Uang dan perbankan

4,407 views

Published on

2 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
4,407
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
144
Actions
Shares
0
Downloads
361
Comments
2
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Uang dan perbankan

  1. 1. 5
  2. 2. 4
  3. 3. 3
  4. 4. UANG DAN PERBANKAN OLEH: IWAN Y NAPITUPULU PENDIDIKAN EKONOMI (AKT)
  5. 5. TUJUAN UANGPEMBELAJARAN KEBIJAKAN PERBANKAN MONETER
  6. 6. TUJUAN PEMBELAJARAN1. Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang.2. Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat membedakan peran bank umum dan bank sentral.3. Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter.
  7. 7. UANGPERMINTAAN UANGPENAWARAN UANGTEORI NILAI UANG
  8. 8. Permintaan uang adalah jumlahuang yang diminta olehmasyarakat untuk ketiga tujuanmeminta uang, yaitu tujuantransaksi, tujuan berjaga-jaga, dan tujuan spekulasi.
  9. 9. Alasan Orang Menyimpan Uang1. Motif transaksi (Transaction motive) Alasan menahan uang didasarkan pada keinginan untuk membiayai transaksi kebutuhan hidup sehari-hari.2. Motif berjaga-jaga (Precautionar motive) Alasan berjaga-jaga adalah alasan untuk menghadapi keadaan darurat dan hal yang terjadi tanpa diduga.
  10. 10. 3. Motif spekulasi (Speculative motive) Alasan spekulasi timbul karena adanya keinginan memperoleh keuntungan berdasarkan ramalan dan penghitungan pada masa yang akan datang.
  11. 11. Penawaran uang adalahjumlah uang yang ada dansiap beredar untuk keperluantransaksi bagi masyarakatpada wilayah dan waktutertentu.
  12. 12. Faktor-faktor yang Mempengaruhi peredaran Uang Pendapatan Tinkat suku bunga Selera masyarakat Harga barang Fasilitas kredit Kekayaan yang dimiliki masyarakat
  13. 13. a. Teori barang 1. Teori logam (katalistik) menyatakan bahwa uang diterima masyarakat karena bahannya dibuat dari logam yang bernilai tinggi. Teori ini dipelopori oleh Adam Smith. 2. Teori nilai batas menyatakan bahwa uang diterima masyarakat karena adanya keperluan masyarakat akan barang dan adanya kepercayaan terhadap uang.
  14. 14. b. Teori nominalisme 1. Teori perjanjian (konvensi), yaitu uang diterima oleh masyarakat karena adanya perjanjian untuk memakai suatu benda dalam pertukaran. 2. Teori kebiasaan, yaitu uang diterima oleh masyarakat karena kebiasaan masyarakat menggunakan benda tertentu dalam pertukaran. 3. Teori kenegaraan, yaitu uang diterima oleh masyarakat karena adanya ketetapan dari pemerintah dalam pertukaran.
  15. 15. 4. Teori tuntutan (klaim), yaitu uang diterima oleh masyarakat karena ada tuntutan terhadap barang-barang yang dihasilkan masyarakat. Pelopor teori ini adalah J. S. Mill. 5. Teori realisme (fungsi), yaitu uang diterima oleh masyarakat karena adanya penilaian terhadap uang yang dapat memudahkan pertukaran.
  16. 16. c. Teori internal 1. Teori kuantitas (quantity theory ) menyatakan bahwa nilai uang tergantung pada jumlah uang yang beredar dalam masyarakat. Semakin banyak uang yang beredar semakin tinggi harga barang, dan sebaliknya. 2. Teori transaksi (e change equation) Teori ini dipelopori oleh Irving Fisher yang berpendapat bahwa nilai uang tergantung pada jumlah uang yang beredar, kecepatan uang beredar (berpindah tangan), dan jumlah barang yang diperdagangkan.
  17. 17. 3. Teori persediaan kas (cash balance theory ) Teori ini dikemukakan oleh Alfred Marshall yang menyatakan bahwa nilai uang tergantung pada jumlah uang yang disimpan untuk persediaan kas dari sebagian pendapatan masyarakat. Persediaan kas tergantung pada jumlah pendapatan dan tingkat suku bunga di pasar
  18. 18. PERBANKANBANK SENTRAL BANK UMUM
  19. 19. lembaga negara yang Bank mempunyai wewenangBank Sentral Sentral untuk mengeluarkan alat pembayaran yang sah dari suatu negara, merumuskan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, mengatur dan mengawasi perbankan serta menjalan fungsi sebagai lender of the last resort.
  20. 20. PERAN BANK SENTRAL1. Melaksanakan kebijakan moneter dan Keuangan.2. Memberi nasehat kepada Pemerintah untuk soal-soal moneter dan keuangan3. Memelihara cadangan / cash reverse bank umum4. Memelihara manajemen cadangan devisa negara5. Melakukan pengawasan, pembinaan dan pengaturan perbankan6. Mengawasi kredit7. Sebagai Banker’s Bank atau Lender of Last Resort
  21. 21. Bank Umum Bank yang melaksanakan usaha secarakonvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran
  22. 22. Usaha yang dilakukan oleh bank umum menurut UU No. 10 Tahun 1998 adalah sebagai berikut: 1. Menghimpun dana dari masyarakat 2. Memberi kredit kepada masyarakat. 3. Menerbitkan surat pengakuan utang. 4. Memindahkan uang, baik untuk kepentingan pribadi atau nasabah. 5. Melakukan kegiatan valuta asing. 6. Melakukan kegiatan penitipan berdasarkan kontrak. 7. Menyediakan tempat penitipan barang atau dokumen berharga.
  23. 23. Kebijakan Moneterkebijakan pemerintah di bidangkeuangan, yaitu kebijakanpemerintah untuk menjagakestabilan nilai rupiah danmengendalikan jumlah uangyang beredar.
  24. 24. Jenis–jenis kebijakan moniterKebijakan Kebijakankuantitatif kualitatif

×