Successfully reported this slideshow.
We use your LinkedIn profile and activity data to personalize ads and to show you more relevant ads. You can change your ad preferences anytime.

Manual aksi android

625 views

Published on

Tutorial Penggunaan Aplikasi di HP

Published in: Education
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

Manual aksi android

  1. 1. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
  2. 2. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan INSTALL APLIKASI .Lakukan instalasi dari Playstore BUAT ROMBEL DAN DAFTARKAN SISWA Buat Rombongan belajar (rombel) sesuai dengan data di sekolah. Masukan data siswa sesuai daftar di sekolah. NISN, Nama lengkap, jenis kelamin, tanggal lahir. LAKUKAN TES Lakukan pretest kepada siswa dengan didampingi oleh guru. Pretest diujikan hanya untuk kelas 1 dan 2 SD. Untuk tingkay kelas lainnya bisa langsung mengerjakan tes Formatif dan Adaptif KOREKSI JAWABAN Untuk Pertanyaan Essay, setelah siswa selesai mengerjakan soal tes, guru bisa melakukan skoring dengan melihat panduan yang sudah diberikan UNGGAH HASIL Setelah semua siswa melakukan tes, lakukan pengunggahan hasil ke server pusat. LOGIN Gunakan username dan password yang sudah dikirimkan via email. Untuk mencoba aplikasi gunakan Username: guru Password: guru
  3. 3. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan TUTORIAL INSTALASI Aplikasi AKSI Sekolah 1. Untuk menginstal aplikasi AKSI Sekolah, buka play store. Ketik “aksi sekolah SD” di kolom pencarian. 2. Klik “Install” dan tunggu aplikasi terinstall. 3. Setelah selesai proses instalasi, klik “Open” untuk mulai menggunakan aplikasi
  4. 4. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah 1. Setelah menginstal aplikasi AKSI Sekolah, buka aplikasi AKSI Sekolah. Jika muncul izin aplikasi, klik “Izinkan” pada notifikasi yang muncul. 2. Gunakan username dan password yang sudah dikirimkan via email. Untuk mencoba aplikasi gunakan : Username: guru Password: guru
  5. 5. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 3. Setelah berhasil login, silahkan pilih menu siswa untuk menambahkan Rombel dan Siswa 4. Pilih “Tambahkan Rombel” dan daftarkan rombel dengan mengisi Nama Rombel, Kurikulum, Tingkat dan Semester. Jika sudah lengkap, klik “Tambahkan”.
  6. 6. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 5. Setelah berhasil membuat Rombel, selanjutnya menambahkan siswa. Ada 2 cara untuk menambahkan siswa. Pertama dengan menambahkan siswa satu persatu klik “Tambahkan Siswa” lalu lengkapi data NISN, Nama Lengkap siswa, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan klik “Tambahkan” untuk menyimpan data siswa. Atau dengan menambahkan siswa sekaligus pilih “Import Excel” dan Unduh Format Excel.
  7. 7. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Setelah Format Excel terunduh, cari file tersebut di menu File Manager – Download Buka file dengan nama “format_excel.xlsx”. Lalu untuk mengisi data siswa bisa langsung melalui hp atau file format_excel.xlsx tersebut dipindahkan dulu ke laptop.
  8. 8. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Setelah data siswa selesai diisi, selanjutnya mengimpor file tersebut dengan Kembali ke aplikasi Aksi Siswa dan masuk ke menu Siswa – Rombel. Klik “Pilih File”, cari folder Download, pilih file “format_excel.xlsx” yang sudah diisi data siswa. Klik “Oke”. Akan muncul preview data siswa dari file yang diimport. Cek Kembali data tersebut, jika sudah sesuai klik “Simpan” untuk menyimpan data.
  9. 9. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 6. Selanjutnya mengunduh Ujian. Kembali ke halaman “Dasbor”. Klik “Mulai Ujian Siswa” untuk mengunduh ujian. Pilih pelajarannya, misalnya akan mengunduh ujian literasi. 7. Ada 2 tipe ujian yang tersedia, yaitu Ujian dari Pusat dan Ujian dari KKG. Klik tombol “unduh” pada ujian yang dipilih atau jika semua ujian akan di unduh klik tombol “Unduh Semua”.
  10. 10. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 8. Ketika proses unduh berlangsung di mohon untuk tetap berada di halaman unduh. 9. Setelah proses unduh selesai, maka ujian yang berhasil di unduh akan pindah ke sebelah kanan atau menu “Sudah Diunduh”. Ujian bisa dimulai dari menu ini dengan klik tombol hijau pada ujian. Atau bisa memulai ujian dari menu “Dasbor”.
  11. 11. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 10. Selanjutnya pilih rombel dan siswa yang akan memulai ujian. Klik tombol hijau untuk memulai ujian. 11. Pada menu ini, silahkan HP diberikan ke siswa. Klik “Kerjakan Yuk!” untuk memulai ujian.
  12. 12. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 12. Untuk siswa kelas 1 dan 2 wajib mengerjakan Pretest Literasi dan Numerasi sebagai prasyarat untuk mengerjakan ujian Adaptif dan Normatif. Untuk siswa kelas 3 sd kelas 6 bisa langsung mengerjakan ujian formatif dan adaptif. 13. Pada Pretest Literasi, siswa akan diberikan soal untuk menilai kemampuan membaca siswa. Siswa diharuskan membaca soal yang disajikan. Guru bisa menilai langsung kemampuan membaca siswa tersebut. 14. Setelah siswa mengerjakan Pretest Literasi, Guru bisa langsung memberikan penilaian dengan memilih opsi yang tersedia. Setelah memilih nilai, klik “Simpan Nilai”
  13. 13. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 15. Pada Pretest Numerasi, siswa akan diberikan soal untuk menilai kemampuan numerasi siswa Siswa diharuskan memberikan jawaban secara lisan dari soal yang disajikan sehingga Guru bisa menilai langsung kemampuan pemahaman siswa tentang angka dan membilang. 16. Setelah siswa mengerjakan Pretest Numerasi, Guru bisa langsung memberikan penilaian dengan memilih opsi yang tersedia. Setelah memilih nilai, klik “Simpan Nilai”
  14. 14. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 17. Selanjutnya siswa kelas 1 dan 2 bisa melanjutkan ke ujian lainnya jika memenuhi syarat, yaitu adaptif dan formatif. Untuk tipe ujian Formatif, siswa bisa loncat dan mengerjakan dulu soal lain jika soal dirasa sulit dengan cara klik tombol “Pencarian” dan pilih nomor soal. Sedangkan tipe ujian Adaptif hanya bisa dijawab atau dilewati. Jika dilewati maka skor 0.
  15. 15. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 18. Ada 4 jenis soal, yang pertama Pilihan Ganda. Untuk Pilihan Ganda, siswa hanya bisa memilih satu jawaban. Yang kedua adalah Pilihan Ganda Kompleks. Untuk jenis soal ini, siswa bisa memilih lebih dari satu jawaban. Tampilan soal check box.
  16. 16. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Yang ketiga yaitu Isian. Siswa dapat mengetik isi jawaban pada kotak yang tersedia. Kemudian yang keempat adalah Essay. Untuk jenis soal essay, siswa dapat menjawab soal dengan cara mengetik jawabannya atau merekam suara.
  17. 17. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Setelah selesai merekam jawaban, bisa di putar ulang untuk memastikan jawaban dengan klik “Tekan untuk memutar”. Jika jawaban sudah sesuai, klik “Simpan” untuk melanjutkan ujian. 19. Setelah siswa selesai mengerjakan ujian, klik menu “Selesai” lalu klik “Yakin”.
  18. 18. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 20. Setelah itu akan muncul ke halaman selesai ujian. Klik “Kembalikan HP ke Guru” dan “Keluar” untuk melanjutkan ujian ke siswa berikutnya. 21. Siswa yang sudah ujian akan berada di menu “Sudah Ujian”. Sedangkan yang belum ujian ada di menu “Belum Ujian”.
  19. 19. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 22. Selanjutnya memeriksa hasil ujian. Klik menu “Hasil” dari “Dasbor”. Pilih pelajaran dan klik “Aksi” Klik tombol “Titik tiga” lalu klik “Lihat detail”
  20. 20. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Pilih Rombel yang akan di periksa hasilnya. Klik “Siswa Sudah Ujian”. Jika dalam Ujian terdapat soal Uraian maka guru perlu menilai jawaban siswa terlebih dahulu. Klik tombol “Titik tiga” dan pilih “Koreksi jawaban Uraian”.
  21. 21. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Soal yang dijawab dengan rekaman silahkan klik tombol biru untuk mendengarkan jawaban siswa. Berikan penilaian 0, 1 atau 2 sesuai dengan “Pedoman Jawaban”. Jika sudah selesai memberikan penilaian, Klik “Simpan”. Klik tombol “Titik tiga” dan pilih “Unggah nilai ke server” klik Mulai dan tunggu hingga proses unggah selesai.
  22. 22. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Jika ingin unggah semua nilai nilai siswa maka klik tombol Unggah yang ada dibagian kanan atas menu.
  23. 23. TUTORIAL PENGGUNAAN Aplikasi AKSI Sekolah Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Mengalami kendala ? Jika anda mengalami kendala dalam penggunaan aplikasi Aksi Sekolah SD silahkan isi form di link http://s.id/helpdeskaksisekolah ?

×