belajar yang memadukan tujuan kurikulum, minat murid dan isu yang sedang hangat dibicarakan. (Menantang) - Guru menyiapkan Grup WA masing-masing kelas - Guru menyiapkan Grup di Google Classrom, dan membagikan kode grup di grup WA kelas - Guru menyiapkan bahan ajar, video pembelajaran dan materi-materi yang diperlukan untuk PBM Jarak Jauh - Menyiapkan Form daftar hadir dan kantong tugas dengan google Classroom serta hal lainnya yang diperlukan, link di simpan di blog Guru Ataya - Sosialisasi PJJ ke orang tua dan siswa bagaimana PJJ online dilaksanakan - Siswa masuk ke grup WA,GC dan mengetahui alamt link Blog Guru Ataya (http://guruataya.com) - Dibuatkan Grup WA orang tua bersama guru mata pelajaran b. Pelaksanaan PJJ - Siswa mengisi daftar hadir online - Siswa bergabung ke grup WA kelas dan Goggle Classroom - Siswa melaksanakan,mengikuti PJJ sesuai jadwal yang telah dibuat dan disepakati - Siswa melakukan aktifitas pembelajaran, Tanya jawab dan diskusi dalam grup sesuai dengan kemampuan dan minat siswa - Mengamati video pembelajaran, literasi tugas dan menyelesaikan Lembar Kerja - Orang tua bisa berkomunikasi via WA grup matpel untuk membimbing/konsultasi sekitar PJJ yang dilaksanakan C. Evaluasi - Siswa memberikan laporan/menyelesaikan tugas dan mengirimkannya ke kantong tugas sesaui kesepakatan Cakupan: - Fokus pada kebutuhan belajar dan kebutuhan psikologis siswa - Membantu siswa dalam situasi sulit dengan tetap menguasai tujuan belajar minima - Menggunakan cara-cara belajar baru yang berhubungan dengan PJJ online

×